APA YANG DIMAKSUT LINUX FROM SCRATCH

Linux From Scratch disingkat LFS, adalah Linux dari Nol atau Linux dari dasar. Pertama kali dikembangkan oleh Gerad Beckmans, berawal dari rasa tidak puas dengan semua distro yang ada. LFS kini merupakan sebuah proyek terbuka yang menyediakan bimbingan dibutuhkan untuk membangun sistim Linux pribadi Anda, langkah demi langkah dari Nol. Baik resep (bahasa Inggris) maupun bahan bakunya yang senantiasa ditingkatkan dan diperbaiki disediakan oleh LFS. Saat membangun distro pribadi secara manual dengan menginstalasi paket satu demi satu, Anda akan mengetahui segalanya yang membuat sebuah Linux berfungsi.
Linux From Scratch adalah petunjuk rinci bagaimana Anda dapat bootstrap, membangun, mengkonfigurasi dan menginstal sendiri sistem GNU / Linux dari bawah ke atas.Setiap bagian dari teka-teki Linux dijelaskan, dengan petunjuk tentang cara mengkonfigurasi dan mengkompilasi semua dari source.
LFS distribusi LiveCD khusus untuk mengajarkan bagaimana membuat distribusi linux khusus dengan melakukan kompilasi sendiri. LiveCD-nya sendiri, dapat digunakan sebagai host untuk membangun distro.Dalam distribusinya, disertakan semua source code beserta patch-nya yang diperlukan untuk proses kompilasi dan Ebook panduan langkah demi langkah yang bisa di print maupun diakses saat melakukan kompilasi.
 
Linux From Scratch adalah cara untuk menginstal sistem Linux yang bekerja dengan membangun semua komponen secara manual. Ini, tentu saja, proses yang lebih panjang daripada memasang pre-compiled distribusi Linux. Menurut Linux From Scratch website, keuntungan metode ini adalah yang kompak, fleksibel dan sistem aman dan pemahaman yang lebih besar dari kerja internal dari Linux OS.
Partisi yang bersih dan sebuah sistem Linux dengan kompilator dan beberapa perangkat lunak penting perpustakaan diperlukan untuk membangun LFS. Daripada menginstal dari sistem Linux yang sudah ada, orang dapat juga menggunakan Live CD (misalnya, Linux From Scratch Live CD). LFS Live CD yang berisi semua paket source (dalam versi lengkap dari Live CD saja), maka buku LFS, otomatis alat-alat bangunan dan (kecuali untuk minimal versi Live CD) sebuah lingkungan GUI Xfce untuk bekerja masuk
Pembuatan distro dengan basis Linux From Scratch (LFS) . Metode ini biasanya digunakan bagi pengembang untuk membuat distro tanpa bisa untuk dikembangkan lagi dalam hal ini distro dipakai untuk diri sendiri. Linux From Scratch merupakan cara pembuatan distro secara mandiri, dimana semua aplikasi dikompilasi dari kode sumber murni (pristine code). Kelemahan dari metode ini adalah distro yang dihasilkan tidak biasa dibuat satu ISO yang installable, dan sulit untuk didistribusikan kembali, kalaupun dapat dikembangkan hal tersebut memerlukan usaha yang besar serta memerlukan tim yang handal.
keuntungan dengan membangun LFS :
1.      LFS mengajarkan bagaimana linux system bekerja dari dalam
membangun LFS dapat mengajarkan kalian bagaimana membuat linux system, bagaimana semua komponen (paket) bekerja sama dan saling ketergantungan satu sama lain. Dan yang paling penting mengajarkan kita bagaimana untuk memodifikasi linux kita sesuai selera dan kebutuhan kita.
2.      Membangun LFS menghasilkan linux system yang sangat solid
saat kalian menginstal linux yang biasa di distribusikan, anda akan berakhir dengan menginstal banyak program bawaan yang munkin akan jarang di gunakan. Program tsb hanya akan memakan ruang disk kita. Tidak sulit ketika menginstal LFS dengan kapasitas 100MB. Kita membuat system yang cukup untuk menjalankan apache web server, total disk yang di pakai sekitar 8MB sampai 5MB atau kurang. Coba itu dengan linux yang biasa di distribusikan.
3.      LFS sangat flexible
Bangunan LFS bisa dibandingkan dengan rumah selesai. LFS akan memberikan kerangka dari sebuah rumah, tetapi terserah pada Anda untuk menginstal pemipaan, saluran listrik, dapur, kamar mandi, wallpaper, dll Anda memiliki kemampuan untuk mengubahnya menjadi jenis sistem apapun yang Anda butuhkan untuk menjadi, disesuaikan sepenuhnya Anda.
4.      LFS menawarkan keamanan tambahan
Anda akan mengkompilasi seluruh sistem dari source, sehingga memungkinkan Anda untuk mengaudit semuanya, jika Anda ingin melakukannya, dan menerapkan semua patch keamanan yang Anda inginkan atau perlu mengajukan permohonan. Anda tidak perlu menunggu orang lain untuk menyediakan paket biner baru yang (semoga) perbaikan lubang keamanan. Seringkali, Anda tidak pernah benar-benar tahu apakah lubang keamanan yang tetap atau tidak kecuali jika Anda melakukannya sendiri.
jadi tahap-tahap dari ngebuat lfs itu sendiri garis besarnya adalah sebagai berikut :
1. kita buat partisi kosong dulu dengan format partisi yang support buat linux
2. kita buat temporary file system.. Jadi kasarannya kita buat tools chain / rantai untuk membuat sistem asli  dari linux yang akan kita buat (ya kasarannya buat konsole sementara untuk ngebuild sistem yang asli)
3. setelah itu kita chroot ke temporary sistem tadi, baru kita build sistem yang asli
4. setelah semua sistem selesai dibuat, kita buat bootscriptnya (script2 yang akan tereksekusi     saat   booting)
5. baru kita set grub loadernya sehingga sistem bisa load di awal nyalain computer
6. jadi lfs, terus kita baru buat script2 initnya