RESUME MATERI TEKTONISME

February 21st, 2018

Nama : Bayu Firdaus Muslim

NIM   : 155040201111178

Kelas  : B

Tektonisme

 

  • Bentuk lahan di muka bumi berkaitan dengan :
  1. Aktivitas dari kulit bumi (bentuk, susunan, kulit bumi dan perubahan dalam bumi ).
  2. Altivitas dari luar bumi ( pelapukan, pengangkatan, dan pengendalian ).
  • Berdasarkan lamanya terbentuk :
  1. Tenaga dari dalam bumi (endogen)
  2. Tenaga dari luar bumi ( eksogen )
  • Proses yang berkaitan dengan pembentukan lahan :
    1. Proses Endogen

 

2. Proses Eksogen

Seberapa cepat suatu lahan mengalami proses degradasi lahan.

3. Pengarub manusia dan topografi

  • Gaya Tektonik :
  1. Tektonik Epirogenesa

Gerakan vertikal yang melambat dan meliputi daerah yang luas. Macam-macam tekonik jenis ini adalah :

  1. Epirogenesa positif ke dalam bumi karena beban ( sedimen, lava, dan lain-lain)
  2. Epirogenesa negatif : ke luar, berupa pengangkatan.

2. Tektonik Orgenesa

Gerakan tektonik meliputi wilayah sempit. Contohnya : pembentukan pegunungan.

  • Struktur Diastropik :
  1. Pelengkungan
  2. Pelipatan
  3. Peretakan
  4. pengangkatan

Analisis Penduga Longsor Dengan Metode Analytic Hierarchy Process

February 13th, 2018

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, Muji Utomo, mengatakan tanah longsor di sejumlah titik terjadi karena banjir mengakibatkan arus lalu lintas dari arah Malang menuju Kediri dan Jombang masih lumpuh. “Kami upayakan tanah yang menutup jalan utama ini bisa segera bersih dan jalur lalu lintas kembali normal. Saat ini kami juga sedang melakukan pendataan terkait kemungkinan adanya korban jiwa,” katanya, Sabtu, 1 Februari 2014.

Kawasan yang menjadi pusat longsor antara lain Jalan Raya Mantung, Jalan Raya Mulyorejo, Ngeprih, dan Kedungrejo di Kecamatan Pujon serta di kawasan Maron, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Di jalur Ngeprih, tanah longsor sepanjang 50 meter dengan ketebalan sekitar 2 meter. Titik-titik yang terjadi longsor kategori berat mencapai enam titik dan berkategori ringan delapan titik sehingga kendaraan roda empat atau lebih mengalami macet belasan kilometer. Longsor menyebabkan jalur lalu lintas lumpuh dari arah Malang menuju Kediri maupun Jombang, tanah longsor juga terjadi di kawasan Payung dan Klemuk yang memutus akses jalan Batu-Pujon.

 

Metode Penduga Longsor di Daerah Pujon

Metode yang digunakan untuk pendugaan bencana longsor di daerah Pujon adalah metode Analytic Hierarchy Process (AHP) yang dijelaskan dalam Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan Vol 4 No 2 : 567-576 tahun 2017 bahwa metode AHP sangat cocok digunakan untuk menduga suatu peristiwa kebencanaan yang memiliki keterbatasan data dan informasi statistik yang bersifat kualitatif dari pengalaman seseorang.

Adapun alat yang digunakan dalam metode AHP berupa klinometer, GPS, kamera dan alat tulis. Analisis AHP dengan menggunakan software Expert Choice 11, sedangkan sebaran potensi Kerawanan longsor menggunakan software ArcGIS 9.3. Selain itu, bahan yang digunakan adalah Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) skala 1:25.000 lembar Pujon dan Banjarejo, Peta Geologi lembar Malang dan Kediri skala 1:100.00, Digital elevatiaon model (DEM) SRTM resolusi 30 m, citra Landsat 8 yang direkam pada tanggal 28 Agustus 2016 dan Data curah hujan tahun 2006-2015.

Tahapan dari metode Analytic Hierarchy Process (AHP) meliputi pembuatan hierarki, matriks perbandingan berpasangan, menghitung bobot prioritas, menghitung indeks konsistensi, menghitung rasio konsistensi dan menghitung prioritas global. Dalam penerapannya disini digunakan perhitungan AHP secara manual. Selain itu digunakan aplikasi Expert Choice yang hanya difungsikan sebagai pembanding dalam menilai rasio konsistensi yang mana hasil perhitungan manual dengan penggunaan aplikasi apakah menunjukkan kesamaan rasio konsistensi. Bila terdapat kesamaan dan hasil rasio konsistensi menunjukkan nilai sama konsistennya maka dapat direkomendasi penggunaan aplikasi Expert Choice dapat mempercepat dalam pengkajiannya. Faktor (parameter) dalam hierarki dibentuk atas dasar kondisi fisik wilayah penelitian dan literatur-literatur yang berkaitan dengan penelitian longsor.

 

Sumber :

Bramantia Setiawan, Sudarto, dan Aditya Nugraha Putra. 2017. Pemetaan Daerah Rawan Longsor Di Kecamatan Pujon Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang : Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan Vol 4 No 2 : 567-576

Purwanto, Budi. 2014. Longsor Di Pujon Jalur Malang-Kediri Ditutup. Diambil dari : https://nasional.tempo.co/read/550069/longsor-di-pujon-jalur-malang-kediri-ditutup. (13 Februari 2018).

Hello world!

February 13th, 2018

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!