RSS
 

KREDIBILITAS ENDORSER

27 Mar

Bagi perusahaan, Endorser sangat dibutuhkan untuk mempromosikan suatu produknya. Endorser bisa dalam bentuk apa saja, dan yang paling sering dijadikan objek untuk endorser adalah selebriti.

Pengertian  Endorser sendiri menurut Terence Shimp yaitu

 ”endorser adalah pendukung iklan atau yang dikenal juga sebagai bintang iklan dalam mendukung iklan pro dukungan”

Dalam buku, terdapat 2 konsep yang dapat dipakai untuk menjelaskan fenomena celebrity endorser. Yaitu:

  1. Model the sorce credibility yang dipelopori oleh periset komunikasi klasik Carl Hovland dan Walter Weiss (1950-an), hovland dan Weiss percaya efektivitas suatu iklan ditentukan oleh kredibilitas yang dimiliki oleh si endorser. Kredibilitas itu ditentukan oleh expertness (keahlian) dan trustworthiness (dapat dipercaya/kejujuran) yang idsandang oleh endorser tersebut. Menurut mereka, tanpa kedua hal tersebut tampaknya akan sangat sulit bagi konsumen untuk menerima pesan-pesan yang disampaikan. Penganut konsep ini banyak, karena terlihat banyaknya produsen yang hanya mau merekrut bintang yang memiliki kedua karakter tersebut. Begitu seorang bintang tersandung suatu peristiwa dan kredibilitasnya jatuh, ia tidak digunakan.
  2. Model kedua adalah the source attractiveness model. Konsep ini diperkenalkan oleh Wiliam J. McGuire (1985). Beliau percaya bahwa daya tarik (fisik maupun non fisik) seorang selebriti akan mempengaruhi efektivitasnya sebagai endoser. Ada tiga variabel yang mewakili daya tarik ini, yaitu familiarity (cukup dikenal, cukup familiar), likability (wajah/penampilan menarik secara afeksi atau emosional), similarity (kesamaan demografi antara endorser dengan audience)
Dalam jurnal Methaq Ahmed yang berjudul “An investigate of endorser credibility effect on consumer’s attitude and purchase intention. The role of brand familiarity” dapat ditarik kesimpulan bahwa:
“Credibility is based on long-term marketing strategies that needs time to be built and to be nurtured points to the more appropriately used longitudinal approach study in order to cope with the long-time nature of the marketing strategies”
Kredibilitas didasari oleh strategi marketing jangka panjang, membutuhkan waktu untuk membangunnya.

Dari pengertian diatas dapat diambil contoh untuk Kredibilitas Endorser. Saaya mengambil contoh iklan Promag dan iklan

Iklan yang Kredibel

 YouTube Preview Image

Produk Promag merupakan salah satu contoh iklan yang memiliki endorser yang kredibel. Hal ini dapat dilihat dari message(pesan) dan tone yang ingin ditekankan dalam iklannya. Promag sangat setia menggunakan Dedy Mizwar sebagai endorsernya. Pesang yang ditampilkan oleh sosok Dedy Mizwar adalah pribadi yang arif serta dekat dengan karakter yang bernuansa agamis, mengingat iklan promag akan intens ditampilkan pada bulan ramadhan. Karena itulah, sosok Dedy Mizwar cocok dengan karakter merek serta manfaat produk. Manfaat promag dengan menjawab permasalah konsumen, selain sebagai problem remova tapi juga sebagai problem avoidance. Promag sekaligus menampilkan hubungan antara konsumen dengan merek produknya.

Iklan yang tidak Kredibel

YouTube Preview Image

iklan Indovision yang menampilkan keluarga menangis karena merasa menyesal tidak sejak dahulu mereka berlangganan TV Kabel Indovision. Endorser yang dipakai merupakan orang yang tidak begitu dikenal oleh masyarakat luas. pesan yang disampaikan pun terasa sangat berlebihan sehingga tidak terjadin penyampaian yang diterima oleh konsumen itu sendiri.

__________________________________________________________________

Matakuliah Marketing Communication

Nama : Leila Melati M (0910220127)

Dosen : Bapak Nanang Suryadi, SE, MM

 

SOURCES :

Rhenald Kasali dalam bukunya Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, targeting dan positioning. penerbit Gramedia Pustaka Utama

Terence Shimp dalam bukunya KONSEP, APLIKASI, DAN LINGKUNGAN DARI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU

Jurnal Methaq Ahmed yang berjudul “An investigate of endorser credibility effect on consumer’s attitude and purchase intention. The role of brand familiarity

 

Tags: , , , ,

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*