Hello world!

January 9th, 2019

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!

4 Tips Menangani Anak Diare

September 14th, 2018

Diare merupakan gangguan di mana tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair setidaknya 3 kali dalam 24 jam. Penyakit ini cukup berbahaya bila dialami oleh anak-anak, karena jika tidak ditangani dengan tepat dapat menimbulkan dehidrasi berat, bahkan kematian

Penting diingat bahwa penanganan diare untuk orang dewasa, terutama soal obat-obatan, tidak sama dengan penanganan anak-anak. Bayi atau anak-anak juga cenderung diare karena alergi atau sistem kekebalannya belum kuat. Diperkirakan tiga persen bayi alergi terhadap protein yang ditemukan dalam susu. Karena itu, tidak aman memberi bayi atau anak dengan obat antidiare untuk orang dewasa

Berikut ini beberapa cara penanganan anak diare

1. Perbanyak cairan atau minum
Saat anak atau bayi diare, beri asupan cairan lebih banyak dari biasanya. Tawarkan air atau ASI lebih sering ke anak, dengan catatan hindari minuman manis seperti jus. Karena biasanya minuman manis malah akan memperburuk.

2. Minuman elektrolit
Rata-rata, dokter akan menyarankan anak yang diare untuk mengonsumsi banyak air elektrolit. Oralit dan zinc      yang diberikan pada anak saat diare bisa membantu mencegah kejadian fatal yang mungkin saja muncul.

3. Makanan probiotik
Makanan yang difermentasi seperti yoghurt, kefir, suplemen atau apapun yang mengandung probiotik akan            membantu memulihkan bakteri sehat di saluran pencernaan. Makanan mengandung probiotik juga dapat                    mengurangi banyak gangguan pencernaan.

4. Pergi ke dokter
Diare biasanya hilang dalam satu hingga tiga hari dan anak mulai membaik.
Namun, jika muncul beberapa gejala seperti
– Mengalami diare lebih dari tiga hari, terutama pada anak kurang dari 6 bulan.
– Muntah cairan berwarna hijau atau kuning berdarah dan muntah lebih dari dua kali.
– Demam lebih dari 40 derajat Celcius.
– Terlihat dehidrasi dan tinja berdarah.
– Sakit perut lebih dari dua jam
– Punya ruam dan imun yang lemah.

Segera bawa si kecil ke dokter anak ya Bunda.

7 Langkah Mudah Menangani Luka Si Kecil

September 14th, 2018

Terkadang orang tua mengabaikan hal sepele seperti luka kecil yang timbul akibat anak terjatuh. Padahal, ketika anak jatuh dan terluka kita nggak tahu lho kuman, bakteri, atau virus apa yang ada di sekitar dan mengontaminasi bagian tubuh anak saat terluka.

 

7 Langkah Mudah Menangani Luka Si Kecil Ilustrasi anak terluka/ Foto: thinkstock

Berikut tujuh langkah menangani luka pada anak akibat tergores atau terjatuh

1. Hentikan pendarahan
Hentikan pendarahan dengan menekan bagian yang terluka dengan kain bersih yang lembut, selama beberapa menit. Jika terjadi perdarahan, Ayah atau Bunda harus menahan tekanan lebih lama (kadang hingga 15 menit). Namun, jika lukanya kecil, pendarahan seharusnya sudah berhenti dalam beberapa menit karena faktor pembekuan darah yang menutup luka.

2. Hindari sering mengangkat kain
Saat menekan luka dengan kain, hindari terlalu sering mengamati kondisi luka. Sering mengangkat kain bisa menyebabkan pendarahan terjadi lagi.

3. Bersihkan luka

Alirkan air hangat di atas luka selama 5 menit. Kemudian, gunakan sabun untuk membasuh area luka dengan lembut secara menyeluruh.
Jika ada kotoran atau serpihan pada luka, seperti kerikil dari goresan, keluarkan jika bisa dengan kain lembap yang lembut.

4. Pakai obat atau salep antibiotik
Jika perlu atau ada, oles tipis salep antibiotik di sekitar luka untuk membunuh kuman. Namun, pastikan si kecil tidak alergi terhadap kandyngan salep

5. Keringkan area luka
Keringkan area luka perlahan dan tutup dengan kain kasa atau perban lain. Perban membantu mencegah kuman masuk ke luka yang menyebabkan infeksi. Jika perban basah atau kotor, segera ganti.

