Modal Kecil Yang Menghasilkan Untuk Besar, Bisnis Apa Itu?

By Solisa

Saat ini, ada banyak sekali berbagai peluang usaha baru bermunculan dan menghasilkan banyak wirausahawan baru di Indonesia. Tidak hanya pengusaha berskala besar tapi juga pengusaha kecil dan menengah, bahkan usaha kecil menengah saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Munculnya berbagai peluang usaha dengan modal kecil membuat orang untuk mencoba membangun usahanya sendiri.

Peluang bisnis dengan hanya memerlukan modal yang kecil dan menjanjikan penghasilan yang besar cocok untuk pemula yang ingin sukses merintis wirausaha. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari cara atau strategi kalian dalam menentukan target konsumen yang harus dibidik dengan tepat.

Berbicara sekilas tentang pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia saat ini, memang mempunyai peranan penting, dan telah banyak memberikan kontribusi yang cukup besar dalam meningkatkan perekonomian serta pembangunan negara. Sehingga bentuk peluang bisnis dan usaha yang paling sesuai bagi pemiliki modal kecil sebaiknya lebih mengedepankan kreatifitas, karena hal ini bertujuan agar mereka tetap mampu bersaing pada era ekonomi global seperti sekarang ini bahkan sampai masa yang akan datang.

Berikut ini adalah beberapa usaha atau bisnis yang hanya memerlukan modal kecil dan bisa menghasilkan untung yang besar.

  • Online Shop (Dropship)

Ini merupakan salah satu peluang bisnis yang paling mudah dan tidak terlalu rumit untuk dikerjakan. Untuk menjalankan bisnis ini, kalian hanya memerlukan smartphone dan melakukan promosi kepada saudara, teman, ataupun tetangga sekitar. Jika ada yang memesan barang, kalian hanya perlu menghubungi supplier barang dan mereka akan mengirimkan barang tersebut langsung ke pembeli kalian dengan menggunakan nama usaha kalian. Jangan pernah sepelekan bisnis yang satu ini, walaupun simpel tetapi hasilnya cukup menggiurkan, apalagi hanya membutuhkan modal yang sangat kecil bahkan tidak butuh sama sekali.

  • Jasa¬†Laundry

Di jaman yang serba praktis seperti saat ini, banyak orang berfikir pragmatis. “Dari pada waktu habis terbuang untuk mencuci pakaian, mending dilaundry saja.” Oleh karena itu, ide untuk membuka usaha laundry menjadi pilihan terbaik. Bisnis yang satu ini sangat mudah ditemukan, khususnya di daerah yang dekat dengan area kampus maupun tempat kerja. Hal paling utama yang perlu kalian pertimbangkan adalah pangsa pasar. Tempat yang terdapat banyak mahasiswa dan karyawan adalah lokasi yang paling tepat untuk membuka usaha ini. Modal yang diperlukan untuk membuka usaha yang satu ini pun tergolong minim mengingat hasil atau keuntungan yang dapat diterima lumayan besar.

baca juga: jasa riset pasar

  • Bisnis Menjual Pulsa Elektrik

Memulai bisnis dengan menjual pulsa elektrik saat ini sebenarnya cukup mudah dan murah. Hanya dengan modal awal kisaran 500rb saja kita sudah bisa mulai menjalankan bisnis ini, bisa dikerjakan di mana saja dan siapa saja. Bila kalian adalah seseorang yang aktif dalam sebuah network (organisasi) di mana anggotanya cukup banyak, atau anak kuliahan, maka peluang bisnis berjualan pulsa ini bisa sangat menguntungkan karena kalian  bisa menjualnya pada teman-teman yang berada pada network, organisasi, dan kampus tersebut. Namun, untuk menjalankan bisnis pulsa elektrik butuh keseriusan dan strategi pemasaran yang baik karena saat ini persaingan penjualan pulsa elektrik juga sudah cukup ketat.

  • Usaha Membuka Les Private/ Kursus

Dengan adanya batas standar kelulusan untuk setiap jenjang pendidikan dari pemerintah, membuat para orang tua berlomba-lomba untuk memasukkan anaknya ke beberapa tempat les private atau kursus terkenal. Biasanya untuk biaya bimbingan belajar di beberapa tempat tersebut harganya terbilang mahal. Nah, jika kalian memiliki kemampuan lebih dalam bidang tertentu, misalnya : keahlian dalam bahasa Inggris, komputer, matematika dan lain-lain, kalian bisa membuka jasa les private atau kursus di rumah atau bisa juga dilakukan di tempat lain tergantung situasi dan kondisi. Uniknya, pada zaman sekarang untuk menjalankan bisnis les private atau kursus bisa dilakukan secara online via internet. Di Indonesia sendiri saat ini sudah cukup banyak startup bisnis yang memberikan kemudahaan untuk les private/ kursus secara online.

  • Usaha Catering Makanan

Bagi kalian memiliki hobi memasak, kalian bisa mencoba untuk membuka usaha catering rumahan. Kalian juga bisa melakukan promosi pada saat acara keluarga, arisan, atau dari mulut ke mulut agar lebih dikenal oleh warga sekitar. Yang terpenting dalam memulai usaha kuliner adalah menciptakan rasa masakan yang tidak kalah dengan catering lain dan harganya bisa lebih murah.

 



categoriainfo commentoComments Off on Modal Kecil Yang Menghasilkan Untuk Besar, Bisnis Apa Itu? dataMarch 30th, 2019

About...

This author published 233 posts in this site.

Share

FacebookTwitterEmailWindows LiveTechnoratiDeliciousDiggStumbleponMyspaceLikedin