Intip Beberapa Tips Dan Cara Untik Untuk Mengajarkan Pelajaran Matematika Bagi Anak

By Solisa

Bukan hal aneh lagi bahwa untuk matematika bukanlah pelajaran yang banyak digemari. Ada beberapa alasan yang membuat pelajaran hitung menghitung ini selalu dijauhi dan dinila sangat menakutkan.

Mulai dari tampilan bukunya yang tidak terlalu menarik sampai guru yang kebanyakan kejam saat mengajari. Anda butuh semacam pendekatan khusus sejak anak masih kecil dengan trik-trik matematika bagi anak TK. Jika Anda ingin mengajarkan matematika bagi anak TK, beberapa tips berikut ini dapat dengan mudah membantu Anda.

  • Manfaatkan Bagian Anggota Tubuh Anak Saat Mengajar

Bahkan sebelum anak akan masuk ekolah, Anda pasti pernah bertanya pada sikecil mengenai berapa jumlah telinga dan mata yang dia punya. Waktu dia mulai masuk sekolah, Anda bisa memberikan pertanyaan yang jauh lebih susah terkait dengan anggota tubuh mereka.

Ajak anak menghitung berapa jari yang dipunyainya dan berapa totalnya jika ditambah dengan jari Anda. Cara lain mengajarkan matematika untuk anak TK adalah dengan meminta mereka memperlihatkan umur lewat jari.

  • Manfaatkan Buku Cerita

Jika anak gemar mendengarkan cerita sebelum tidur, melibatkan matematika sambil mendongeng adalah ide yang bagus. Anda dapat mengajaknya menghitung berapa jumlah daun yang jatuh atau berapa jumlah apel yang ada di atas pohon dalam cerita. Dengan cara ini, anak tidak akan merasa jika Anda tengah mengajaknya belajar berhitung.

  • Manfaatkan Beragam Cara Unik

Matematika sebenarnya bukan hanya masalah untuk hitung menghitung. Pemikiran inilah sebenarnya yang membuat kenapa pelajaran ini terlihat sangat menakutkan. Jika sikecil punya ketakutan semacam itu, gunakan strategi beragam. Hubungkan semua hal di area Anda dengan matematika.

Anda dapat menanyakan padanya tentang apa bentuk sereal yang tengah dia makan atau berapa jumlah sepatu yang dia miliki. Di akhir, Anda bisa memberikan pemahaman padanya bahwa semua yang Anda tanyakan itu khususnya cara untuk mengajarkan matematika untuk nya.

  • Manfaatkan Beberapa Penilaian Guna Mengukur Kemampuan Anak

Meskipun mengajarkan matematika bagi anak TK tidak dapat terstruktur seperti usianya, Anda tetap harus menerapkan beberapa evaluasi. Observasi perkembangannya dengan menggunakan teknologi. Saat anak sedang bermain peran atau mengerjakan tugas hitungan yang Anda berikan, rekam kegiatan itudengan memakai ponsel. Anda dapat menontonnya lagi untuk melihat seberapa besar perkembangannya dalam mengetahui pelajaran yang Anda berikan.

  • Manfaatkan Sistem Dramatisasi

Salah satu cara mudah mengajarkan matematika untuk anak TK adalah dengan memakai sistem dramatisasi. Anda bisa mengajarkan aritmatika dengan memberikan contoh yang mengikutsertakan anak bergerak secara terus terusan.

  • Manfaatkan Mainan Anak Sebagai Media Belajar

Ini adalah salah satu cara belajar yang seru dan pasti digemari sikecil. Gunakan blok mainan, Lego atau mobil-mobilan yang mereka punya. Ajak sikecil menghitung serta mengelompokkan mainannya berdasarkan kategori tertentu. Anda juga dapat bermain drama dengan memintanya berpura-pura berbelanja mainan serta minta anak menghitung jumlahnya pada akhir permainan.

  • Melatih Kemampuan Masalah Berhitung Pada Anak

Coba buat skenario serta biarkan anak memikirkan dengan imajinasinya sendiri. Misalnya, Anda akan merayakan ulang tahunnya pada bulan depan.

Buat simulasi berapa orang temannya yang akan Anda undang serta berapa buah kue yang harus Anda siapkan jika masing-masing tamu undangan wajib memperoleh 3 kue. Anda bisa menentukan besaran angka dan tingkat kesulitan soal mengenai dengan usia dan kemampuan anak.

Mengajarkan matematika untuk anak TK bukan hanya dari tugas guru saja. Anda sebagai orang tua juga dianjurkan untuk berperan aktif. Dengan memberikan dasar-dasar yang terbaik sejak dia masih di rumah akan membuatnya semakin jago saat menerima pelajaran di sekolah kelak.

referensi dari 159.65.63.172



categoriainfo commentoComments Off on Intip Beberapa Tips Dan Cara Untik Untuk Mengajarkan Pelajaran Matematika Bagi Anak dataOctober 1st, 2019

About...

This author published 230 posts in this site.

Share

FacebookTwitterEmailWindows LiveTechnoratiDeliciousDiggStumbleponMyspaceLikedin