Penjelasan tentang shared hosting beserta kelebihan dan kekurangannya

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Saat hendak membuat website, tentunya hal yang wajib dipikirkan adalah hosting atau web hosting.

Hosting atau web hosting merupakan tempat penyimpanan online untuk semua data website yang sedang kamu kelola. Datanya beragam mulai dari video, gambar, email, script, aplikasi dan database.

Web hosting sendiri ada beberapa jenisnya dan fungsinya pun berbeda. Maka dari itu pilihlah web hosting yang sesuai dengan kebutuhan website kamu. Salah satunya adalah shared hosting

Nah, kali ini kita akan bahas apa itu shared hosting? dan apa saja sih kelebihan dan kekurangannya?

Apa itu Shared Hosting?

Secara garis besar, shared hosting adalah salah satu layanan web hosting yang membagi sumber daya server dan ruang pada drive untuk digunakan bersama oleh beberapa website. Jadi, intinya web hosting yang menempatkan beberapat website dalam satu server yang sama.

oleh sebab itu, harga web hosting ini lebih murah dibandingkan yang lain karena servernya dibagi oleh beberapa website. Tapi dengan begitu kamu tidak perlu repot memikirkan pengaturan server sekaligus tidak dapat akses sepenuhnya dari fungsi web hosting tersebut.

Jenis hosting ini cocok untuk website yang baru atau blogger pemula yang masih fokus buat konten saja tanpa belum terlalu memikirkan traffic, dll.

Kelebihan menggunakan layanan shared hosting

Harga yang murah

Untuk kamu yang baru saja mulai di dunia website dan budgetmu terbatas, web hosting ini sudah seharusnya dipilih karena harganya yang murah dibandingkan jenis hosting yang lain.

Mudah digunakan

Dikarenakan berbagi dengan website lain dan kamu juga tidak bisa akses sepenuhnya atas web hosting tersebut otomatis operasional server akan diambil oleh provider hosting itu sendiri.

Itu berarti kamu tidak perlu repot memikirkan itu dan jadi lebih mudah digunakan meskipun kamu tidak paham mengenai pemograman masih tetap bisa mengelola website kamu sendiri.

Cocok untuk blog dan website bisnis

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, web hosting ini murah dibanding yang lain. Sehingga sangat meminimalisir budget khusus untuk kamu yang masih pemula dalam membuat blog ataupun membuat website yang baru merintis bisnis.

Maintenance lebih mudah

Maintenance server adalah salah satu operasional server yang merepotkan. Namun dengan shared hosting kamu tidak perlu pusing akan hal itu karena masalah operasional server akan dikelola oleh provider hosting itu sendiri.

Akses ke control panel

Kamu akan diberikan akses ke control panel ketikan menggunakan layanan shared hosting sehingga pengelolaan website atau blog kamu jadi lebih mudah karena adanya banyak fitur yang dapat dimanfaatkan seperti instal cms, upload file, mengelola email, dan lain sebagainya.

Kekurangan menggunakan layanan shared hosting

Kontrol server terbatas

Provider hosting menguasai sepenuhnya kontrol seluruhnya sehingga akses dan kontrol kamu sebagai pengguna sedikit terbatas

Kurang terjamin keamanannya

Adanya potensi penyalahgunaan akses fitur yang lain, ini dikarenakan shared hosting memberikan ruang yang bisa dibilanh luas dalam satu server.

Sehingga apabila itu terjadi, maka akan berdampak pada server, terutama keamanannya.

Adanya potensi crash

Ada banyak website atau aplikasi lain yang berjalan di server yang sama pada saat yang sama juga sehingga sangat mungkin terjadi crash dan itu bisa terjadi sewaktu-waktu.

Hal ini biasanya disebabkan pada saat ada yang traffic tinggi sehingga overload dan akan berpengaruh terhadap kinerja server yang berpotensi terjadi crash.

Pemakaian aplikasi lain yang terbatas

Kamu tidak bisa menjalankan software atau aplikasi lain dalam waktu yang bersamaan ketika kamu memakai shared hosting kecuali hanya aplikasi yang ditawarkan oleh provider hosting itu sendiri.

Tentuntya itu agak menyulitkan untuk pengguna, terlebih lagi untuk pemula pasalnya tidak bisa explore aplikasi lain dengan mudah.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan tentang shared hosting beserta kelebihan dan kekurangannya.

Memang setiap jenis hosting memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing namun balik lagi, apa yang kamu butuhkan saat ini? Nah, sesuaikan dengan itu ya!

Selanjutnya saya akan membahas jenis hosting lainnya, semoga.

Dan apabila kalian mau membuat blog dan website tapi kalian tidak ada basic di coding atau awam dengan website atau kalian tidak mau ribet? tenang! kalian bisa membangun website dengan cepat dan mudah menggunakan jasa pembuatan dan jasa desain website di Niagaweb.

Dengan apa yang sudah disampaikan di atas semoga dapat membantumu memilih jenis hosting yang tepat ya.

Sekian dan terima kasih.