FUNGSI MENU BAR PADA MICROSOFT WORD


FUNGSI MENU BAR PADA MICROSOFT WORD

 

1.Menu File, Sub Menu File

  • New                : Membuka dockument baru yang masih kosong
  • Open               : Membuka file dokumen yang telah disimpan
  • Close               : Mrenutup dokumen
  • Save                : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
  • Save As           : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
  • Seacrh                         : Mencari teks tertentu dari suatu file
  • Versions          : Untuk mengetahui versi Ms. Word
  • Page setup       : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
  • Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
  • Print                : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
  • Send to            : Mengirim dokumen melalui e-mail
  • Propertise        : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
  • Exit                 : Menutup program Ms. Word
  • Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
  • Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page

 

 

2. Menu Edit, Sub Menu Edit

  • Undo               : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
  • Cut                  : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
  • Copy               : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
  • Paste                : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
    • Clear                : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar

(comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja

  • Select All        : Untuk memblok semua isi dokumen
  • Find                 : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
  • Replace           : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang

sedang aktif

  •  Go To             : Menuju ke halaman
  • Links               : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
  • Object                         : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word
  • Paste Spesial   : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip

berada dengan format yang berbeda

  • Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink
  • Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)

 

3. Menu View, Sub Menu View

  • Normal            : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
  • Web layout      : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
  • Print layout     : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
  • Outline            : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
  • Task Pane        : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
  • Toolbars          : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
  • Ruler               : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
  • Gridlines         : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
  • Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
  • Footnotes        : Melihat catatan hasil footnote
  • Mark up           : Menampilkan toollbar markup
  • Full Screen      : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
  • Zoom               : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
  • Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
  • Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar

 

4. Menu Insert, Sub Menu Insert

  • Break               : Menentukan jenis perpindahan halaman
  • Page Numbers : Memberi nomor halaman
  • Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
  • Autotext          : Menyisipkan kat
  • Field                : Menyisipkan field
  •  Symbol           : Menyisipkan symbol ke dalam teks
  • Comment         : Menyisipkan komentar
  • Reference        : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
  • Picture             : Menyisipkan gambar
  • Diagram           : Menyisipkan diagram
  • Text Box         : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu

kedalam dokumen aktif

  • File                  : Menampilkan toollbar markup
  • Object              : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
  • Bookmark        : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke

dalam dokumen

  • Hyperlink        : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML)

(Ctrl+K)

  • Web Component : Menyisipkan komponen dari web

 

5. Menu Format, Sub Menu Format

  • Font     : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan
  • Object : Memformat suatu objek
  • Tabs     : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen
  • Theme : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web
  • Drop Cap         : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal

paragraph

  • Columns          : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom
  • Paragraph        : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman

dolumen aktif

  • Fit Text            : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat
  • Frames             : Membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen

dan menempatkannya sebelah kiri frame

 

  • Autoformat     : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen

baru

  • Background     : Memberi warna latar belakang pada dokumen
  • Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
  • Change Case   : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau

sebaliknya

  • Reveal Formating        : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi

untuk menentukan format suatu teks

  • Bullets and Numbering: Menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih
  • Borders and Shading  : Memberikan bingkai dan arsiran
  • Style and Formating    : Mengubah style dan format

 

6. Menu Tools, Sub Menu Tools

  • Macro  : Membuat dan menghapus macro sendiri
  • Language        : Menjalankan fasilitas penerjemah bahasa
  • Word Count    : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek,

paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif

  • Speech             : Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau

sebaliknya

  • Customize       : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da

toolbar sesuai keinginan

  • Options           : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print,

Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.

  • Protect Document       : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan

dokumen

  • Online Collaboration   : Mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet
  • Letters and Mailings   : Memuat surat melalui fasilitas wizard Autosummarize        :

Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen – aktif

  • Template and add-ins             : Mengatur tampilan template
  • AutoCorrect Options : Memperbaiki teks secara otomatis
  • Table AutoFormat       : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms.

Word

  • Track Changes            : Menandai teks yang baru diubah sisinya
  • Spelling and Grammar            : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari

teks atau paragraf dalam sebuah dokumen

  • Compare and Merge Documents        : Membandingkan dan menggabungkan

dokumen yang aktif dokumen lainnya
7. Menu Table, Sub Menu Table

  • Insert   : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
  • Delete : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
  • Select : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
  • Sort     : Mengurutkan data atau teks
  • Draw Table     : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar

tabel

  • Merge Cells     : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
  • Split Cells        : Memecah sel menjadi beberapa sel
  • Split Table       : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
  • AutoFit           : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
  • Convert           : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
  • Formula           : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
  • Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
  • Table Propertise          : Menampilkan kitak dialog Table Propertise
  • Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul

 

8. Menu Window, Sub Menu Window

  • New Window             : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
  • Arrange All     : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat

melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam

waktu bersamaan

  • Split                 : Membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat

bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan

 

9. Menu Help, Sub Menu Help

  • Microsoft Word Help             : Menampilkan menu help Word
  • Office on the Web      : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program

aplikasi Ms. Office melalaui internet

  • Activate Product         : Mendeteksi aktivasi Word
  • Detect and Repair       : Mendeteksi dan memperbaiki program word
  • About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang

digunakan

  • Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant

 

 

Sumber:

http://www.gudangmateri.com/2011/03/fungsi-menubar-pada-microsoft-word-2007.html

 

