Gejala Kista Endometriosis Salah Satu Penyebab Sulit Hamil


Tubuh manusia memang sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Baik pria dan wanita sangat mudah terserang penyakit. Namun ada juga penyakit yang hanya menyerang pria maupun menyerang wanita. Seperti kista coklat atau yang lebih dikenal dengan sebutan kista endometriosis. Adapun beberapa gejala kista endometriosis.

Endometriosis merupakan adanya pertumbuhan jaringan endometrium pada dinding luar rahim. Bahkan jaringan endometrium tersebut dapat tumbuh ditempat yang tidak sewajarnya seperti di rahim. Tentunya ini bukanlah sesuatu abnormal yang terjadi pada wanita.

Gejala awal terjadinya endometriosis dari dalam tubuh adalah timbulnya rasa sakit yang berlebihan saat menstruasi. Hal ini karena luruhnya darah-darah di jaringan endometrium tidak bisa seutuhnya, hingga mengendap didalam tubuh. Beberapa wanita dapat mengalami pingsan saat menderita endometriosis.

Karena warna jaringan endometriosis yang tumbuh pada tubuh berwarna cokelat, sehingga jaringan seperti ini disebut dengan kista coklat. Selain itu ada beberapa gejala lain yang muncul ketika anda mengalami endometriosis.:

Gejala Kista Endometriosis

Penderita akan mengalami rasa sakit yang berlebihan saat menstruasi. Rasa sakit seperti ini akan muncul sepanjang masa menstruasi. Sakit akan terasa di bagian panggul, perut bagian bawah. Adapun gejala kista endometriosis lainnya yakni perut yang selalu terasa kembung, adanya darah saat buang air kecil, dan juga timbul rasa sakit saat berhubungan seks pada tubuh seseorang.

Adapun gejala lain yang sering muncul pada penderita kista coklat yaitu:

– Diare
– Konstipasi
– Mual

Penyebab Kista Coklat

Hingga saat ini penyebab spesifik terjadinya kista coklat belum diketahui. Karena belum ada bukit yang kuat terjadinya kista. Adapun beberapa hal yang disebut sebagai penyebab endometriosis adalah beberapa hal berikut.

Menstruasi Retrogade

Menstruasi retrograde merupakan menstruasi yang terjadi secara tidak wajar. Dimana darah menstruasi yang berbalik arah. Darah yang harusnya keluar melalui vagina, tetapi menstruasi retrograde membuat darah kembali naik ke tuba fallopi lalu masuk ke rongga perut.

Masalah Sistem Imum

Sistem imun menyebabkan sel-sel pada endometrium yang tumbuh di luar dinding rahim dan kekebalan tubuh tidak mampu menyikirkannya.

Penyebab lain dari terjadinya kista cokelat adalah faktor genetik. Serta faktor menstruasi yang tidak normal akan menyebabkan seseorang mengalami endometriosis pada tubuhnya. Wajar bagi anda untuk terus menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari masalah tersebut.

Kondisi jaringan endometrium bisa tumbuh dimana saja, tidak hanya dibagian luar rahim. Bahkan beberapa penderita ditemukan jaringan endometrium pada otot rahim, dan dikenal dengan sebutan adenomyosis.

Komplikasi dari Kista Endometriosis

Adapun beberapa komplikasi yang muncul dari kista jenis ini adalah kemandulan. Banyak wanita yang mengalami endometriosis dan mereka mengalami sulit hamil. Namun ketika anda sudah didiagnosis endometriosis bukan berarti anda harus menunda kehamilan.

Kesulitan hamil bagi penderita endometriosis disebabkan oleh kualitas sel telur. Hal ini dikarenakan sel telur yang sudah terpapar oleh radikal bebas akibat dari faktor lingkungan. Selain itu, endometriosis juga menyebabkan cadangan sel telur menurun. Terlebih jika sel telur sehat terancam oleh jaringan endometrium yang semakin membesar. Komplikasi lainnya adalah bisa terjadi kista ovarium, dan kanker ovarium pada tubuh.

Pengobatan

Pengobatan yang dilakukan untuk menyembuhkan kista cokelat adalah dengan cara operasi. Operasi dilakukan jika kista yang tumbuh sudah membesar melebihi 4 cm. operasi dilakuakn untuk mengindari jaringan endometriosis semakin membesar dan agar anda tetap bisa hamil.

Category: kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*