Landasan Teori Perakitan Komputer (Dasar Sistem Informatika)

2010
03.11

Tahap-tahap perakitan komputer diantaranya :

  1. Membuka Penutup casing :: dengan cara melepaskan baut di bagian belakang casing. Kemudian menggeser penutup casing, melepaskan dari rangkaiannya
  2. Melakukan Pengujian Terhadap Power Supply :: setiap casing mangandung power supply. Menguji power supply dengan menghubungkan catu daya power supply ke saluran listrik(PLN). kemudian menghidupkan computer untuk memulai pengujian. Memperhatikan dan meyakinkan power supply berfungsi dengan baik.
  3. Menyiapkan Motherboard :: Menyiapkan motherboard lalu mengamati bagian-bagianya dan membuka pengunci soket prosesor kemudian mengambil prosesor dan memasangkan pada soket prosesor dengan memperhatikan tanda yang ada pada prosesor yang biasanya ditandai dengan lengkukan ,lubang, dan anak panah dan cocokan dengan soket prosesor yang ada pada motherboard dan jika hal ini dilakukan maka prosesor skan terpasang dengan baik dan benar.
  4. Pemasangan Heatsink :: Memasang heatsink caranya yaitu sebelum memasang heatsink terlebih dahulu memperhatikan jarak tependek kabel daya untunk kipas dengan konektor daya yang ada pada motherboard agar kabel daya tidak bersinggungan dengan kipas. Lalu meletakkan heatsink diatas prosesor dan disesuaikan dengan dudukan pendingin pada motherboard. Mengunci empat titik pendingin itu dengan cara menekan putar searah jarum jam menggunakan obeng plus(+).
  5. Pemasangan memory :: Memasang memory yang dipakai ialah memory ddr 2 caranya yaitu membuka kunci slot memory dan memasang memory dengan mencocokkan kaki –kaki memory yang ada dengan slotnya dan menekan vertikal ke bawah sampai terdengar bunyi klik dan kunci slot memory akan tertutup sendiri. Yang perlu diperhatikan disini ialah bahwa jika memory ini dipasang terbalik maka tidak akan masuk ke slotnya.
  6. Pemasangan Motherboard ke Casing :: Memasang motherboard ke casing yaitu sebelum memasang motherboard mencocokkan motherboard dengan dudukan motherboard yang terdapat pada casing. Untuk setiap lubang baut harus disekrup agar motherboard kita tidak goyah. Untuk mengunci motherboard ke casing digunakan obeng bunga dan mengunci setiap lubang baut dengan baut. KEmudian memasang kabel power supply pada konektor kabel catu daya yang terdapat pada motherboard.
  7. Pemasangan Hardisk :: Tahap selanjutnya ialah memasang hardisk pertama setelah jumper pada hardisk pada posisi master caranya dengan melihat label yang terdapat pada hardisk set setelah itu memasang hardisk ke casing dengan menguncinya dengan baut.
  8. Pemasangan Kabel Data ke Hardisk :: Setelah hardisk terpasang pada casing selanjutnya pemasangan kabel data ke hardisk caranya dengan memperhatikan pada kabel tersebut terdapat satu garis yang berwarna merah yang menandahkan pin 1 sesuaikan dengan tanda yang terdapat pada hardisk yang ditandai dengan tanda 1. setelah itu memasang kabel data pada hardisk dan ujung kabel data lainya dipasangkan pada konektor yang terdapat pada motherboard dan garis merah kabel dihubungkan dengan konektor ide/hdd1 yang terdapat tanda 1.
  9. Pemasangan kabel power suppy dengan catu daya yang terdapat pada hard disk.
  10. Pemasangan CD Room :: Memasang cd rom caranya seperi memasang hardisk yang perlu diperhatikan disini ialah jika menggunakan satu kabel dengan hardisk setelah jumper pada posisi slave. kemudian memasang kabel data dimana pin kabel yang berwarna merah dihubungkan dengan tanda 1 yang terdapat pada cd rom. Jika menggunakan kabel tersendiri maka setelah jumper pada posisi master dengan pin kabel berwana merah dihubungkan dengan cd rom yang ditandai dengan 1 dan memasangkan ujung kabel lainnya ke konektor ide/hdd2 yang terdapat pada motherboard. Untuk tahap selanjutnya yaitu pasang kabel power supply ke konektor catu daya yang terdapat pada cd-rom .
  11. Setelah selesai melakukan pemasangan konektor kabel , misalnya kabel power, kabel speaker, kabel led power, kabel led hardisk, kabel reset pada konektor di motherboard dengan cara memperhatyikan tulisan yang tertera disana. Kemudian mengunci penutup casing.

Tahap Penginstalan

1. Menghiidupkan komputer dan langsung tekan tombol delete.2. Setelah itu masuk ke bios dan ubah boot sequence ke cd-rom yang biasanya terdapat pada menu bios features setup.3. Lalu keluar dari menu bios features setup dan memilih menu save & exit setup.

4. Maka komputer akan restart, sebelum restart memasukkan cd sistem operasi didalam cd drive.

5. Setelah itu pada tampilan pertama dipilih F8 untuk melanjut.

6.Maka pada halaman selanjutnya kita partisi hardik dan memformat Hardisk.

7. Setelah itu mengikuti instuksi sampai tahap selanjutnya maka akan diminta cd key yang terdiri dari 25 karakter. Memasuukan cd key yang terdapat pada label cd dengan benar.

8. Ikuti instuksi selanjutnya maka komputer akan restart dan setelah itu komputer siap digunakan.
9. Masukan cd driver ke dalam cd rom yang terdapat dalam kotak motherboard lalu men-klik instal untuk menginstal semua driver.

Your Reply

*