Bolehkah Anak Bermain Game di Handphone

By Solisa

Zaman sekarang handphone bukan lagi hal yang aneh dan asing bagi setiap orang. Pasalnya, dengan menggunakan berbagai peralatan canggih tersebut, semua hal yang dulunya sulit menjadi mudah. Namun pemanfaatan yang tidak benar justru bisa mencelakakan diri sendiri, terlebih bagi anak-anak.

Anak yang bisa dikatakan belum memiliki pertumbuhan intelektual dan nalar yang baik, membuatnya suka akan hal baru tanpa mempedulikan risiko kedepannya. Termasuk saat main handphone, mereka yang awalnya cuma tertarik lalu berujung minta dibelikan handphone sendiri yang bagus. Akhirnya kecanduan yang membuatnya setiap saat tidak bisa terlepas dari handphone.

Namun yang menjadi permasalahan utama disini adalah pantaskah anak kecil dibelikan handphone? Untuk mengetahui permasalahan ini, marilah kita perdalam lagi tentang hal ini seperti yang dijelaskan oleh bolehkah.com.

Bolehkah Anak Bermain Game di Handphone?

Peranan orang tua dalam membatasi penggunaan handphone bagi anak sangatah penting. Bahkan bila perlu, jangan belikan mereka handphone sendiri agar tidak menjadi candu yang menghalangi aktivitas belajarnya.

Pada dasarnya, gak ada larangan bagi anak-anak untuk bermain game di handphone. Karena game itu bisa menjadi sarana untuk mengurangi stress atas beban pelajaran di sekolah.

Yang harus dihindari adalah bermain game berlebihan. Selain mampu membuat anak malas belajar, paparan sinar ponsel juga membuat mata pegal dan leher menjadi sakit. Bila hal ini terus dibiarkan, dapat mengganggu perkembangan IQ maupun EQ anak dan mengganggu kesehatannya dalam jangka panjang.

Agar anak tidak kecanduan game, kita bisa melakukan beberapa langkah. Berikut diantaranya:

  1. Alihkan dengan aktivitas fisik

Misalnya masukan anak ke kelas olahraga atau esktrakurikuler di sore hari. Sehingga selain menyehatkan, mampu melatih sosialisasi, juga dapat meminimalisir main game. Karena setelah mereka lelah di malam hari, pasti akan langsung tidur, tidak main game sampai larut malam.

  1. Beri handphone di usia yang tepat

Menurut beberapa penelitian, handphone tidak dibutuhkan untuk anak dibawah usia 13 tahun. Bahkan anak SMP pun belum terlalu membutuhkan handphone sebenarnya. Jadi orang tua harus pandai dalam membatasi penggunaan handphone setiap harinya.



categoriainfo commentoComments Off on Bolehkah Anak Bermain Game di Handphone dataOctober 11th, 2017

About...

This author published 213 posts in this site.

Share

FacebookTwitterEmailWindows LiveTechnoratiDeliciousDiggStumbleponMyspaceLikedin