6. Rajin ganti perban
Setiap hari, lepaskan perban dan basuh luka dengan lembut. Untuk mencegah infeksi dan mengurangi jaringan parut, jangan mencongkel luka atau kulit di sekitar luka. Jika luka terlihat serius atau teterjadi infeksi, cek segera ke dokter.

7. Bawa sikecil ke dokter
Kadang luka atau goresan awalnya tak terlihat seperti masalah besar. Namun, kalau disepelekan dan jadi infeksi bisa bahaya. Segera bawa si kecil ke dokter jika:

– Luka berwarna kemerahan dan meluas
– Keluar nanah berwarna kuning atau kehijauan dari luka
– Muncul garis merah melebar di area luka
– Luka makin bengkak, nyeri saat ditekan, atau menyebabkan anak demam

7 Bahan Alami untuk Atasi Mimisan, Bunda Wajib Tahu

September 14th, 2018

Mimisan terjadi karena pendarahan dari lubang hidung. Dalam istilah kedokteran, kondisi ini disebut epistaksis. Meskipun demikian, nggak perlu panik berlebihan ya, Bun, karena mimisan tak membahayakan kesehatan.
Biasanya, seseorang yang mengalaminya akan panik, karena takut melihat darah mengalir dari rongga hidung.
Nah, jika anak mimisan, Bunda jangan panik. Usahakan jangan terlalu histeris, sehingga membuat anak ketakutan. Bunda coba tenangkan diri dan atasi dengan bahan alami yang ada di rumah.
Berikut ini rangkuman dari berbagai sumber, 7 bahan alami untuk redakan mimisan pada anak

1. Sayuran hijau
Sayuran hijau yang kaya vitamin K adalah kale, bayam, sawi, brokoli, kubis. Vitamin K terlibat dalam pembentukan kolagen yang membantu menciptakan lapisan lembab di dalam hidung. Vitamin ini membantu menjaga pembuluh darah agar tak gampang pecah. Untuk penyembuhan jangka panjang, mengonsumsi makanan kaya vitamin K sangat membantu. Sayuran berdaun hijau bisa bermanfaat untuk pembekuan darah.

2. Buah
Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti setiap hari dapat membantu membuat pembuluh darah lebih kuat. Sehingga pembuluh darah lebih tahan pecah. Vitamin C banyak terdapat di dalam buah-buahan. Diantaranya ada jeruk, stroberi, kiwi dan beri.

3. Cuka apel
Salah satu pengobatan rumah terbaik untuk mimisan adalah cuka sari apel. Hal ini karena asam dalam cuka membantu menyempitkan pembuluh darah, sehingga menghentikan pendarahan. Pertama, yang perlu Bunda lakukan adalah mencelupkan bola kapas ke dalam cuka. Lalu, letakkan di lubang hidung yang mengeluarkan darah selama sekitar 5 – 10 menit.

4. Air garam
Kekeringan pada membran hidung menjadi salah satu penyebab mimisan yang paling umum. Untuk mengatasi masalah ini, coba Bunda lembapkan membran hidung anak dengan air garam. Ambil mangkuk, tambahkan air ke dalamnya dan aduk rata. Beri beberapa tetes larutan tersebut ke hidung anak untuk melembapkan lapisan bagian dalam hidung.

5. Cabai rawit
Cabai rawit berfungsi sebagai stimulan sel dan mengatur tekanan aliran darah, yang berarti membantu menyingkirkan tekanan di area pendarahan. Ambil satu sendok teh bubuk cabai rawit dan campur dalam air hangat dan minumkan pada anak segera saat anak mulai mimisan.

6. Daun sirih
Obat tradisional satu ini, menjadi andalan banyak ibu-ibu di Indonesia untuk meredakan beragam penyakit. Selain harganya murah, mudah didapat, dan gampang dipakai untuk menghentikan mimisan.

7. Minum banyak air
Kekurangan asupan cairan sepanjang hari dapat menyebabkan kekeringan pada selaput lendir, yang menyebabkan mimisan. Pastikan anak minum cukup air sepanjang hari, Bun, agar nggak mudah mimisan.

