Terkadang kita hanya memakai teknologi informasi atau lebih tepatnya komputer tanpa tau apa-apa saja perangkat yang terdapat di dalamnya, hal ini membuat kita kadang bingung saat harus dihadapkan pada tukang service komputer atau saat membeli perangkat komputer dan teknologi informasi lainnya. Kita bingung benda apa yang rusak atau benda apa yang ingin kita beli di toko komputer. Akhirnya kita asal tunjuk saja “ininya lo mas rusak” atau “mau beli yang buat itu lo mas” sehingga penjual yang melayani pun akhirnya ikut bingung juga. Disini ketidak tahuan kita membuat kita sendiri kadang malu apa lagi sebagai mahasiswa atau  tingkat atasnya, masa sudah sebesar ini hal krusial seperti itu saja kita kurang memahaminya.

Maka dari itu di artikel saya yang pertama ini saya akan membahas tentang Perangkat Keras Komputer.Pertama-tama saya akan menjelaskan apa itu Teknologi Informasi terlebih dahulu, Teknologi Informasi adalah sebuah teknologi untuk menangani informasi yang di inginkan seperti membuat dan mengubah sebuah informasi, menyimpan, dan menyebarkan informasi yang diinginkan. Seperti contohnya saya membuat informasi dan menyimpannya di komputer kemudian saya menyebarkannya melalui blog di internet yang sudah saya buat sebelumnya. Dengan cara ini saya merasa di mudahkan karena bisa menyebarkan informasi yang saya mau secara cepat dengan beberapa klik semua orang bisa membacanya dan tidak perlu saya kirim ke satu persatu orang.

Dalam sebuah Teknologi Informasi Terdapat 3 komponen yaitu perangkat keras, perangkat lunak, dan consumer device. Di sini kita akan kaji mendalam terlebih dahili pada perangkat keras. Secara umum, perangkat keras (hardware) terbagi menjadi empat bagian, yaitu perangkat masukan (input), perangkat keluaran (output), perangkat pengolah data (prosesor), dan perangkat aksesoris.Perangkat masukan berfungsi untuk menginput data agar masuk ke dalam komputer. Beberapa contoh perangkat masukan antara lain mouse, keyboard, scanner, dan webcam. Data yang masuk melalui perangkat keras masukan, kemudian diolah dengan perangkat pengolah data, seperti CPU atau processor yang didukung oleh motherboard. Setelah diolah, komputer kemudian dapat menghasilkan keluaran dari perangkat keras output seperti monitor, speaker, dan printer.Macam-Macam Perangkat Keras Komputer:

  1. Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM dan lain sebagainya. Dalam istilah bahasa Indonesia, motherboard diterjemahkan sebagai ‘papan induk’, atau sering juga disingkat menjadi mobo. Motherboard sendiri terdiri dari berbagai macam komponen, seperti konektor power, slot prosesor, north bridge controller, dan socket memori. Motherboard memiliki bentuk seperti papan sirkuit elektronik yang berguna sebagai tempat lalu-lintas data. Dengan adanya motherboard, semua perangkat dalam komputer saling terhubung dan dapat bekerjasama sehingga komputer dapat berjalan dengan lancar.

  1. Processor

Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) bisa dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.

Pada dasarnya, processor berfungsi untuk memproses inputan data menjadi keluaran berupa output. Processor sendiri terletak pada motherboard. Terdapat tiga bagian penting dari processor, yaitu Arithmatics Logical Unit (ALU) yang berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika sesuai instruksi program, Control Unit (pengatur input dan output data), serta Memory Unit (alat penyimpan data).

  1. Hard Disk

Hard disk atau hard disk drive (HDD) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan sekunder. Dalam sebuah harddisk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi menampung data-data secara magnetis. Berbeda dengan RAM yang menyimpan data atau intruksi secara sementara (hilang ketika komputer dimatikan), harddisk akan menyimpan data seperti musik, dokumen, gambar, video, dll secara permanen (tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan, kecuali dihapus pengguna).Secara umum, terdapat tiga jenis harddisk di pasaran, yaitu IDE (Integrated Drive Electronics), ATA (Advanced Technology Attachment), dan SATA (Serial Advanced Technology Attachment).

  1. PC Cooler/ Heatsink

PC cooler/ heatsink merupakan perangkat komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer. Agar proses mendinginkan panas yang dihasilkan komputer bisa berlangsung secara optimal, heatsink harus dipasang di atas processor, kemudian juga diberikan gel atau pasta agar heatsink ini bisa menempel dengan baik.

  1. Monitor

Monitor merupakan salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis. Tiap merek monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Jenis-jenis monitor yang paling umum saat ini adalah monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).

  1. SSD

SSD atau Solid State Drive merupakan inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu harddisk. SSD merupakan media penyimpanan yang menggunakan jenis memory solid state untuk penyimpanan datanya. SSD juga memiliki fungsi yang sama seperti hard disk, namun sedikit berbeda dengan hard disk. Data pada SSD disimpan pada chip-chip memori flash yang saling terhubung. Chip-chip tersebut memiliki kecepatan dan reliabilitas yang lebih tinggi dari USB Thumb Drive (UFD).

