RSS
 

hukum membaca doa iftitah dalam shalat fardhu

02 Mar

hukum membaca doa iftitah dalam shalat fardhu – Kita lihat sebagian imam shalat ketika shalat tarawih –misalnya- pribadi membaca surat Al-Fatihah tanpa mendahului dengan membaca do’a istiftah (disebut sebagian ulama dengan doa iftitah).

Para ulama menganggap bahwa membaca do’a iftitah dihukumi sunnah, tidak hingga tingkatan wajib. Inilah pendapat jumhur (mayoritas ulama).

Salah satu teladan doa istiftah yang dibaca adalah,

Imam Nawawi menyampaikan bahwa do’a iftitah disunnahkan dibaca untuk setiap orang yang shalat, untuk imam, makmum, munfarid, wanita, anak-anak, musafir, orang yang shalat wajib, orang yang shalat sunnah, orang yang shalat sambil duduk, orang yang shalat sambil berbaring, dan selainnya. Termasuk juga di dalamnya orang yang melaksanakan shalat sunnah rawatib, shalat sunnah mutlak, shalat ‘ied, shalat gerhana (shalat kusuf) dan shalat minta hujan (shalat istisqa’).

Ulama Hanabilah berpandangan bahwa shalat sunnah bila lebih dari sekali salam mirip pada shalat tarawih, dhuha, sunnah rawatib, maka di setiap dua raka’at (memulai shalat) disunnahkan membaca doa iftitah. Karena setiap dua raka’at itu bangkit sendiri. Namun berdasarkan pendapat yang lain, cukup di awal shalat saja membaca iftitah.

Sholat lima waktu merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap orang muslim. Bahkan, dalam agama Islam sholat menempati kedudukan yang paling tinggi dibandingkan amal ibadah yang lain. Sholat mempunyai beberapa keutamaan dan pesan tersirat yang juga disebutkan dalam al Alquran dan hadis, di antaranya ialah mampu mencegah perbuatan keji dan mungkar, menghapus segala kesalahan, dan lain-lain. Untuk melaksanakan kewajiban sholat ini, agama Islam juga memberi tuntunan atau aturan yang harus dilakukan untuk menjaga supaya sholat yang dilakukan sah.

Semua hal di atas harus dipenuhi oleh setiap muslim sebelum melaksanakan sholat. Sementara itu, bagi belum dewasa baik pria dan perempuan memang belum diwajibkan untuk sholat, namun sebaiknya mereka dilatih dan dibiasakan untuk sholat lima waktu sedini mungkin. Hal ini untuk menciptakan mereka terbiasa dan tidak lagi malas-malasan ketika sudah baligh nanti untuk sholat. (Baca juga: Cara Mengajari Anak Sholat)

Dari salah satu syarat sholat yang dicantumkan di atas, terdapat satu poin yang menyebutkan bahwa harus mengetahui rukun sholat dan sunnah sholat. Rukun sholat ialah setiap perkataan dan perbuatan yang akan membentuk hakikat sholat. Jika salah satu saja dari rukun sholat ini tidak dilakukan, maka sholat yang dilakukan dianggap tidak sah dan harus digantikan dengan sujud sahwi. Oleh alasannya itu, setiap muslim harus tahu rukun sholat untuk memastikan bahwa sholat yang dilakukannya sah dan tidak sia-sia. Lalu, apa sajakah rukun sholat itu?

Ada 13 rukun sholat yang harus kau ikuti ketika sholat, yaitu:

hukum membaca doa iftitah dalam sholat fardu

 
Comments Off on hukum membaca doa iftitah dalam shalat fardhu

Posted in Islam