Banjir dan Ilmu Lingkungan

Cuaca ekstrim menyebabkan banyak perubahan alam dan berdampak pada individu maupun sosial manusia. Hujan yang intensitasnya bertambah dimungkinkan adanya kenaikan suhu bumi atau disebut sebagai climate cahange. Salah satu contoh produk cuaca ini adalah banjir terutama di kota-kota sebagai tempat konsentrasi orang dan gedung-gedung untuk kebutuhan mereka.
Banjir sudah terjadi dengan sebab alami maupun aktivitas kita. Bila kita dengar berita-berita di televisi jelas menunjukkan ketinggian air khususnya di kota hingga 2 meter lebih. Demikian pula di daerah luar kota khususnya dekat dengan daerah aliran sungai.
Persoalan yang muncul dalam keadaan seperti ini; dapatkah air yang datang di suatu tempat dapat cepat ditelan oleh tanah? Sudah banyak saran dan pendapat seperti diberikan saluran drainase, dan sudah dilaksanakan tetapi belum dapat mengejar produk cuaca yang ekstrim tersebut.
Persoalan lingkungan tidak dapat diselesaikan hanya satu displin ilmu saja tetapi perlu interdisipliner untuk dapat mendekati agar diperoleh problem solvingnya. Kota Malang mungkin relatif dapat cepat surut dibanding dengan Jakarta. Sungai Brantas sebagai aliran akhir dari drainase kota.
Kota Jakarta secara alami memang sebagai hilir dari hulu di bagian selatan. Keadaan kota Jakarta dalam dekade terakhir ditengarai telah terjadi intrusi air laut yang relatif tinggi. Suatu pertanyaan untuk kondisi daerah kota dengan intrusi air laut, dapatkah banjir tersebut dengan teknologi tertentu justru untuk menekan air laut dalam tanah dengan memasukkan air banjir tersebut ke dalam tanah?
Ilmu lingkugan bertugas untuk mendapatkan “bagaimana” persoalan banjir dapat diselesaikan dengan suatu misi yang dipilih, bukan berbicara tentang “apa” banjir itu. Mudah-mudahan ada ahli/pakarnya cepat bertemu untuk dapat menyumbangkan “bagaimana” air banjir dikelola dengan misi dapat mengusir air laut yang telah jauh meresap dalam tanah.

20 comments for “Banjir dan Ilmu Lingkungan

  1. 12 April 2012 at 08:52

    Your article has inspired me to rethink the way I run my site. I have to tell you I appreciate your great work.

  2. Ahmad Syauqi
    12 April 2012 at 12:49

    thank you very much

  3. 18 May 2012 at 02:13

    Im grateful for the blog article.Really looking forward to read more. Keep writing.

  4. 3 July 2012 at 15:03

    Finaly I found Banjir dan Ilmu Lingkungan | Kelola Lingkungan Exactly what I was searching for, thanks for posting . “Pardon one offense, and you encourage the commission of many.” by Publilius Syrus.P.S. here http://www.toplevel-traduceri.ro is also something like this

  5. 17 August 2012 at 16:50

    SbnB9l I truly appreciate this blog post.Really thank you! Much obliged.

  6. 6 September 2012 at 07:55

    Say, you got a nice article.Thanks Again. Fantastic.

  7. 8 September 2012 at 12:52

    Muchos Gracias for your blog post. Much obliged.

  8. 19 September 2012 at 20:27

    X4v8tB Very good article post. Much obliged.

  9. 28 September 2012 at 17:16

    Thanks so much for the blog article.Really looking forward to read more. Fantastic.

  10. 28 September 2012 at 17:41

    A round of applause for your blog.Thanks Again. Keep writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*