Pengertian Jenis-Jenis dan Contoh Konjungsi Terlengkap

By Solisa

Pengertian Jenis-Jenis dan Contoh Konjungsi Terlengkap
wahai sahabat seluruhnya, untuk artikel ini aku bakal share topik mengenai pengertian dan macam-macam konjungsi bagi sahabat seluruhnya. Nah seperti yg kita tahu, topik konjungsi yaitu salah satu topik ygwajib sahabat kuasai sebab nyaris disetiap jenjang tingkatan, sahabat tentu dapat berjumpa bersama topik ini.

untuk itulah sahabat perlu mempunyai pemahaman yg mendalam soal konjungsi atau kata hubung ini. Sebelum kita mengulas lebih dalam lagi, kita cari tahu dahulu pengertian konjungsi.

Konjungsi yaitu kata kerja yg fungsinya merangkai antarklausa, antarkalimat, dan antarparagraf.

pengertian simpelnya konjungsi atau kata hubung ialah kata yg dipakai buat menyambungkan 2 kalimat. Ada beberapa jenis konjungsi yg perlu sahabat ketahui. antara lain konjungsi intra kalimat dan antar kalimat. Nah keduanya kembali dibagi juga jadi beberapa bagian kembali yg lebih kompleks, namun untuk artikel ini kita bakal mengulas macam-macam konjungsi dan contohnya dgn mudah dan jelas. jadijikalau sahabat mau version yg lebih lengkapnya, sahabat dapat melawat ke artikel ini Pengertian dan Macam-Macam Konjungsi Beserta Contoh. Oke langsung saja kita mulai ulasan kita kali ini berkaitan jenis-jenis konjungsi dan contohnya, cekidot

Macam-Macam Konjungsi Beserta Contohnya

Seperti yg aku utarakan tadi, ada 2 sub susunan penguraian konjungis, yakni intra kalimat dan antarkalimat. Nah keduanya pun dibagi kembali jadi lebih khusus. Itulah yg bakal kita cari tahu seluruhnya. Berikut ini penjelasannya 🙂

#1. Konjungsi Intra Kalimat

Konjungsi intra kalimat dibagi jadi 2, yakni konjungsi koordinatif dan konjungsi subordinatif. Berikut ini penjabaran masing-masing konjungsi tersebut:

 Konjungsi Koordinatif ialah konjungsi yg menhubungkan dua klausa atau lebih yg mana memiliki posisi yg sama. misalnya: dan, tetapi, seterusnya, melainkan, tetapi, malahan, dulu, atau.
 Konjungsi Subordinatif ialah konjungsi yg menyatukan 2 klausa atau lebih yg memiliki posisi tak seimbang. misalnya: agar, apabila, jikalau, andai, seperti, bagai, sesudah, ketika, sehingga, sejak, ibarat, karena.
kemudian pada konjungsi subordinatif kembali ada pembagian pula, berikut ini pembagiannya:
• hubungan waktu, misalnya: sejak, ketika, supaya, sesudah, tatkala, sesudah, seraya, setelah, selagi, selesai, hingga, sementara, sambil, tatkala.
• hubungan syarat, misalnya kalau, mulai sejak, bila, manakala, apabila, bila.
• hubungan pengandaian, misalnya jikalau, andaikan.
• hubungan maksud, misalnya agar, supaya, biar.
• hubungan konsesif, misalnya meski, sedangkan, biarpun, walau
• hubungan pemiripan, misalnya sebagai, bak, seakan-akan, seperti
• hubungan penyebaban, misalnya karena, sebab.
• hubungan pengakibatan, misalnya maka, sehingga, karenanya.
• hubungan penjelaan, misalnya bahwa.
• hubungan cara, misalnya dengan, melalui

#2. Konjungsi AntarKalimat

uraian singkat berkenaan konjungsi antar kalimat, merupakan konjungsi yg menggandengkan 2 kalimat atau lebih yg mana digunakan guna menyebut maka yg berbeda-beda. untuk peletakannya dapat di awal kalimat, atau setelah tanda titik, tanda seru dan tanda tanya.
untuk contohnya antara lain: dengan demikian, terkecuali itu, melainkan itu, lagi pula, setelah itu, sebelum itu, namun.
Macam-Macam Konjungsi berdasarkan Fungsi
berdasarkan fungsinya, konjungsi dibedakan menjadi:
 Konjungsi temporal, fungsinya buat menjelaskan hubungan waktu antar peristiwa.
 Konjungsi perbandingan, fungsinya untuk mengaitkan 2 elemen denga mengandaikan keduanya.
 Konjungsi sebab (kausal), fungsinya untuk memaparkan bahwa sebuah elemen berlangsung sebab sebuah dikarenakan tertentu.
 Konjungsi akibat konsekutif( fungsinya bagi memberi tahu bahwa sebuah aspek berjalan yang merupakan ganjaran asal faktor lainnya.
 Konjungsi urutan, fungsinya pada memperlihatkan perkembangan satu buah hal.
 Konjungsi pertentangan, fungsinya untuk menggandengkan 2 kalimat yg seharusnya keduanya saling bertentangan

Nah aku rasa itu saja, jangan sampai lupa untuk topik lengkapnya sahabat dapat kunjungi www.informasibelajar.com yg linknya telah aku berikan pada tengah artikel tadi. Sekian artikel menyangkut macam-macam konjungsi dan contohnya, mudah-mudahan berguna dan janganlah lupa buat sharing dgn yg lain ya



categoriainfo commentoComments Off on Pengertian Jenis-Jenis dan Contoh Konjungsi Terlengkap dataJuly 20th, 2017

About...

This author published 221 posts in this site.

Share

FacebookTwitterEmailWindows LiveTechnoratiDeliciousDiggStumbleponMyspaceLikedin