Cara Mengatasi Sembelit pada Anak Tanpa ‘Drama’

September 10th, 2018

Mengalami susah BAB atau sembelit tentu tidak nyaman. Terutama jika hal itu harus dialami oleh anak-anak , Sedih rasanya jika melihat mereka kesakitan setiap kali ke belakang.
Masalah pun nggak selesai sampai di situ saja karena sembelit bisa menimbulkan trauma pada si kecil ,anak yang mengalami sembelit  akan merasakan sakit setiap kali ke kamar mandi. Padahal, mereka merasa kekenyangan dan kembung tanpa tahu cara untuk mengeluarkannya.

Lalu, apa saja yang menyebabkan anak jadi sembelit, Bun? Mereka biasanya kekurangan asupan cairan dan serat, yang membantu usus bergerak sebagaimana mestinya. Anak-anak yang banyak mengonsumsi keju, daging, roti tawar dan bagel lebih sering mengalami sembelit. Sedangkan pada bayi, sembelit dapat terjadi pada mereka yang baru diberi makanan pendamping ASI (MPASI).

Agar kondisi tersebut tidak bertambah parah, Bunda sebaiknya membujuk si kecil untuk minum air putih yang cukup. Tubuh anak-anak, sedikitnya membutuhkan 3 – 4 gelas air tiap harinya. Sedangkan pada bayi yang baru menerima makanan padat, bisa diberikan apel dan pir setiap hari. Selain itu, Bunda juga bisa mengatur menu makanan anak menjadi lebih kaya serat. Sajikan buah seperti jeruk dan pisang agar si kecil tidak bosan makan.

Batasan Usia Anak Tidak dimandikan Orang tuanya

July 14th, 2018

Saat bayi dan balita, tentu si kecil belum mandiri dalam segala hal termasuk untuk mandi sendiri. Oleh karena itu, Orangtualah yang terjun langsung untuk membantu memandikan anaknya. Hal ini akan terus berlanjut sampai mereka bisa mandi sendiri. Nah, sebagai orang tua yang sering memandikan anak sebaiknya batasan usia berapa anak sudah mulai dibiasakan mandi sendiri ?
Anak ternyata punya batas usia saat harus dimandikan orang tuanya. Biasanya di usia 3 hingga 5 tahun ketika pemahaman anak tentang tubuh dan gender sudah mulai agak jelas. Nah, di situlah batas orang tua memandikan anaknya.
Batasan usia 5 tahun adalah kebijakan konvensional, garis batas umum. Untuk balita, kamar mandi memang bisa jadi tempat belajar. Belajar gimana menggunakan kamar mandi dan menjaga kebersihan tubuh dengan benar dan yang nggak kalah penting belajar untuk mengenali tubuh kita dan percaya diri dengan keadaan tubuh kita

Pada usia-usia ini, orang tua juga bisa sambil mengenalkan alat kelamin ke anak. Sebenarnya ini termasuk pendidikan seksual juga, bahwa tubuh anak perempuan dan tubuh anak lelaki berbeda. Kemudian, di usia 3 hingga 4 tahun kita sudah bisa ajarkan tuh siapa saja yang boleh menyentuh tubuh anak dan sentuhan yang bagaimana yang boleh dan tidak boleh. Dari sini orang tua bisa kasih tahu ke anak kalau sentuhan tangan seperti salaman atau kenalan itu adalah sentuhan yang boleh. Sedangkan sentuhan yang tidak boleh adalah sentuhan yang tertutup pakaian atau tertutup baju dalam. Itu bisa dikatakan ke anak, bahwa area tersebut hanya anak yang boleh menyentuh.

30 Style Model Batik Pria Lengan Pendek Trend 2019

May 15th, 2018

Batik Pria– Gaya berpakaian pria seringkali digambarkan dengan sosok model yang macho dengan menggunakan busana yang formal dan selalu menonjolkan sisi elegan seorang pria. Pada zaman sekarang ini, pria dewasa juga sangat memperhatikan penampilan dirinya agar bisa selalu terlihat keren dan menarik.

Mereka tidak akan segan mengeluarkan banyak uang demi bisa memberikan penampilan yang maksimal dalam setiap kesempatan. Salah satu model baju yang bisa memberikan kesan formal sekaligus menarik adalah model baju batik pria.