  1. VGA Card

VGA atau Video Graphic Adapter adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh monitor. VGA juga memiliki processor yang biasa disebut GPU (Graphic Processing Unit). Biasanya perangkat keras yang satu ini sangat dibutuhkan, khususnya bagi gamer maupun designer. Ada beberapa jenis VGA Card yang bergantung pada slot yang tersedia pada motherboard yaitu VGA Card ISA, VGA Card PCI, VGA Card AGP , VGA Card PCI

  1. Optical Drive

Optical drive merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi membaca (read) maupun menulis (write) data dari kepingan CD/ DVD. Terdapat beberapa jenis optical drive yang harus anda ketahui, seperti : CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan lain-lain.

  1. Power Supply

Power Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke komponen-komponen lain seperti motherboard, processor, VGA, dll. Power supply bisa dibilang jantung komputer, jadi mustahil komputer bisa hidup tanpa perangkat yang satu ini.

  1. RAM

RAM atau Random Acces Memory merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data maupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor. Berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada RAM bersifat sementara. Jadi ketika komputer dimatikan, data maupun intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/ dikosongkan kecuali komputer tersebut dalam mode hibernate.

  1. Keyboard

Keyboard merupakan papan kunci yang tergolong sebagai alat input. Keyboard sendiri terdiri dari deretan huruf dan angka. Terdapat berbagai jenis keyboard, antara lain : keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.

  1. Mouse

Seperti halnya keyboard, mouse juga tergolong sebagai alat input. Mouse berfungsi menggerakkan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin dijalankan. Perangkat ini dinamakan mouse, karena bentuknya yang menyerupai seekor tikus. Seringkali mouse juga disebut dengan istilah ‘tetikus’ dalam bahasa Indonesia. Terdapat banyak jenis-jenis mouse, diantaranya adalah : mouse serial, mouse PS2, mouse USB dan mouse wireless.

  1. Printer

Sama halnya dengan monitor, printer merupakan perangkat keras yang tergolong sebagai alat output. Printer berfungsi mencetak hasil pengolahan data berupa teks/ gambar di atas kertas (hard copy). Pada awalnya printer memang hanya digunakan untuk mencetak dokumen, namun semakin lama, printer semakin dikembangkan untuk fungsi-fungsi lainnya. Misalnya saja, ada printer yang juga dapat sekaligus berfungsi untuk memindai dokumen (scanning), untuk mengirimkan dokumen seperti layaknya mesin fax, hingga untuk fotokopi suatu dokumen.

  1. Sound Card

Sound Card merupakan perangkat keras yang berfungsi mengolah data berupa audio ataupun suara. Pada awalnya, sound card hanyalah pelengkap komputer, namun saat ini sound cardmerupakan perangkat yang harus dimiliki oleh pengguna komputer. Salah satu Sound Card yang sangat populer di Indonesia adalah Sound Blaster, yang dibuat oleh Creative Labs. Ada 3 macam sound card jika dilihat dari cara pemasangannya, yaitu Sound Card Onboard, Sound Card Offboard,  Sound Card External

  1. Scanner

Scanner merupakan perangkat keras yang mempunyai cara kerja yang hampir sama seperti fotokopi. Sedikit berbeda dengan cara kerja fotokopi, scanner berfungsi merubah hard file (hard copy) menjadi digital file (soft copy) yang dapat diolah di komputer. Scanner bentuknya juga bermacam-macam dengan kegunaan yang bervariasi.

  1. NIC/ LAN Card

NIC atau Network Interface Card adalah sebuah kartu yang berfungsi menghubungkan komputer ke dalam jaringan, baik jaringan lokal atau jaringan internet. Saat ini terdapat dua jenis NIC yang diketahui, diantaranya NIC bersifat fisik (contoh : NIC EthernetToken Ring, dll ) dan NIC bersifat logis (contoh : Loopback Adapter dan Dial-up Adapter).

  1. Speaker

Speaker merupakan perangkat yang terbuat dari logam, membran, kumparan serta magnet. Speaker mempunyai peranan penting dalam mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara. Speaker dapat berfungsi sebagaimana mestinya jika didukung oleh perangkat yang bernama sound card.

  1. Card Reader

Card reader digunakan untuk membaca data-data yang tersimpan di dalam memory card dengan cara mentransfernya ke komputer. Biasanya, laptop sudah memiliki slot card readertersendiri, memory card tinggal dipasang ke dalam slot tersebut untuk membaca data-data di dalamnya. Berbeda dengan komputer yang harus dilengkapi dengan tambahan card reader eksternal yang kemudian dihubungkan dengan port USB.

  1. UPS

Uninterruptible Power Supply (UPS) merupakan perangkat keras yang berguna untuk menyimpan arus listrik dan kemudian mengalirkannya pada perangkat komputer secara kontinu. UPS sangat berguna untuk mereka yang menggunakan komputer untuk bekerja. Dengan alat ini, jika seandainya listrik mati tiba-tiba, komputer akan tetap menyala dalam beberapa waktu sehingga memungkinkan penggunanya untuk menyimpan hasil pekerjaan.

  1. ZIP Drive

ZIP Drive merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan dalam bentuk disk. Awalnya, ZIP Drive dibuat dengan kapasitas 100 MB, kemudian ditingkatkan hingga 250 MB dan akhirnya 750 MB. ZIP Drive mencapai masa puncak popularitasnya pada tahun 1994, karena pada masa itu kapasitas yang dimiliki masih terbilang besar untuk harga yang sangat murah. Beberapa pemasok komputer besar seperti Apple dan Dell bahkan melengkapi komputer mereka dengan ZIP Drive internal.