RSS
 

ANALISIS IKLAN PADA BEBERAPA MEDIA (Radio, TV dan Situs Portal)

10 Apr

Analisis Iklan melalui berbagai Media Marketing

1. Stasiun radio

  • Kalimaya Bhaskara FM (102,1 FM)

Brand yang sering muncul: Pharos (produk kesehatan), Khong guan dan iklan Pajak. Iklan yang paling sering muncul berbentuk iklan spot dan adlibs. Radio KBFM telah bergabung dengan K*MPAS group, 3 iklan teratas di radio tersebut merupakan iklan kiriman dari pusat (jakarta). Sedangkan Brand selain kiriman pusat  disesuaikan dengan segmen audience radio KBFM yaitu anak muda. sehingga iklan yang ditempatkan di radio tersebut merupakan produk-produk yang memang ditujukan untuk anak muda

  • Kosmonita (95,4 FM)

Brand yang sering muncul : So Klin Smart White, sabun Giv white mutiara dan sabun pencuci piring Mama Lemon. Radio Kosmonita mem-positioning-kan radionya sebagai “Radio untuk perempuan matang, berwawasan dan gaya” jadi baik segi berita maupun program yang diperdengarkan ditujukan untuk perempuan yang seperti itu. Yang menjadi segmen audience radio kosmonita adalah perempuan dengan rentang usia 25 sampai 40 tahun. Sehingga iklan yang ditampilkan baik itu produk kosmetik dan toiletries serta produk pencuci baju pun disesuaikan dan merupakan produk yang digunakan oleh pelanggan potensial yaitu para audience radio tersebut.

  •  Radio Tidar Sakti (90,3 FM)
Radio Tidar sakti mempunyai segmen audience  dari kalangan menengah ke bawah, sehingga yang diperdengarkan adalah lagu-laguIndonesia dan lagu daerah, walupun begitu masih ada lagu mancenegara yakni lagu melayu serta lagu india.
Iklan produk yang sering ditayangkan adalah : Sentra pengobatan Sinsei, lembaga peminjaman kredit untuk usaha kecil dan Dealer motor Honda (Tiara Megah Indah Jaya Motor).
Penempatan beberapa iklan pada radio tersebut terbilang sesuai karena iklan yang ditawarkan memang ditujukan untuk masyarakat kelas menengah kebawah seperti pembiayaan kredit untuk usaha ataupun pembelian motor secara kredit.
Efektifitas iklan Radio – satu tujuan dalam membuat iklan, yaitu menjual produk atau jasa yang diiklankan. Jika segmen sudah dapat terpilah dengan karakteristik audience dari masing-masing radio, yang kedua adalah target audience harus tertarik dan mengerti pesan yang kita sampaikan dalam iklan tersebut. Disitulah dibutuhkan kekreatifitasan dari para pemasar untuk membungkus iklannya dengan hal yang unik dan kreatif sehingga menarik perhatian audience.

2. Website (Situs Portal) 

  • Detik.com

Brand pada banner halaman depan: MasterCard, BCA, Transcorp, Garuda Indonesia, Chevron, Indosat dan HTC

Beriklan di detik.com merupakan salah satu pilihan media yang cukup efektif untuk produk-produk tertentu. Detik.com merupakan salah satu situs portal populer dikalangan netizen (masyarakat yang menggunakan internet), karena muncul pertama dengan slogan “Mengapa Menunggu Besok? Detik ini juga!”. Pembaca website portal detik.com pun berjumlah sangat banyak dan dari beragam kalangan, hal ini dapat dilihat dari trafficnya yang tinggi dan besarnya angka pageviews pada setiap laman yang ditampilkan di detik.com.

Untuk segmen pembaca, Detik.com menyasar banyak segmen yang dibagi sesuai topik/subweb berita mulai dari finance, gosip, otomotif dan lainnya. Sehingga pembaca terkotak-kotak dan memudahkan bagi perusahaan yang ingin mengiklankan produknya ataupun melakukan kegiatan promosi lainnya disesuaikan dengan target pasar yang dituju.

Contohnya pada halaman detikHOT yang memuat berita artis, banner yang ada dalam laman tersebut meliputi produk Rinso Cair, Bu Krim, Telkomsel Sosialita yang disesuaikan pembaca laman tersebut yaitu para ibu-ibu dan remaja putri.

 

  • Kompas.com

Banner : Indosat, Chevron, HSBC Amanah, Djarum Super MILD, Jayaboard

Portal Kompas.com memiliki segmen pembaca yaitu Segmen menengah ke atas, berpendidikan tinggi, dan berada pada usia produktif. Sehingga produk yang diiklankan di portal tersebut merupakan produk luxdan istimewa yang disesuaikan dengan para pembaca kompas.com.

 

3. Iklan TV

Diambil pada tanggal 8 April 2012 (Minggu)

  • Jam 06.00-07.00

Acara jam 06.00-06.30 Sport 7 yang menyajikan berita olahraga mulai dari  Liga Inggris, Liga Champion,  piala dunia,  MotoGP, serta cabang olah raga lainnya serta sport lifestyle yang diminati berbagai kalangan pria. Acara ini memiliki tagline “When sport is more than news”. brand yang banyak muncul di sela-sela acara ini adalah Mizone, im3, Shell Helix dan produk lainnya yang sejenis yang berhubungan dengan penonton acara ini yaitu pria baik remaja maupun dewasa.

Acara jam 06.30-07.00 yaitu Redaksi Pagi yang menyajikan berita baik dari dalam dan luar negeri yang lugas dan unik. Iklan yang sering muncul di sela acara ini beragam seperti Sophie Paris, Manulife, Tim Tam, Indosat, KI-KO dan produk lainnya. hal ini sesuai dengan segmen penonton acara Redaksi Pagi yaitu semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan para orang tua, baik perempuan maupun pria.

  • Jam 18.00-20.00
Pada jam ini, acara Hitam Putih, On The Spot dan Opera Van Java ditayangkan yang merupakan prime time. Iklannya semakin beragam, acara-acara yang ditayangkan tersebut merupakan tayangan keluarga sehingga penonton dari acara tersebut pun beragam. Bahkan, tayangan tersebut merupakan tayangan unggulan dari trans7 yang disukai banyak pemirsa TV dan memiliki rating tinggi. Brand iklan yang sering muncul adalah Tropicana Slim, Dell, Bebelac, Biskuat, Nourish Skin serta banyak lagi. Hal yang menjadi alasan penggunaan waktu ini oleh perusahaan adalah acara yang disisipi iklan mereka ditonton oleh ribuan bahkan jutaan pemirsa yang menjadi target pasar produk yang diiklankan.
Oleh : Leila Melati M (0910220127)
Dosen : Bapak Nanang Suryadi, SE, MM
Sources :
cai.elearning.gunadarma.ac.id
 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*