Pria modern kini banyak menyukai busana-busana modern agar bisa tampil atraktif. Selain perpaduan jas dan kemeja lengan panjang, baju batik pria kini juga menjadi salah satu model baju yang disukai pria untuk digunakan pada acara-acara resmi kantor atau untuk menghadiri undangan pernikahan. Baju batik pria yang banyak tersedia mempunyai banyak corak dan sering menampilkan corak-corak batik yang modern sehingga terlihat menakjubkan bagi pria yang memakainya.

Untuk kaum pria kemeja batik bisa di kenakan dalam berbagai momen, baik untuk acara yang sifatnya formal maupun non formal. Batik bisa dikenakan untuk hangout bareng  teman- teman, kerja , seminar, kondangan dan bisa juga dikenakan pada saat istimewa seperti lamaran

Agar penampilan semakin tampak elegan anda dapat mengenakan jam tangan sebagai aksesorisnya . Untuk menambah kesan formal anda dapat mengenakan celana panjang warna hitam dan sepatu model fantofel  , sedangkan untuk acara yang bersifat non formal seperti hangout dengan rekan anda dapat memilih batik yang berwarna cerah dan bermotif simple dengan dipadukan celana jeans potongan slimfit  dan sepatu model boot

Bagi anda yang berjiwa muda pemilihan potongan baju juga patut untuk dipertimbangkan misalnya seperti potongan lengan baju yang tidak melebihi batas siku . potongan lengan baju yang tidak melebihi batas siku dapat menambah kesan macho.

Demikian ulasan dari kami 30 Style Model Batik Pria Lengan Pendek Trend 2019 yang dapat anada jadikan referensi dalam memilih baju batik.

 

38 Kemeja Batik Pria Lengan Panjang Eksklusif

April 21st, 2018

Kemeja Batik Pria Lengan Panjang Eksklusif – Memilih kemeja batik pria tentu berbeda ketika anda membeli gaun batik wanita. Karna jenis kemeja batik pria ini jumlahnya sangat terbatas. Kemeja batik sendiri bisa dikombinasikan dengan celana panjang jeans atau celana panjang kain, yang menampilkan kesan yang berbeda jika celana panjang kain cenderung untuk acara formal, sedangkan celana panjang jeans untuk acara yang lebih santai. Nah, di bawah ini akan menghadirkan beberapa model kemeja batik pria stylis yang dapat anda jadikan sebagai referensi bagi anda yang sedang mencari model batik pria lengan panjang :

 

Bagi anda yang sedang memilih motif batik ada baiknya sesuaikan dengan suasana acara yang akan anda hadiri, untuk acara formal dan istimewa anda bisa menggunakan motif yang besar pada kemeja anda. sedangkan motif kemeja batik khusus untuk ke kantor pilihlah motif berbentuk pola geometris yang bisa anda temukan pada batik Jogja dan Solo. Untuk acara yang lebih enjoy pilihlah kemeja dengan motif batik Pesisir yang luwes dengan style yang ceria.

Kemeja batik yang mahal, belum tentu cocok dengan kebutuhan dan kepentingan anda. Karna umumnya kemeja batik yang mahal dipengaruhi dengan sistem pembuatan dan jenis bahan yang digunakan. Jika anda ingin kesan kemeja yang mewah dengan harga yang terjangkau, kemeja batik Cap juga tak kalah mewah. Yang perlu di perhatikan ketika memilih kemeja adalah jahitan, pilihlah yang rapi dan bersih.

 

Untuk pemilihan bahan kemeja batik juga harus anda perhatikan untuk acara pesta, pilihlah kemeja berbahan satin. Kesannya yang mewah sama seperti kain sutra karena sama-sama memiliki permukaan yang licin dan juga bersinar. Sedangkan untuk kemeja yang anda gunakan ke kantor, pilihlah bahan yang tak mudah kusut dan mampu menyerap keringat dengan baik seperti pada kain katun.

bagaimana sobat batik sudah mendapatkan refrensi Kemeja Batik Lengan panjang untuk pria diatas? keren-keren kan? selamat mencoba, dan semoga menginspirasi.

