browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Ini Bacaan Doa Untuk Orang Yang Meninggal Laki – Laki Dan Perempuan

Posted by on

Ini Bacaan Doa Untuk Orang Yang Meninggal Laki – Laki Dan Perempuan

Setiap yang bernyawa tentu akan mengalami kematian. Termasuk juga kita sebagai manusia tentu akan tiba waktunya untuk kita kembali kepada Allah dan harus mempertanggungjawabkan atas apa yang telah kita lakukan selama hidup di dunia.

Hal tersebut seperti yang terdapat dalam Al – Quran Surat An – Nisa ayat 78, yang artinya, “Dimana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu didalam benteng yang tinggi lagi kokoh.”

Karena itu, kematian seseorang bisa menjadi sebuah pengingat bagi kita bahwa kita juga kelak akan mendapatkan gilirannya. Ketika ada orang lain yang meninggal, terutama sesama muslim, maka sudah seharusnya kita memanjatkan doa dan melafalkan doa untuk orang meninggal. Salah satunya adalah dengan mengucapkan doa ini :

“Innalillahi wa innaa ilaihi raaji’uun”

Artinya : “Sesungguhnya semua ini hanyalah milik Allah, dan hanya kepada-Nya kami kembali.”

Kemudian diikuti lafadz : “Allahummaghfirli wa lahu wa’qibni minhu ‘uqba hasanah”

Artinya : “Ya Allah, ampuni diriku dan dia serta berikan kepadaku darinya pengganti yang lebih baik.”

Dengan mengucapkan doa untuk orang meninggal diatas, selain kita mendoakan jenazah, namun kita juga jadi bisa untuk mengingat kembali tentang kematian.

Ketika ada orang laki – laki yang meninggal, terutama dia adalah sesama muslim maka bacakanlah doa dan Anda juga bisa berikan doa tambahan khusus. Berikut bacaan doa khusus untuk orang meninggal laki – laki :

“Allahummaghfirlahu warhamhu wa‘aafihi wa‘fu anhu wa akrim nuzu lahu wa wassi’ madkhola, waghsilhu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqihii minal khathaaya kamaa yunaqqats-tsawbul abyadhu mjnad danasi wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wazaujan khairan min zaajihi, wa adkhilhuljannata wa ‘aidzhu min ‘adzaabilqobri wafitnatihi wamin ‘adzaabinnaari.”

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukannlah dia kedalam surga, dan lindungilah dia dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Sementara ketika ada orang perempuan yang meninggal, terutama seorang muslimah, baca doa khusus ini :

“Allahummaghfir laha warham ha wa ‘aafihi ha wa‘fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots-tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnatihi wa min ‘adzaabin naar.”

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, lebih baik dari yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukannlah dia kedalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”