Keunggulan Mebel Jepara yang Wajib Diketahui

Siapa yang tidak mengenal mebel asal Jepara. Produk satu ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan hingga ke manca negara. Produsen-produsen mebel pun banyak bertebaran di kota ukir ini. Ada beberapa hal terkait mebel Jepara yang menjadikannya sebagai favorit. Hal-hal inilah yang perlu diketahui pemburu furniture.

meja makan jepara
Beberapa Kelebihan Mebel Jepara

1. Ukiran Khas
Sudah tidak diragukan lagi yang paling menarik dari mebel Jepara adalah ukirannya yang khas. Banyak motif-motif ditawarkan, mulai dari hewan, tumbuhan, batik, dan masih banyak lagi. Ciri khas ini juga yang menjadikan Jepara sebagai kota ukir. Proses pembuatannya juga terbilang masih manual. Pengrajin mebel biasa membuat ukiran dengan tangan dan menggunakan tatah atau alat ukir lain. Setelah dipahat, selanjutnya ukiran tersebut dihaluskan menggunakan amplas agar lebih terlihat rapi dan halus. Sedangkan pewarnaannya biasanya di bagian akhir bersama body mebel.

2. Tahan Lama
Alasan lain dari pemilihan mebel ini adalah ketahanannya. Mebel dari Jepara dikenal kokoh dan kuat hingga bertahun-tahun. Selain dapat dipajang atau digunakan dalam ruangan, produk kota ukir ini juga tidak masalah saat ditaruh di teras atau out door. Perlu diketahui bahwa produk satu ini tahan terhadap air juga. Jadi aman saat tersiram air atau terkena hujan. Keunggulan berikutnya yaitu tahan rayap. Sehingga jangan khawatir jika perabot rumah Anda akan rusak karena serangan serangga.

3. Materialnya Berkualitas
Hal yang membuat mebel asal kota kelahiran Ibu Kartini tahan lama, tak lain adalah materialnya. Bahan dasar kayu jadi yang dipilih hanyalah kayu dengan kualitas unggulan dan usianya sudah diperhitungkan dengan pas.

Kebanyakan kayu jati yang digunakan adalah yang mengandung minyak alami. Kandungan inilah yang menyebabkan mebel Jepara tahan terhadap serangan rayap juga air. Selain itu, jati di Indonesia juga dikenal memiliki kualitas terbaik saat dibandingkan dengan kayu Jati dari negara tetangga seperti Filipina, Thailand, dan India. Saking berkualitasnya bahan dasar yang digunakan, produk-produk mebel tersebut bisa bertahan hingga puluhan tahun. Apalagi jika semakin tua dan lama usianya, maka harganya juga semakin bertambah tinggi.

4. Ragam Pilihan
Keunggulan selanjutnya yaitu karena banyak pilihan produk yang ditawarkan. Ada almari, jam gantung, kursi, meja, dan lain-lain. Semuanya dibuat tanpa meninggalkan ukiran khas Jepara dan tentunya kualitasnya juga tidak diragukan lagi. Jadi sangat cocok apabila Anda mencari perabot rumah yang seragam. Meski sudah tersedia beraneka macam pilihan, konsumen juga tetap bisa memesan produk mebel Jepara sesuai dengan keinginan. Custom tersebut bisa dari ukurannya, desainnya, jumlah, warna, hingga bentuk ukirannya. Sedangkan harganya bisa menyesuaikan.

5. Mudah Ditemukan
Saking terkenalnya tidak sulit untuk menemukan mebel khas Jepara. Banyak sekali toko perabot yang menjual produk ini. Tidak hanya secara offline, banyak juga penjual online yang menawarkan mebel-mebel dari kota ukir ini. Jadi, bagi Anda yang tertarik membeli mebel maka tidak usah khawatir. Pilih saja toko yang sudah terpercaya dan pastikan produknya benar-benar dari Jepara. Saat ini penjualnya sudah bertebaran di banyak kota, atau bisa juga dengan memesan langsung dari produsen di Jepara.

Itulah keunggulan mebel Jepara dibandingkan mebel dan perabot lain. Sebelum membeli, terlebih dahulu pastikan bahannya benar-benar kayu jati berkualitas. Selain itu, kedalaman dan motif ukirannya juga. Jangan mudah terkecoh dengan harga murah, karena biasanya produk yang berkualitas harganya juga lumayan.

 

 

This entry was posted in Furniture, Rumah, Tips and tagged . Bookmark the permalink.