5 PERTOLONGAN PERTAMA SAAT MATA ANAK KELILIPAN

Pertolongan pertama saat anak kelilipan harusnya orangtua tahu. Sebab mata anak yang kelilipan atau terkena benda asing bisa membuat iritasi di matanya. Kebiasaan anak suka mengucek atau menggaruk mata, dapat menimbulkan rasa perih, kemerahan hingga kering. Namun semua itu bisa diatasi dengan segera. Berikut ini bantuan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menolong anak ketika matanya kemasukan benda asing alias kelilipan.

1. Mencegah anak mengucek atau menggosok matanya
Cegahnya anak Anda mengucek atau menggosok matanya. Seperti yang sudah disebutnya sebelumnya, mengucek mata bisa mengyebabkan iritasi di selaput mata. Bahkan kelopak matapun juga bisa lecet atau perih. Kebiasaan anak menggosok mata saat kelilipan harus selalu Anda cegah dan katakan jika perbuatan tersebut sangat tidak sehat untuk mata. Daripada terus mencegah, segera lakukan pertolongan selanjutnya.

2. Menggunakan kapas atau cotton bud
Selanjutnya ambil sedikit kapas atau cotton bud. Gunakan benda ini untuk mengangkat debu yang masuk ke dalam mata anak. Caranya basahi terlebih dahulu kapas atau cotton bud dengan air bersih lalu mintalah anak membuka matanya lebar-belar. Cari tempat yang terang supaya anda bisa melihat dimana debu menempel dimata. Angkat perlahan, pastikan mata anak tidak terluka dan selesaikan.

3. Menggunakan obat tetes mata
Selanjutnya, gunakan obat tetes mata khusus mata iritasi. Ketika mengangbil debu dimata menggunakan kapas atau cotton bud, terkadang mata anak masih memerah karena kelilipan. Supaya seluruh partikel atau debu keluar sempurnya, lebih baik gunakan obat tetes mata. Anda bisa mendapatkan obat tetes mata tersebut di apotik. Obat tetes mata akan membantu debu keluar dari dalam kelopak mata secara alami. Mintalah anak membuka matanya lebar-lebar lalu teteskan satu atau dua kali obat mata. Jika yang terkena debu kedua mata, maka Anda bisa meneteskan obat mata di kedua matanya.

4. Merendam mata ke dalam air matang
Jika menggunakan obat tetes mata belum bisa membuat debu atau partikel kecil keluar dari mata anak, Anda bisa gunakan cara lain yakni dengan memakai air matang. Langkahnya cukup sederhana, pertama siapkan satu baskom air matang atau air siap minum. Rendamkan wajah anak ke baskom secara perlahan dan minta ia membuka matanya. Atau lebih mudahnya bisa memakai alat khusus berbentuk gelas yang ukurannya selebar mata. Beri air atau larutan khusus kedalamnya dan letakkan di area mata. Selanjutnya minta anak membuka mata saat meletakkan gelas kecil tersebut.
Terpenting adalah, ketika langkah-langkah diatas masih belum bisa membuat mata anak membaik, sebaiknya segerala lakukan konsultasi pada dokter mata untuk mendapatka penanganan khusus.