Jenis Ornamen Ruang Untuk Mendapatkan Interior Masjid Terbaik

By Solisa

Tempat ibadah umat islam adalah masjid yang memiliki area lebih luas dan mampu menampung banyak jamaan, namun tak jarang ada juga yang beribadah di musholla ataupun surau karena ukurannya yang lebih kecil dan banyak terdapat di kampung-kampung. Indonesia sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama islam, tentunya ada ribuan masjid dan musholla tersebar di Indonesia. Bahkan tak jarang ada masjid yang memiliki interior masjid terbaik.

jual karpet masjid

jual karpet masjid

Ketika islam pertama kali masuk ke Indonesia, penyebarannya tidak boleh memaksakan ajaran islam terhadap masyarakat asli yang sudah memiliki budaya tersendiri, oleh sebab itu penyebaran islam mengalami akulturasi dengan budaya lokal. Seperti contohnya adalah mukena, karena penyebutan mukena sendiri hanya ada di Indonesia. Mukena sebenarnya merupakan pakaian yang diadaptasi dari budaya jawa yang kemudian dimasukkan unsur islam sehingga pakaian mampu menutupi seluruh bagian tubuh ketika henda sholat. Begitu juga dengan masjid, arsitektur masjid dan interior masjid tak luput dari pengaruh budaya lokal. Namun perpaduan budaya inilah yang membuat Indonesia memiliki interior masjid terbaik.

Untuk memiliki interior masjid terbaik, ada banyak hal yang dapat dilakukan. Namun ada baiknya untuk mengenal lebih dalam mengenai jenis-jenis ornamen ruang yang dapat dihias didalam masjid terlebih dahulu.

  1. Ornamen dinding

Untuk menampilkan nilai estetika dari suatu ruangan, dinding yang dihias dapat membantu menonjolkan keindahan ruangan tersebut. Dengan menggunakan ornamen yang menyatu pada dinding yang disebut juga dengan relief, atau dinding yang dilukis dengan kaligrafi maupun bentuk-bentuk geometris islami akan membuat ruangan masjid akan menjadi semakin indah.

  1. Ornamen lantai

Ornamen pada lantai biasanya digunakan untuk menunjukkan batas ruangan, misalnya batas tempat sholat pria dan wanita. Selain itu ornamen pada lantai juga memili nilai estetis tersendiri, dengan menggunakan lantai atau marmer yang memiliki motif cantik dan diatur sedemikian rupa.

  1. Ornamen langit-langit

Biasanya ornamen yang digunakan pada langit-langit untuk mendapatkan keindahan dan menciptakan kenyaman didalam ruangan, dilukis dengan kaligrafi, bentuk geometris islami dan bahkan awan untuk mendapatkan kesan indah dan juga luas.

Referensi: http://jualkarpetmasjid.com/

 



categoriainfo commentoComments Off on Jenis Ornamen Ruang Untuk Mendapatkan Interior Masjid Terbaik dataDecember 15th, 2017

About...

This author published 209 posts in this site.

Share

FacebookTwitterEmailWindows LiveTechnoratiDeliciousDiggStumbleponMyspaceLikedin