TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN (SEGMENTASI PASAR)

 

SEGMENTASI PASAR (Produk Maybelline)

Segmentasi pasar adalah proses membagi-bagi pasar yang semula berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berperilaku leb ih seragam. Secara umum tujuan segmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam. Untuk itu, perusahaan mencari kelas-kelas pembeli yang lebih besar dengan kebutuhan produk atau tanggapan membeli yang berbeda-beda. Segmentasi pasar ini dikelompokan menjadi beberapa bagian diantaranya adalah segmentasi berdasarkan geografis, berdasarkan demografis, berdasarkan psikografi.

  1. Segmentasi berdasarkan geografis

Pada segmentasi ini pasar di bagi berdasarkan tempat atau wilayah. Dimana orang yang memiliki tempat tinggal sama akan memiliki kebutuhan yang sama pula. Seperti halnya produk bedak dari Maybelline, produk ini dianggap sebagai salah satu produk bedak yang bisa menghindarkan kulit wajah dari minyak saat beraktivitas seharian. Pasalnya kebanyakan kaum hawa di Indonesia rentam memiliki kulit yang berminyak, mengingat Negara kita ini adalah Negara tropis. Jadi dengan mengandalkan segmentasi geografis produk ini bisa memikat para kaum hawa di Indonesia khususnya.

2. Segmentasi pasar berdasarkan demografi

Pada segmentasi ini pasar dikelompokkan menurut usia, jenis kelamin, status perkawinan dll yang berkaitan dengan kependudukan. Misalnya saja pada produk Maybelline ini, sasaran konsumen dari produk ini pastilah para remaja wanita karena remaja wanita saat ini cenderung lebih ingin merawat atau mempercantik dirinya entah itu melalui bedak atau foundation.

3. Segmentasi berdasarkan psikografi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, produk ini berguna untuk menghilangkan minyak pada wajah. Hal ini yang menyebabkan para kaum hawa termotivasi untuk membeli atau menggunakan karena ingin mempercantik diri mereka.[youtube]http://www.youtube.com/watch?v=W_KUnYPdPo4[/youtube]