Yuk kenali beberapa cara untuk menghilangkan spam komentar di wordPress anda

Yuk kenali beberapa cara untuk menghilangkan spam komentar di wordPress anda! Setiap media Blog salah satunya adalah WordPress pastinya sudah memfasilitasi pengunjung situs untuk menuliskan komentar apa terkait informasi yang telah anda post. Sayangnya kolom komentar yang ada seringkali menjadi target oleh para spammer yang secara otomatis akan memberikan banyak komentar dikolom anda. Hal itu dilakukan spammer untuk menarik para pengunjung untuk membaca informasi yang ada di halaman mereka juga.

menghilangkan spam komentar di WordPress

menghilangkan spam komentar di WordPress

Komentar spam yang tentunya akan berdampak buruk wa halaman blog wordpress anda. Dengan adanya spam tersebut akan mengakibatkan naiknya bandwidth dan penggunaan resourse. Selain itu hal ini juga mempengaruhi posisi ranking situs wordprees anda dalam mesin pencarian. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengetahui  beberapa cara untuk menghilangkan spam komentar di WordPress .

Berikut tutorial cara menghilangkan spam komentar di wrodpress anda

Terdapat dua cara untuk menghilangkan spam komentar di WordPress, hal ini dilakukan guna memberikan perlindungan terhadap spammer yang akan muncul. Anda bisa mengakses dan mendapatkannya dengan kode promosi niagahoster.

  1. Mengatasi spam komentar di wordpress dengan install Plugin Akismet

Akimest merupakan plugin komentar yang ada di wordpress. Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal plugin akimest :

  1. Login terlebih dahulu ke adminstrator area WordPress yang telah anda miliki
  2. Buka Installed Plugins lalu kemudian klik Activate yang ada di bawah plugin Akismet.
  3. Anda akan melihat pesan dengan background hijau yang menyatakan bahwa aktivasi Akismet telah berhasil dilakukan. Kemudian anda klik Activate your Akismet account
  4. Kemudian muncul API Key pada layar anda, API key dibutuhkan agar Akismet dapat berfungsi dengan baik. Setelah muncul tersebut barulah klik Get your API key. Namun jika anda sudah memiliki API key, maka masukkan key tersebut ke kolom yang ada lalu klik Use this Key.
  5. Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman resmi Akismet. Carilah tulisan Get An Akismet API key lalu klik.
  6. Setelah mengklik get An Akismet barulah anda bisa membuat akun Akismet. Kemudian masukkan informasi yang diperlukan pada beberapa kolom yang ada lalu klik Sign Up.
  7. Setelah itu anda akan diarahkan ke halaman Akun Akismet. API key yang telah anda buat bisa dicari di bagian atas halaman Akismet. Klik ikon mata (eye) yang ada di layar lalu salin ke API key.
  8. Kemudian anda back to admin area WordPress, buka halaman pengaturan dan paste API key Anda. Setelah itu silahkan klik Use this key.
  9. Menghilangkan spam komentar dengan google ReCaptcha

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menginstall dan mengkonfigurasi plugin :

  1. Login ke administrator area WordPress dan buka aplikasi Plugins.
  2. Kemudian install plugin WordPress ReCaptcha Integration dengan mengklik install now. Atau bisa juga dengan menggunakan kode promosi niagahoster.
  3. Setelah instalasi salah satu aplikasi spam komentar di wordprees ini berhasil dilakukan, buka halaman Settings Lalu akan muncul google reCAPTCHA, untuk masuk ke halaman ini anda harus memiliki akun google.
  4. Daftarkan blog anda lalu klik tombol register.
  5. Setelah itu akan muncul key, copy kedua key yang ada dan kembali ke halaman pengaturan plugin ReCaptcha.
  6. Kemudian Paste key ke kolom yang ada dan klik Save Changes.
  7. Aktifkan ReCaptcha untuk setiap komentar yang hendak di-submit dengan mengklik Comment Form lalu klik Save Changes dibagian bawah.
  8. Google ReCaptcha untuk menghilangkan spam komentar database wordpress siap digunakan.