browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Daftar Genre Video Game Beserta Penjelasannya

Posted by on

Daftar Genre Video Game Beserta Penjelasannya-Banyak genre game yang bisa dimainkan, namun meski sering memainkan game tertentu, bisa jadi Anda belum tahu nama genre dari game tersebut. Atau bisa jadi ada beberapa nama genre yang asing didengar meski gameplay-nya telah akrab dimainkan.

Genre  Video Game

Genre Video Game

Artikel Terbaru ini untuk memberikan informasi yang cukup lengkap tentang berbagai genre video game, penjelasan, contoh game serta video yang bisa memberikan gambaran gameplay seperti apa genre tersebut. Adapun daftar dari genre video game, sebagai berikut:

Stealth game
Sesuai namanya, game-game di genre ini menitikberatkan aspek sembunyi-sembunyi meskipun sebetulnya mereka masih masuk ke kategori action. Beberapa game lawas memang menyimpan elemen stealth, namun ia baru betul-betul memperoleh sorotan berkat kesuksesan Metal Gear Solid, Tenchu dan Thief judul terakhir ini ialah pionir game stealth bergrafis 3D di PC.

Dari sana, berkembang begitu pesat, melahirkan franchise-franchise ternama, misalnya Splinter Cell dan Hitman. Uniknya formula stealth ini juga diadopsi oleh game action lain, yaitu Assassin’s Creed, Crysis, Uncharted, sampai dua permainan Fallout terbaru. Sementara Film interaktif muncul di masa ketiga belum adanya sistem klasifikasi yang memisahkan kategori genre. Awalnya, ia disuguhkan dalam video full-motion baik animasi ataupun live-action via laserdic. Seperti genre lainnya, interactive film turut berevolusi, dan terobosan terbesar di sana dilakukan oleh Quantic Dream lewat Fahrenheit.

Sejak saat itu, developer Perancis ini menjadi pemuka di ranah interactive movie dengan kreasi-kreasi terkenal seperti Heavy Rain dan Beyond. Hal ini juga mendorong banyak developer lain menggarap film interaktif mereka, beberapa yang terkenal dan terbaru meliputi The Walking Dead, The Wold Among US, Her Story, Life Is Strage, serta Until Dawn. Apabila Anda terdapat kesulitan, maka Anda dapat merancang versi untuk penggunaan di komputer Anda, dengan mengunjungi judi online.

Bagaimana Daftar Genre Video Game Beserta Penjelasannya?

Visual novel
Jika interactive movie mencoba menggabungkan film dengan game, maka visual novel ialah inkarnasi komik di video game.Permainan jenis genre game ini dipenuhi gambar-gambar statis a la anime atau dengan animasi minimalis, menyajikan berbaris-baris teks. Tema yang diangkat umumnya petualangan, dating simulator, dan tidak sedikit visual novel ditujukan buat kalangan dewasa.

Construction dan management simulation
Genre simulasi ini mempersilakan pemain membangun, memperluas sampai mengelola komunitas atau proyek fiktif dan tentu saja tidak ada lawan yang harus Anda kalahkan kecuali keputusan-keputusan yang keliru. Pengembangan construction and management simulation melahirkan dua sub-genre populer, seperti city building, simulasi bisnis, simulasi pemerintahan, serta game pengelolaan olahraga.

Baca Juga : Permainan Kecanduan Game dan Cara Mencegah untuk Mengembangkannya

Vehicle simulation
Seperti management simulation, vehicle simulation yang memiliki banyak sekali sub-genre, dan seringkali melebur ke genre lain. Bahkan inti dari penjelasan ini bahwa permainan-permainan dalam tipe genre game ini mencoba menghidangkan pemain pengalaman dengan mengendarai alat transportasi senyata mungkin, entah itu mobil, pesawat terbang, kapal laut atau kapal selam, hingga sampai pesawat luar angkasa.

Roguelike
Di era modern, tidak ada lagi permainan yang mengusung formula roguelike secara murni. Kini ia hadir sebagai elemen di sejumlah permainan, bisa Anda temukan dalam The Binding of Isaac, FTL. Itulah yang dapat kami jelaskan mengenai Genre Video Game, semoga artikel ini bermanfaat.