LAKUKAN HAL INI SAAT ANAK TERSEDAK KOIN

Penyebab utama tersedak adalah makanan, koin, atau minuman. Biasanya terjadi pada anak usia dibawah 4 tahun. Ada juga mitos yanng beredar :Jika anak menelan koin, segera tepuk keras-keras punggungnya sampai koin keluar dari mulutnya. Namun faktanya, tindakan terbaik menangani tersedak koin sangat tergantung pada situasi dan usia anak.

Coba lakukan hal ini:
1. Jika anak Anda batuk-batuk, itu pertanda jalan napasnya mungkin terhalang sebagian. Memukul punggungnya bisa membuat posisi koin berubah dan menyebabkan jalan napasnya malah tersumbat sepenuhnya. “Biarkan dia batuk untuk mengeluarkan koinnya

2. Jika cara tersebut tidak berhasil, atau ia mencoba mengorek tenggorokannya, sehingga menjadi kebiruan dan tidak bisa batu atau batuknya lemah, segera bawa anak ke IGD rumah sakit.

3. Jika koin tertelan sepenuhnya, segera hubungi dokter. Bila posisi koin sudah masuk ke dalam kerongkongan atau perut, kemungkinan koin akan keluar dengan sendirinya saat balita Anda BAB. Kalau koin tidak keluar setelah 1 hari atau lebih, dokter mungkin perlu melakukan tindakan pembedahan untuk mengambil koin.