45 Model Baju Batik Pria Masa Kini

March 21st, 2018

Model Baju Batik Pria Masa Kini – Batik sekarang ini menjadi sebuah kostum yang sangat banyak digunakan oleh pria dalam melengkapi penampilan mereka menjadi lebih menarik dalam berbagai hal. Karena selain sangat mudah ditemukan namun dari sisi harga juga model batik pria jika di bandingkan dengan wanita secara umum hampir lebih murah. Dalam ulasan kali ini kami akan sajikan beberapa contoh desain batik pria terbaik yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam berbusana sehingga makin tambah ganteng tentu saja dengan memilih kombinasi bawahan atau celana yang pas apakah menggunakan celana kain atau jeans sampai dengan pemilihan sepatu biasanya fantofel dan sepatu cets adalah opsi terbaik dan populer sampai sekarang.

Untuk kamu yang lebih suka tampil lebih sederhana maka tentu saja bisa mencoba batik pria lengan pendek ini dimana dari sisi warna lengan juga seimbang dengan bawahan yakni sama sama hitam polos dan memang warna polos adalah pilihan banyak orang karena semua atasan akan pas jika di sandingkan dengan warna ini.

Dengan memilih model desain baju batik pria yang modern dan cocok dipakai untuk busana pakaian anda sehari-hari dengan memilih model yang simple dan tidak terlalu ramai motif coraknya. Cari warna batik yang polos atau sesuaikan dengan warna celana yang anda miliki. Dengan memakai baju batik simple akan membuat penampilan menjadi lebih percaya diri dan membuat semakin berwibawa.

Seperti yang sudah admin sajikan diatas, jika dalam memilih kombinasi bawahan juga harus di perhatikan pada umumnya lelaki kebanyakan suka memasangkan batik yang mereka kenakan dengan bawahan celana kain polos misalkan kalian bisa mengambil warna yang netral seperti hitam di padukan dengan fantofel.

Untuk menyempurnakan penampilanmu memang sangat di butuhkan sekali rasa nyaman dalam berbusana entah menggunakan batik atau kemeja, rasa nyaman dalam berpakaian biasanya akan berpengaruh pada harga dan jenis bahan dasar pakaian itu sendiri, maka jangan takut membeli batik 1 atau 2 dengan harga mahal karena akan memberikan nilai dan kesan yang berbeda dalam berpenampilan.

16 Tips Keren Seputar Dapur dan Masak Memasak yang Perlu Ibu Ketahui

January 19th, 2018

Selain menjadi kegiatan rutin Ibu setiap hari, memasak adalah pekerjaan yang menyenangkan bagi siapa pun. Apalagi sekarang profesi Chef mendapat tempat tersendiri di dunia kerja, setelah banyak stasiun tv membuat program kuliner yang menghadirkan chef handal dalam acaranya.
Akan tetapi bagi pemula, memasak akan menjadi sangat merepotkan. Berikut kami tampilkan 16 Tips Keren Seputar Dapur dan Masak Memasak yang akan memudahkan pekerjaan kita di dapur.

Berikut ini 16 hal yang bisa membuat hidupmu lebih bermakna saat sedang berada di dapur:

 

1. Cara Mengupas Telur Rebus yang Masih Panas


Agar telur rebus tidak susah dikupas saat masih panas, kita bisa celupkan kedalam air es. Setelah itu kita bisa dengan mudah mengupas cangkang telur yang panas tadi.

2. Tusuk atau Lukai Cabe


Agar cabe tidak meletup-letup saat digoreng, kita bisa tusuk atau lukai sedikit cabe dengan pisau sebelum digoreng.

 

3. Membilas Sayur dengan Garam


Saat mencuci kangkung, arnong/selada air atau genjer serta tanaman air lainnya jangan lupa saat bilasan pertama bubuhkan sesendok garam lalu diamkan sejenak agar binatang-binatan kecil yang mungkin hidup dibatang dan daunnya mati. Biasanya yang hobi nongkrong disitu lintah, keong, ulat dan cacing air. Brokoli dan kembang kol juga sering ada ulatnya, jadi jangan lupa pula menggunakan cara ini.

4. Cuci Bersih Tahu dan Siram dengan Air Panas


Agar tahu lebih awet ketika disimpan, cuci bersih dengan air, kemudian siram dengan air panas, setelah itu lap dengan tisu dapur, simpan didalam tupperware, tutup rapat, kemudian letakkan didalam kulkas. Jika tahu adalah kualitas baik maka bisa bertahan selama 1 minggu.

