Globalisasi menimbulkan berbagai dampak positif dan negatif

Ketahanan pangan dan pertanian lokal

Dampak terpenting dari globalisasi pangan adalah semakin rumitnya menjamin kecukupan pangan di pasar. Dan impor menjadi salah satu strategi untuk memenuhi kebutuhuan pangan rakyat. Dalam perkembanganya, Negara – Negara berkembang sangat tergantung pada Negara – Negara maju dalam penyediaan pangan, pelepasan pangan bersubsidi oleh Negara barat terbukti berhasil untuk mendorong Negara berkembang menjadi pengimpor pangan. paradigma global penyediaan pamgan murah untuk Negara berkembang akan menyingkirkan petani lokal dari pasar dan sangat beresiko memunculkan kerawanan masalah pagan ketika perdaganagan global mengalami ganggguan.

Keragaman Produk Pangan

Masuknya produk impor akan memungkinkan untuk konsumen memlilih lebih banyak alternative pangan, produk impor biasanya dalam bentuk olahan yang instan. produk impor telah melampaui produk domestic. dari hasil pegamatan secara langsung, produk buah – buah di rak supermarket  didominasi oleh produk impor misalnya apel, jeruk dan pir, yang mengakibatkan selera konsumen akan konsumsi berbagai buah menurun.

Keragaman Hayati

Globalisasi pangan telah berhasil menyebarkan teknik – teknik budidaya dan jenis tanaman budidaya dari Negara kaya ke seluruh dunia. yangf mengakibatkan keragaman jenis semakin berkurang. semakin berkurangnya keragaman hayati akan mengakibatkan pengetahuan akan jenis tanaman akan semakin berkurang pula.  sehingga petani akan tergantung pada pasokan benih, pupuk, dan pestisida dari agroindustri transnasional.  dan dampak penggunaan pupuk dan pestisida terbukti menyisakan residu yang mengakibatkan ketidakamanan produk pangan

Keamanan Pangan dan lingkungan

Salah satu dampak globalisasi pangan adalah perubahan pola pangan . perubahan pola konsumsi dan status nutrisi masyarakat, warga miskin akan terdorong untuk megkonsumsi pangan yang kaya energy dan bermutu rendah yang harganya lebih murah. disisi lain waga dilingkunga  perkotaan lebih banyak mengkonsumsi pangan yang mengandung lemak, gula pemanis  buatan dan pengawet.

Peluang Pertanian di Indonesia

ditengah – tengah globalisasi pangan saat ini tidak mudah untuk pertanian  Indonesia bisa selamat. namun ada beberapa cara untuk memperbesar peluang menyelamatkan pertanian di Indonesia yaitu :

1.      advokasi perdagangan internasional

2.      adaptasi perkembangan teknologi

3.      produksi komoditi bernilai tinggi dan produk alternatif

4.      pengembangan pertanian organik

5.      peningkatan akses pasar bagi produk lokal