7 Bahan Alami untuk Atasi Mimisan, Bunda Wajib Tahu

Mimisan terjadi karena pendarahan dari lubang hidung. Dalam istilah kedokteran, kondisi ini disebut epistaksis. Meskipun demikian, nggak perlu panik berlebihan ya, Bun, karena mimisan tak membahayakan kesehatan.
Biasanya, seseorang yang mengalaminya akan panik, karena takut melihat darah mengalir dari rongga hidung.
Nah, jika anak mimisan, Bunda jangan panik. Usahakan jangan terlalu histeris, sehingga membuat anak ketakutan. Bunda coba tenangkan diri dan atasi dengan bahan alami yang ada di rumah.
Berikut ini rangkuman dari berbagai sumber, 7 bahan alami untuk redakan mimisan pada anak

1. Sayuran hijau
Sayuran hijau yang kaya vitamin K adalah kale, bayam, sawi, brokoli, kubis. Vitamin K terlibat dalam pembentukan kolagen yang membantu menciptakan lapisan lembab di dalam hidung. Vitamin ini membantu menjaga pembuluh darah agar tak gampang pecah. Untuk penyembuhan jangka panjang, mengonsumsi makanan kaya vitamin K sangat membantu. Sayuran berdaun hijau bisa bermanfaat untuk pembekuan darah.

2. Buah
Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti setiap hari dapat membantu membuat pembuluh darah lebih kuat. Sehingga pembuluh darah lebih tahan pecah. Vitamin C banyak terdapat di dalam buah-buahan. Diantaranya ada jeruk, stroberi, kiwi dan beri.

3. Cuka apel
Salah satu pengobatan rumah terbaik untuk mimisan adalah cuka sari apel. Hal ini karena asam dalam cuka membantu menyempitkan pembuluh darah, sehingga menghentikan pendarahan. Pertama, yang perlu Bunda lakukan adalah mencelupkan bola kapas ke dalam cuka. Lalu, letakkan di lubang hidung yang mengeluarkan darah selama sekitar 5 – 10 menit.

4. Air garam
Kekeringan pada membran hidung menjadi salah satu penyebab mimisan yang paling umum. Untuk mengatasi masalah ini, coba Bunda lembapkan membran hidung anak dengan air garam. Ambil mangkuk, tambahkan air ke dalamnya dan aduk rata. Beri beberapa tetes larutan tersebut ke hidung anak untuk melembapkan lapisan bagian dalam hidung.

5. Cabai rawit
Cabai rawit berfungsi sebagai stimulan sel dan mengatur tekanan aliran darah, yang berarti membantu menyingkirkan tekanan di area pendarahan. Ambil satu sendok teh bubuk cabai rawit dan campur dalam air hangat dan minumkan pada anak segera saat anak mulai mimisan.

6. Daun sirih
Obat tradisional satu ini, menjadi andalan banyak ibu-ibu di Indonesia untuk meredakan beragam penyakit. Selain harganya murah, mudah didapat, dan gampang dipakai untuk menghentikan mimisan.

7. Minum banyak air
Kekurangan asupan cairan sepanjang hari dapat menyebabkan kekeringan pada selaput lendir, yang menyebabkan mimisan. Pastikan anak minum cukup air sepanjang hari, Bun, agar nggak mudah mimisan.