5. Mengetahui Telur Busuk atau Tidak


Untuk mengetahui telur busuk atau tidak bisa gunakan tes apung air, jika mengapung diatas air itu tandanya telur sudah busuk.

6. Stabilkan Suhu Pada Telur yang Akan di Buat Kue
Ketika akan mengocok telur untuk berbagai macam kue, pastikan telur dalam keadaan suhu ruang/stabil, jangan dalam keadaan dingin, karena hal ini bisa membuat adonan tidak mengembang.

 

7. Jangan Simpan Sayur di Kulkas Menggunakan Plastik Kresek


Jika menyimpan sayuran di dalam kulkas, jangan menggunak tas plastik kresek, tapi gunakan koran atau majalah bekas. Sebab dengan cara ini bisa mencegah air embun sayuran menggenang yang bisa mengakibatkan sayur cepat busuk.

8. Menetralisir Bau Dalam Kulkas
Untuk menetralisir bau dalam kulkas, belah kentang dan letakkan di rak kulkas, kentang bisa menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas.

9. Gunakan Wajan Khusus untuk Menggoreng Ikan
Agar ikan tidak lengket dipenggorengan, gunakan wajan yang khusus untuk menggoreng, jangan sekali-kali menggoreng ikan diwajan yang pernah atau sering dipakai untuk menumis, sebab sudah pasti ikan yang digoreng akan lengket dan hancur ketika dibalik.

10. Menghilangkan Rasa Panas di Tangan Karena Cabe atau Sambal
Untuk menghilangkan rasa panas ditangan akibat terlalu lama berkontak dengan cabe atau sambal, bisa dilakukan dengan cara cuci bersih tangan dengan sabun sampai 2 atau 3 kali, kemudian di lap, dan masukkan tangan kedalam beras, benam dan remas-remas beras sebentar, dijamin rasa panas ditangan akan hilang.

 

11. Agar Mata Tidak Pedih Saat Mengiris Bawang


Agar mata tidak pedih ketika mengiris bawang merah, letakkan wadah berisi garam disamping talenan, dengan cara ini kita bisa menghindarkan mata dari rasa pedih.

12. Menghilangkan Kutu Beras
Agar beras tidak dirubungi kutu beras, letakkan sebungkus plastik yang berisi beberapa sendok kopi bubuk, kemudian beri sedikit lubang pada plastiknya. Kutu beras tidak suka aroma kopi, Dalam beberapa saat kutu akan keluar dan tidak akan kembali lagi.

13. Membersihkan Peralatan Masak yang Kotor Karena Kunyit
Jika peralatan masak kusam akibat noda dari bumbu yang berwarna seperti kunir/kunyit, atau panci yang terlalu sering dibuat merebus air jadi kekuningan. Segera ambil satu sendok baking soda, beri sedikit air, gosok-gosokkan ke panci, diamkan sebentar, lalu bilas. Jika masih ada noda bisa diulang lagi.

14. Memasak Daun Kates Supaya Tidak Pahit


Agar kembang kates, daun kates dan pare tidak terlalu pahit ketika dikonsumsi, sebaiknya di rebus bersamaan dengan daun jambu biji (caranya, rebus air, ambil beberapa lembar daun jambu biji, tunggu hingga mendidih, masukkan daun jambu, tunggu sampai kurang lebih 5 menit, masukkan kembang, daunkates, pare) diamkan sebentar, matikan api. Baru setelah itu tiriskan dan siap untuk dimasak sesuai selera.

15. Agar Tempe Tidak Mudah Busuk
Agar tempe tidak mudah busuk, jangan simpan tempe didekat garam.

16. Cara Menyimpan Daging di Freezer
Jika menyimpan daging di freezer, pastikan daging tidak keluar masuk freezer berulangkali, karena hal ini bisa membuat bakteri berkembangbiak. Sebaiknya potong-potong dulu dagingnya sesuai dengan perkiraan kebutuhan per tiapkali masak dan simpan di plastik kecil-kecil secara terpisah, sehingga ketika akan mengambil, bisa ambil seperlunya saja.