7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Saat Ingin Mendesain Dan Mendekorasi Bisnis Restoran Anda

By Solisa

Saat mengunjungi sebuah restoran, pelanggan punya alasannya tersendiri untuk berlama-lama. Ada yang pergi karena suka dengan menu yang ditawarkan, pelayanan yang ramah, harga menu, hingga karena suasana dan dekorasi restoran yang terasa nyaman.

Para pemilik usaha restoran pun biasanya akan berusaha untuk melakukan yang terbaik supaya restorannya bisa memberi kesan nyaman pada para pengunjung. Tak jarang pebisnis kuliner akan mengoptimalkan desain dan dekorasi dari restoran tersebut.

Ya. Terkadang kesuksesan sebuah restoran tidak hanya karena menu, harga, maupun lokasi. Nuansa nyaman yang ditawarkan bagi para pengunjung pun menambah nilai tersendiri.

Nah, bagi Anda yang menjalankan restoran dan mungkin sedang mencoba menambah kenyamanan para pelanggan lewat desain dan dekorasi restoran, berikut beberapa tips yang kami sudah rangkum untuk diperhatikan saat ingin mendesain dekorasi bisnis restoran:

  • Tegaskan kembali tema restoran yang dimiliki

Cobalah tentukan tema restoran yang sesuai dengan image yang ingin ditampilkan kepada pelanggan. Dengan menentukan tema, akan lebih mudah bagi Anda untuk mendekorasi tempat. Tema tersebut bisa saja berhubungan dengan menu yang disajikan, atau bisa juga berhubungan dengan hal lain seperti konsep restoran ini sendiri, misalnya.

  • Perhatikan pemilihan warna

Warna adalah salah satu hal penting dalam mendesain dekorasi suatu ruangan. Pilihan warna yang tepat membuat segalanya terlihat lebih menarik. Bahkan menurut para ahli psikologi, warna memiliki dampak penting bagi otak manusia. Misalnya saja seperti warna merah. Pasti sering kita lihat restoran yang bernuansa merah? Warna merah sendiri merupakan warna yang dianggap menarik untuk dipandang (eye-catching). Selain itu warna merah dipercaya bisa menstimulasi nafsu makan.

Tak hanya itu saja, warna-warna lain juga punya maknanya sendiri-sendiri. Hijau yang dianggap sebagai warna yang membuat orang merasa santai, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, cobalah untuk memilih warna yang tepat bagi bisnis restoran Anda.

  • Dekorasi lingkungan dan area makan

Fokuslah juga pada bagian area makan, dimana nantinya setiap pelanggan yang datang akan makan dan minum di situ. Mungkin Anda tidak harus membeli kursi mewah seharga jutaan rupiah, namun setidaknya pastikan nantinya para pelanggan yang duduk di situ benar-benar bisa merasa nyaman duduk berlama-lama.

  • Tata pencahayaan

Sadar atau tidak, bagian lighting atau pencahayaan juga penting. Apalagi pencahayaan di tempat seperti restoran. Pencahayaan yang bagus dan tepat ternyata bisa membuat tempat terlihat lebih menarik hingga menyembunyikan kekurangan-kekurangan yang ada. Beberapa restoran yang ingin memberikan kesan romantis biasanya bahkan melengkapi area makan dengan lilin supaya tercipta kesan intim.

Beberapa restoran lain yang ingin dikenal lebih luas melalui media sosial, biasanya juga memperhatikan lighting dengan serius. Tujuannya tentu membuat restoran tersebut terlihat instagramable.

  • Dekorasi ruang tunggu

Selain area makan, dekorasi ruang tunggu yang baik juga diperlukan. Terkadang saking penuhnya restoran, beberapa pelanggan bahkan mau tidak mau harus menunggu sebelum benar-benar bisa duduk di area makan. Nah, jika ruang tunggu tidak nyaman, bisa-bisa pelanggan merasa tidak nyaman juga, lalu memutuskan untuk pergi dan pindah ke restoran lain.

Maka dari itu, cobalah untuk tetap memberikan kesan nyaman di ruang tunggu.

  • Pemilihan musik

Kebanyakan restoran akan berusaha menambahkan latar belakang musik supaya suasana semakin terasa nyaman. Nah, pilihan musik ini bisa disesuaikan dengan tema atau konsep restoran itu sendiri.

  • Dekorasi di bagian produksi

Bagian produksi seperti dapur hingga tempat penyimpanan juga perlu untuk diperhatikan. Jika bagian produksi berantakan dan tidak tertata, maka selain pekerja tidak nyaman, bisa-bisa pekerjaan menjadi tidak efisien dan terganggu dan anda bisa membaca referensi sinergy world.



categoriainfo commentoComments Off on 7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Saat Ingin Mendesain Dan Mendekorasi Bisnis Restoran Anda dataApril 14th, 2019

About...

This author published 213 posts in this site.

Share

FacebookTwitterEmailWindows LiveTechnoratiDeliciousDiggStumbleponMyspaceLikedin