Catatan Kecilku

Blog mahasiswa Universitas Brawijaya
Avatar of Cita Ahmat

Tips menghindari obesitas

overweight

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seringkali kita mengabaikan pola makan sehari-hari tanpa memperhatikan asupan nutrisi yang dikandungnya. Penumpukan lemak dalam tubuh akibat dari pola makan yang tidak tepat dapat mengakaibatkan obesitas. Banyak penduduk dunia yang mengabaiakan pola hidup sehat yang berakibat fatal bagi kesahatannya. Resiko dari obesitas yaitu diabetes, tekanan darah tinggi, serangan jantung dan lain-lain. Sebagai alternatif untuk mengurangi resiko obesitas dapat melakukan beberapa langkah-langkah berikut ini :

 

1. Lemak dan serat makanan

Komposisi asam lemak dan kandungan serat makanan memengaruhi berat badan dan lemak darah Anda. Diet yang sehat harus kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak omega-3. Asam lemak tak jenuh tunggal adalah jenis lemak yang ditemukan dalam berbagai makanan dan minyak. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan kaya lemak tak jenuh tunggal menurunkan kadar kolesterol darah,  sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa asam lemak ini dapat memperbaiki kadar insulin dan kontrol gula darah, yang sangat membantu jika Anda memiliki diabetes tipe-2. Asam lemak tak jenuh tunggal ditemukan dalam minyak zaitun, kacang-kacangan, alpukat, dan kanola. Asam lemak omega-3 ditemukan pada ikan berminyak. Serat dapat diperoleh dari buah, biji-bijian dan sayuran.

Penting bagi Anda untuk memerhatikan kandungan lemak dari makanan. Secara keseluruhan sebaiknya Anda tidak mengonsumsi lebih dari 60 gram lemak per hari.

 

2. Buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber vitamin dan mineral, selain dapat membuat kita merasa kenyang tanpa harus memasukkan banyak kalori. Konsumsi yang direkomendasikan adalah tiga porsi sayuran dan dua porsi buah setiap hari: sekitar 600 gram. Lebih banyak lebih baik dan tidak akan merugikan kesehatan Anda.

 

3. Lima kali per hari

Untuk alasan kesehatan, sebaiknya Anda menyebarkan asupan kalori Anda dalam lima porsi per hari. Penyebarannya adalah 25% untuk sarapan dan makan malam (500 kkal), 30% untuk makan siang (600 kkal) dan makanan ringan dua kali dengan total asupan energi 10% sisanya (200 kkal).

 

4. Mengunyah dengan sempurna

Untuk menemukan jumlah makanan yang tepat, Anda perlu mengenali kapan Anda merasa kenyang. Oleh karena itu, Anda harus meluangkan waktu untuk makan. Kunyahlah makanan dengan baik (sekitar 20 kali setiap suapan), ambillah jeda untuk merasakan bila Anda sudah kenyang.

5. Olah raga

Anda wajib meningkatkan jam olah raga Anda, jika ingin memperoleh berat badan ideal, karena hanya dengan berolah raga lemak tubuh Anda yang berlebih dapat dipecah dan dibakar. Buatlah jadwal olah raga maksimal 3 kali seminggu jika sebelumnya Anda tidak pernah berolah raga. Sesuaikan aktivitas latihan fisik dengan kemampuan dan usia Anda

28 November 2012 at 15:10 - Comments
Thanks like your Catatan Kecilku
29 November 12 at 11:48