FUNGSI MENU BAR PADA MICROSOFT WORD

 

1.Menu File, Sub Menu File

  • New                : Membuka dockument baru yang masih kosong
  • Open               : Membuka file dokumen yang telah disimpan
  • Close               : Mrenutup dokumen
  • Save                : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
  • Save As           : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
  • Seacrh                         : Mencari teks tertentu dari suatu file
  • Versions          : Untuk mengetahui versi Ms. Word
  • Page setup       : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
  • Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
  • Print                : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
  • Send to            : Mengirim dokumen melalui e-mail
  • Propertise        : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
  • Exit                 : Menutup program Ms. Word
  • Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
  • Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page

 

 

2. Menu Edit, Sub Menu Edit

  • Undo               : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
  • Cut                  : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
  • Copy               : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
  • Paste                : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
    • Clear                : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar

(comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja

  • Select All        : Untuk memblok semua isi dokumen
  • Find                 : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
  • Replace           : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang

sedang aktif

  •  Go To             : Menuju ke halaman
  • Links               : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
  • Object                         : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word
  • Paste Spesial   : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip

berada dengan format yang berbeda

  • Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink
  • Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)

 

3. Menu View, Sub Menu View

  • Normal            : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
  • Web layout      : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
  • Print layout     : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
  • Outline            : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
  • Task Pane        : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
  • Toolbars          : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
  • Ruler               : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
  • Gridlines         : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
  • Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
  • Footnotes        : Melihat catatan hasil footnote
  • Mark up           : Menampilkan toollbar markup
  • Full Screen      : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
  • Zoom               : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
  • Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
  • Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar

 

4. Menu Insert, Sub Menu Insert

  • Break               : Menentukan jenis perpindahan halaman
  • Page Numbers : Memberi nomor halaman
  • Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
  • Autotext          : Menyisipkan kat
  • Field                : Menyisipkan field
  •  Symbol           : Menyisipkan symbol ke dalam teks
  • Comment         : Menyisipkan komentar
  • Reference        : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
  • Picture             : Menyisipkan gambar
  • Diagram           : Menyisipkan diagram
  • Text Box         : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu

kedalam dokumen aktif

  • File                  : Menampilkan toollbar markup
  • Object              : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
  • Bookmark        : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke

dalam dokumen

  • Hyperlink        : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML)

(Ctrl+K)

  • Web Component : Menyisipkan komponen dari web

 

5. Menu Format, Sub Menu Format

  • Font     : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan
  • Object : Memformat suatu objek
  • Tabs     : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen
  • Theme : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web
  • Drop Cap         : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal

paragraph

  • Columns          : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom
  • Paragraph        : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman

dolumen aktif

  • Fit Text            : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat
  • Frames             : Membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen

dan menempatkannya sebelah kiri frame

 

  • Autoformat     : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen

baru

  • Background     : Memberi warna latar belakang pada dokumen
  • Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
  • Change Case   : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau

sebaliknya

  • Reveal Formating        : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi

untuk menentukan format suatu teks

  • Bullets and Numbering: Menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih
  • Borders and Shading  : Memberikan bingkai dan arsiran
  • Style and Formating    : Mengubah style dan format

 

6. Menu Tools, Sub Menu Tools

  • Macro  : Membuat dan menghapus macro sendiri
  • Language        : Menjalankan fasilitas penerjemah bahasa
  • Word Count    : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek,

paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif

  • Speech             : Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau

sebaliknya

  • Customize       : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da

toolbar sesuai keinginan

  • Options           : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print,

Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.

  • Protect Document       : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan

dokumen

  • Online Collaboration   : Mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet
  • Letters and Mailings   : Memuat surat melalui fasilitas wizard Autosummarize        :

Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen – aktif

  • Template and add-ins             : Mengatur tampilan template
  • AutoCorrect Options : Memperbaiki teks secara otomatis
  • Table AutoFormat       : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms.

Word

  • Track Changes            : Menandai teks yang baru diubah sisinya
  • Spelling and Grammar            : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari

teks atau paragraf dalam sebuah dokumen

  • Compare and Merge Documents        : Membandingkan dan menggabungkan

dokumen yang aktif dokumen lainnya
7. Menu Table, Sub Menu Table

  • Insert   : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
  • Delete : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
  • Select : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
  • Sort     : Mengurutkan data atau teks
  • Draw Table     : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar

tabel

  • Merge Cells     : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
  • Split Cells        : Memecah sel menjadi beberapa sel
  • Split Table       : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
  • AutoFit           : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
  • Convert           : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
  • Formula           : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
  • Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
  • Table Propertise          : Menampilkan kitak dialog Table Propertise
  • Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul

 

8. Menu Window, Sub Menu Window

  • New Window             : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
  • Arrange All     : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat

melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam

waktu bersamaan

  • Split                 : Membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat

bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan

 

9. Menu Help, Sub Menu Help

  • Microsoft Word Help             : Menampilkan menu help Word
  • Office on the Web      : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program

aplikasi Ms. Office melalaui internet

  • Activate Product         : Mendeteksi aktivasi Word
  • Detect and Repair       : Mendeteksi dan memperbaiki program word
  • About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang

digunakan

  • Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant

 

 

Sumber:

http://www.gudangmateri.com/2011/03/fungsi-menubar-pada-microsoft-word-2007.html

 

FUNGSI MENU BAR WORD_ christine h

Leave a Reply