Mayoritas wanita akan memperhatikan kecantikan tubuhnya, dalam memerangi masalah penuaan anda mungkin membelanjakan sebagian besar gaji untuk serum dan krim mahal yang menjanjikan kecantikan kulit. Namun percayalah, produk mahal itu tak akan banyak membantu tanpa ditunjang makanan sehat yang bersahabat dengan kulit. Tentu saja, kulit anda akan memetik manfaat yang amat besar dengan nutrisi yang tepat, termasuk lemak yang menyehatkan, protein yang cukup, sayur-mayur serta buah-buahan. Berikut beberapa buah dan sayuran yang dapat membantu anda dalam memerangi terjadinya penuaan.

•Brokoli
Kaya vitamin A, C, dan K, jenis sayuran ini memang sayuran super yang kaya manfaat. Vitamin A menurunkan produksi minyak, vitamin C merupakan antioksidan ampuh dan vitamin K membantu mencegah memar.
Kandungan sulforaphane-nya mengurangi produksi enzim penghasil racun dalam tubuh. Semakin muda brokoli, semakin banyak kadar sulforaphane yang dikandung.

•Teh Hijau
Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Cellular Biochemistry edisi Juli 2001 tersebut, kandungan senyawa polifenol yang sangat banyak dalam teh tersebut berperan sebagai pelindung terhadap kanker. Polifenol tergolong dalam antioksidan yang sangat ampuh. Senyawa ini akan menetralkan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker tersebut.
Radikal bebas sendiri terbentuk secara alami dalam tubuh. Molekul ini dapat merusak sel-sel manusia. Orang menduga bahwa molekul inilah salah satu penyebab kanker, termasuk berbagai jenis penyakit lain seperti penyakit jantung dan penuaan.

•Blueberry dan Anggur Merah
Ternyata blueberry dan anggur merah memiliki khasiat dalam mengatasi kepikunan yang merupakan salah satu tanda penuaan. Banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut. Khasiat yang dimiliki oleh blueberry dan anggur merah ini dikarenakan adanya kandungan anthocyanin pada kedua buah tersebut. Buah lain yang memiliki khasiat serupa, antara lain plum (termasuk yang kering), black berry dan kol merah.
Rajin mengosumsi anggur atau jus anggur bisa membangkitkan semangat, menghilangkan rasa lelah, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dikatakan Dr Jensen hal ini sebagai dampak kemampuan jus anggur membersihkan hati/liver dan menggiatkan fungsi ginjal. Secara alami, buah anggur merupakan makanan pembentuk basa (alkaline forming). Sifat membentuk basa dengan kandungan air berlimpah dalam anggur menjadikan pembuluh darah memiliki kemampuan lebih besar dalam menggelontor timbunan toksin dan lemak dalam pembuluh darah. Kondisi ini mencegah terjadinya penyempitan/penyumbatan pembuluh darah.

•Jahe dan Rempah lain
Beraneka rempah dan bumbu dedaunan yang segar dan kering sangat bagus efeknya untuk kesehatan. Sebut saja, sage, thyme, cengkih, kayumanis dan peppermint dapat mencegah penyakit kronis. Sedangkan kunyit maupun kari dapat mengurangi resiko Alzheimer. Terbukti bahwa Alzheimer jarang diidap oleh orang India, karena mereka banyak mengonsumsi kunyit pada masakan kari.

•Tomat
Untuk tetap awet muda, tubuh kamu harus sehat. Tomat merah segar maupun rebus mengandung pigmen lycopene yang dapat mengurangi resiko gangguan jantung (kardiovaskular), kanker, degenerasi maskular (otot) dan mencegah kebutaan (katarak) pada usia di atas 55 tahun. Buah lain yang kadar lycopene-nya tinggi antara lain jambu biji dan semangka.

•Bayam
Dikutip dari BBC, Minggu (30/5/2010), bayam sangat kaya akan kandungan berbagai vitamin dari A hingga K. Selain itu juga mengandung banyak mineral, antara lain potasium, phosphor, magnesium dan zat besi. Bayam juga mengandung nutrisi lain seperti berbagai asam amino esensial dan serat. Serat yang terkandung dalam bayam dapat mencegah sembelit, ambeien serta sindrom iritasi usus.
Bayam dan juga sayuran berwarna hijau sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penuaan. Satu porsi sayuran dapat menghilangkan resiko serangan jantung sebanyak 11%. Kandungan karotenoid, lutein, zeaxanthin dan antioksidannya dapat memperbaiki kualitas kesehatan mata dan memperkecil resiko degenerasi otot.

•Alpukat
Alpukat atau avokad memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Alpukat atau avokad mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat. Alpukat kaya akan protein, riboflavin (atau dikenal sebagai vitamin B2), niasin (atau dikenal sebagai vitamin B3), potasium (atau lebih dikenal sebagai kalium), dan vitamin C.

 Vitamin E dan vitamin A
Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang berguna untuk menghaluskan kulit. Campuran vitamin E dan vitamin A sangat berguna dalam perawatan kulit. Kombinasi vitamin E dan vitamin A membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar.
 Potasium atau Kalium
Potasium (dikenal juga sebagai kalium) yang ada dalam alpukat dapat mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah.
 Lemak tak jenuh
Dalam alpukat ada lemak nabati yang tinggi yang tak jenuh. Lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah (LDL), yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mudah dicerna tubuh sehingga dapat memberikan hasil maksimal pada tubuh. Lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur.
 Asam oleat
Asam oleat merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh akibat polusi. Radikal bebas dalam tubuh akan menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan.
 Vitamin B6
Vitamin ini berkhasiat untuk meredakan sidrom pra-haid atau pra-menstruasi (PMS) yang umumnya diderita wanita setiap bulan.
 Zat Besi dan Tembaga
Zat ini diperlukan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia.
Mineral Mangaan dan Seng
Unsur ini bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tetap terjaga.

Selain itu alpukat mengandung lemak yang cukup tinggi. Namun jangan takut karena lemak pada alpukat mirip dengan lemak pada minyak zaitun yang sangat sehat. Lemak yang dikandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh yang berdampak positif dalam tubuh. Lemak pada alpukat juga digunakan dalam pembuatan sabun dan kosmetik.

•Apel
Antioksidannya dapat melindungi otak dari kerusakan, seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Yang terbaik cara memakan apel adalah bersama kulitnya, karena di situlah bagian tertinggi konsentrat antioksidannya.