Mau Beli Laptop Tapi Bingung Mau Pilih Yang Mana? Ini Tipsnya

Laptop saat ini bukan lagi barang mewah yang berharga sangat tinggi seperti beberapa tahun yang lalu. Harga laptop semakin hari semakin terjangkau. Hanya dengan merogoh kocek sekitar 3 jutaan, anda sudah bisa membawa pulang sebuah laptop dengan spesifikasi yang cukup.

Namun, kadang memilih laptop mana yang cocok buat kita bisa menjadi pekerjaan yang gampang-gampang susah. Sangat banyak tipe dan model laptop yang beredar di pasaran, khususnya untuk pasar Indonesia. Sebut saja laptop merk Asus, Acer, Lenovo, Hewlett-Packard dan lain sebagainya. Dengan sangat banyaknya pilihan laptop tersebut, mungkin anda akan merasa bingung untuk membeli laptop yang seperti apa yang terbaik untuk anda. Nah, di tulisan ini saya akan membagikan beberapa tips bermanfaat buat anda yang lagi galau soal memilih laptop.

1.     Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Ya, inilah tips pertama yang wajib diperhatikan, karena membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan akan memberikan kepuasan tersendiri. Misal, jika laptopnya nanti hanya akan digunakan untuk mengetik dokumen, membuat presentasi dan beberapa pekerjaan lainnya menggunakan program semacam MS Office, Laptop dengan spesifikasi prosesor dual-core Intel Celeron sudah cukup untuk memadai. Lain lagi kalau laptopnya mau digunakan buat bermain game atau editing video, sebaiknya cari laptop yang sudah mempunyai Dedicated VGA (Misal VGA jebis Nvidia) dan minimal prosesor Intel Core i5.

 

2.     Berapa Budget Yang Tersedia?

Budget juga tak kalah pentingnya dibandingkan point nomor satu di atas. Kalau budget anda misalnya cuma 3 jutaan yang dialokasikan buat beli laptop, maka kemungkinan spesifkasi laptop yang akan anda dapatkan adalah prosesor dual-core dan RAM 2GB. Namun, jika dengan budget di atas 6 jutaan, anda bisa mendapatkan laptop berprosesor Intel Core i5.

 

3.     Beli Yang Bergaransi Resmi

Garansi laptop ada 3 jenis secara umum; garansi resmi, garansi distributor dan garansi toko. Dari ketiga garansi itu, anda sangat disarankan untuk membeli di toko (offline maupun online) yang memberikan garansi resmi. Keunggulan laptop yang bergaransi resmi antara lain:

  • Barang beserta komponen lebih terjamin luar dan dalam, pasti original
  • Bisa klaim garansi di seluruh Indonesia, atau bahkan di bisa diklaim di luar negeri seperti laptop merk Asus dan Acer
  • Apabila laptop mengalami kerusakan dan komponennya harus diganti, maka bisa dipastikan komponen pengganti nanti akan diberikan komponen yang original juga

 

4.     Cari Yang Garansinya Lebih Lama

Biaya reparasi atau perbaikan laptop saat ini masih sangat mahal, misalnya untuk biaya penggantian layar yang terkena “dead pixel”, dibutuhkan dana sekitar Rp 1,5 Juta. Komponen yang lain juga hampir sama mahalnya. Untuk itu langkah lebih baik jika membeli laptop yang masa garansinya lebih lama, misalnya laptop merk Asus yang memberikan garansi service + sparepart selama 2 tahun.

Demikianlah beberapa tips yang patut diperhatikan jika anda ingin membeli laptop. Empat point yang telah dituliskan di atas sudah memenuhi faktor utama yang perlu diperhatikan saat akan membeli sebuah laptop. Semoga tulisan ini memberikan manfaat untuk anda.

 

This entry was posted in Gadget, komputer and tagged , , . Bookmark the permalink.