Home » Uncategorized » Tahukah Anda Tentang Pohon Oak?

Tahukah Anda Tentang Pohon Oak?

Pohon Ek sering dikenal dengan pohon Oak. Pohon Oak dapat tumbuh di berbagai daerah dan hampir di setiap daerah. Berdasarkan habitatnya, pohon ini terdiri dari tiga jenis, yaitu:

1. Quercus

Pohon Oak jenis Quercus tumbuh di bumi belahan utara, yaitu negara-negara di benua Eropa dan Amerika. Contohnya adalah pohon Oak Jurupa yang termasuk spesies Quercus palmeri atau ek palm, ini dinamai Jurupa karena angin jurupa yang seringkali berhembus di bukit di mana ia hidup.

2. Cyclobalanopsis

Pohon Oak jenis Cyclobalanopsis tumbuh di daerah Asia yang dingin seperti Jepang, Taiwan dan Korea.

3. Cork Oak

Pohon Oak jenis Cork Oak tumbuh di Portugis, Spanyol dan Maroko.

Karakteristiknya adalah memiliki batang yang kokoh, daun yang rindang dan anggun, daya tahan batang dan cabang-cabangnya  yang kuat, dan sistem akar besar yang sensitif terhadap karakteristik tanah, pH dan kadar air. Pohon Oak juga memiliki kebiasaan yang aneh, yaitu tidak menggugurkan daunnya ketika musim gugur meskipun warnanya tetap berubah kecoklatan. Ketika tunas-tunas daun muncul di musim semi, barulah pohon Ek menggugurkan daun yang sudah coklat tadi.

Pohon Oak memiliki banyak kegunaan, yaitu:

a. Pohon Oak dapat digunakan sebagai pelindung karena daunnya rindang dan pohonnya kuat

b. Kayu pohon ini  bisa dijadikan bahan bangunan mulai dari membuat kapal laut hingga furniture, dinding, panel lantai, dll.

Kayu Ek yang tumbuh di Perancis sangat terkenal karena dipercaya mampu menghasilkan minuman dengan kualitas terbaik di dunia seperti wine, karena memiliki aroma vanila dari Ek dan rasa serta warna yang lebih baik.

Aroma khas yang dihasilkan kayu Ek ini juga biasa digunakan untuk mengasapi makanan seperti keju, daging dan ikan.

c. Buah Oak yang disebut Acorn, bisa dijadikan tepung untuk membuat roti dan kue. Bila dipanggang juga bisa menghasilkan kopi Acorn.

Pohon Oak

Pohon Oak Japan

Uncategorized

31 Comments to “Tahukah Anda Tentang Pohon Oak?”

  1. I loved your article.Much thanks again. Will read on…

  2. xeLL5q Awesome article.Really looking forward to read more. Want more.

Leave a Reply

(required)

(required)


*