Apa Itu Investasi dan Pengertian Menurut Para Ahli

By Solisa

Hampir semua orang tahu apa itu investasi, karena dalam kegiatan sehari-hari sudah serig mendengar kata investasi. Bisa jadi selain mendengar mungkin ada sebagian yang sudah terjun kedunia investasi. Meskipun pengertian investasi sering terdengar, pasti ada yang belum mengetahui secara detail mengenai apa itu investasi. Secara singkatnya bisa disebut juga sebagai penanaman modal.

 

Untuk secara detailnya investasi adalah dapat diartikan kegiatan meluangkan/memanfaatkan waktu, uang maupun tenaga dengan harapan mendapatkan keuntungan/manfaat di masa datang. Jadi lebih mudahnya investasi adalah membeli sesuatu yang akan dijual kembali dengan mengharapkan bisa mendapat keuntungan atau nilai yang lebih tinggi dari saat kita mendapatkan (membeli) barang tersebut.

Apa Itu Investasi?

Dalam dunia investasi cakupannya cukup luas arti ilmu definisi investasi bukan hanya di bidang finansial saja sebenarnya. Misalnya investasi pendidikan. Sebenarnya pada prinsipnya sama mendapatkan dengan mengharapkan keuntungan dikemudian hari. Seperti investasi pendidikan tentu saja dari kegiatan ini kita menginginkan kedepannya akan menjadi lebih baik. Seperti dalam hal mendapatkan pekerjaan, pengetahuan dan lain sebagainya. Namun kali ini bukan untuk membahas investasi dalam artian yang luas namun ingin membahas yang cenderung berhubungan dengan finansial. Karena Biasanya masyarakat pada umum mengenal investasi itu tidak jauh dari kata finansial dan keuntungan.

Investasi sebenarnya sudah sangat dikenal sejak zaman nenek moyang dulu. Namun mungkin caranya saja yang berbeda, karena dulu masih dilakukan secara tradisional/sederhana yang intinya agar bisa mendapatkan keuntungan. Contoh sederhananya yang sering dilakukan nenek moyang kita dulu adalah membeli ternak dan dipelihara beberapa tahun setelah besar ternak tersebut dijual. Atau menjualnya saat memerlukan uang secara mendesak. Beda lagi di zaman sekarang terutama yang sudah tinggal diperkotaan investasi yang dilakukan juga lebih modern bahkan skalanya juga bisa lebih besar. Seperti memutarkan uangnya (modal) di Investasikan dengan cara membeli properti, ada juga yang di saham, emas, obligasi mata uang dan masih banyak lagi.

Intinya di zaman canggih dan serba modern seperti sekarang ini terutama di kota jenis investasi lebih banyak pilihan dan sudah dilakukan dengan cara yang modern. Investasi zaman dulu dengan zaman modern semua itu pada intinya sama saja yaitu ingin mendapatkan keuntungan dari kegiatan yang dijadikan investasi.

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

  • Haming dan Basalamah

“Menurut Haming dan Basalamah, Investasi adalah pengeluaran saat sekarang untuk membeli aktiva real seperti tanah, rumah, mobil, dan lain-lain atau juga aktiva keuangan memiliki tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi di masa yang mendatang. Lalu dikatakan jika investasi adalah suatu aktivitas yang berkaitan erat dengan usaha penarikan sumber-sumber atau dana yang digunakan untuk mengadakan barang modal pada saat sekarang dan dengan aliran produk baru di masa yang akan datang.”

  • Mulyadi

“Menurut Mulyadi, Investasi adalah pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang untuk mendapatkan hasil laba di masa yang akan datang.”

  • Sunariyah

“Menurut Sunariyah, Investasi adalah penanaman modal untuk satu ataupun lebih aktiva yang dimiliki dan juga biasanya berjangka waktu lama dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang.”



categoriainfo commentoComments Off on Apa Itu Investasi dan Pengertian Menurut Para Ahli dataMarch 17th, 2019

About...

This author published 222 posts in this site.

Share

FacebookTwitterEmailWindows LiveTechnoratiDeliciousDiggStumbleponMyspaceLikedin