Di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang perangkat keras komputer namun dari semua itu akan menimbulkan sebuah pertanyaan. Bagaimana perangkat keras itu bekerja karena tidak mungkin perangkat keras akan berkerja dan berjalan dengan sendirinya. Jawabannya adalah Perangkat Lunak (SoftWare) yang memberi instruksi kepada Perangkat Keras untuk bekerja sesuai dengan kemauan si pengguna komputer. Software ini tidak terlihat bentuknya karena berupa sistem maka dari itu tidak dapat di sentuh dan terlihat mata tapi bisa di operasikan.

Garis besar sistem operasi dasar software yaitu langkah pertama setelah kita memberikan perintah untuk mengeksekusi suatu program adalah mentransfer file tersebut ke dalam memori. Lalu, setelah transfer selesai, eksekusi program dimulai. Pada saat eksekusi program mencapai titik dimana file data diperlukan, maka program meminta sistem operasi untuk mentransfer file data dari disk ke memori. OS menjalankan tugas ini dan mengembalikan kontrol eksekusi ke program aplikasi, yang kemudian melanjutkan melakukan komputasi yang diminta. Pada saat komputasi telah selesai dan hasilnya telah siap dioutputkan.

Secara garis besar software, dibagi menjadi dua macam:

  1. System Software(Piranti lunak komputer untuk menggunakan/menjalankan Komputer)
  2. a) Operational System (sistem operasi)
  3. b) Utilities Program (program utilitas)
  4. Application Software (Piranti lunak komputer yang digunakan untuk memproses data dan perintah pengguna)
  5. a) Software Program Aplikasi
  6. b) Software Program Paket

Perangkat lunak aplikasi menurut McLeod dibagi menjadi:

  1. Peranti lunak aplikasi siap pakai (prewritten application software/peranti lunak off the shelf), yakni software siap pakai telah langsung tersedia dengan biaya lebih murah.
  2. Peranti lunak aplikasi khusus (custom application software), yakni software yang dibuat oleh programmer dan konsultan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan organisasi tertentu. Biasanya karena organisasi memiliki operasi yang unik.
  3. Peranti lunak yang ditulis oleh pengguna, yakni software aplikasi yang dibuat oleh pengguna akhir dalam jumlah yang signifikan yang dapat mereka pergunakan dalam tugas-tugas pekerjaannya. Contoh: memodifikasi lembar kerja Excel dan Access dengan pemrograman sederhana untuk membuat laporan pekerjaan sehari-hari.

Terakhir yaitu sorftware user friendly di sebut sure friendly karena penggunaannya sederhana dan intuitif karakteristiknya tersedia menu dan daftar perintah dengan menggunakan menu drop don box serta ikon, menyediakan pola formulir isisan ketika akan memberikan perintah dan menyediakam antar muka berbentuk garis dengan menggunakan simbol.