Kumpulan Ikon Terbaik Untuk Mendesain Web

January 17th, 2019

Kumpulan Ikon Terbaik Untuk Mendesain Web – Ikon merupakan salah satu komponen yang dapat meningkatkan keindahan desain web menjadi lebih menarik. Dengan pemilihan ikon yang sesuai kita bisa memberitahu secara pasti apa yang dilakukan oleh si aplikasi. Misalnya, dengan menambahkan ikon pensil kita bisa mengisyaratkan bahwa komponen tersebut bisa mengubah suatu data, ikon disket mengindikasikan bahwa komponen tersebut dapat menyimpan suatu data, ikon roda gigi (gear) menunjukkan bahwa suatu komponen dapat mengatur aplikasi, dll.

Artikel kali ini akan melihat kumpulan-kumpulan ikon yang paling populer digunakan untuk desain web.

Icono


Icono merupakan kumpulan ikon yang dibuat murni dari CSS. Untuk menggunakan Icono kita cukup mengunduh file .css-nya lalu membuat elemen HTML dengan menambahkan atribut kelas sesuai dengan ikon yang diinginkan.

Font Awesome


Pembaca pasti sudah sangat mengenal kumpulan font paling populer di dunia ini (lebih dari 50.000 star di Github). Selain memang dokumentasinya yang sangat apik, Font Awesome memiliki variasi ikon banyak dan lengkap, dukungan untuk berbagai jenis browser, dan aksesibilitas yan baik untuk pengguna dengan gangguan penglihatan.

Feather Icons


Kumpulan ikon berjumlah 240 ikon ini merupakan salah satu yang paling populer. Semua ikonnya didesain dalam ukuran 24×24 dan memiliki style rounded corner yang sama sehingga memeberikan tampilan yang konsisten.

Material Icon


Kumpulan ikon resmi untuk Material Design dari Google yang juga dipakai untuk Android. Dengan lebih dari 900 ikon, dapat dipastikan kita sudah memiliki salah satu yang kita butuhkan di dalamnya.

Octicon


Octicon merupakan kumpulan ikon dari Github. Kita bisa menemukan ikon-ikon yang berhubungan dengan pemrograman (yang terdapat di situs Github) seperti ikon database, operasi git, dll.

Teknologi Pemograman Yang Perlu Dipelajari Bagi Anak IT

January 16th, 2019

Teknologi Pemograman Yang Perlu Dipelajari Bagi Anak IT – Setiap detik penemuan terhadap teknologi baru pasti bertambah begitu pula dengan perkembangan teknologi dalam bidang programing. Jika zaman dahulu kita hanya bisa membuat aplikasi web secara native dan mobile secara native juga maka sekarang dengan perkembangan teknologi bahkan kita bisa membuat aplikasi yang bisa berjalan di web dan mobile hanya menggunakan satu bahasa pemograman sebagai dasarnya. Berikut Teknologi yg perlu kita pelajari selaku penggiat IT.

1. Kotlin
Kotlin merupakan bahasa pemograman yang bisa dijalankan di platfrom Java Virtual Machine dan Kotlin juga bisa di compile ke bahasa JavaScript. JetBrains merupakan perusahaan dibalik bahasa pemograman Kotlin dan juga perusahaan dibalik IntelliJ IDEA. Setelah melalui banyak perkembangan, JetBrains merilis Kotlin secara open source dan kini setelah perkembangannya semakin maju,dan Google mendukung penuh Kotlin untuk pengembangan aplikasi Android.

Kotlin mempunyai beberapa fitur yang salah satunya adalah yype inference. Dengan adanya fitur ini maka kita tidak perlu mendeklarasikan tipe data untuk variabel dan properti secara eksplisit seperti di Java. Compiler Kotlin akan menebak tipe data yang akan digunakan.

2. Vue.js
Vue.js merupakan framework untuk pengembangan user interface yang diluncurkan pada Februari 2014 . Evan You pembuat dari Vue.js yang sebelumnya berkerja di Google sebagai Creative Technology pada tahun 2012 dan kemudian berkerja di Meteor sebagai Meteor Development group Core Dev pada tahun 2012-2014. Pada tahun 2016 dia akhirnya memutuskan untuk fokus pengembangan Vue.js hingga saat ini. Perkembangan Vue.js sangatlah pesat dilihat dari beradasarkan data dari satu artikel di Medium bahwa pada tahun 2014 sampai 2015 Vue.js mengalami peningkatan yang konstan setiap tahun, hingga saat ini Vue.js masih menjadi pilihan salah satu pilihan yang populer. Vue js merupakan javascript framework yang membantu kita dalam membuat sebuah website/aplikasi yang membutuhkan banyak interaksi di dalamnya, biasanya berupa Single Page Application.

Bagaimana kita menggunakan Vue.js? Untuk instalasi pada dasarnya bisa langsung dengan cara menambahkan script Vue.js melalui CDN, dan bisa juga dengan menggunakan NPM dan CLI, yang mana instalasi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

3. React-Native
React Native merupakan framework yang dikembangkan oleh Facebook setelah mereka membuat libary React.js. Perbedaan antara React-Native dan React.js adalah React-Native merupakan framework sedangkan React adalah JavaScript library. React-Native sendiri merupakan framework open soure yang memungkinkan developer untuk mengembangkan aplikasi native di Android dan iOS dengan menggunakan Javascript. React-Native tersedia untuk pengembangan aplikasi native di platform iOS dan Android. React-Native memiliki beragam fitur yang akan membantu kerja seorang developer seperti hot reload, inspector, dan debug JavaScript remotely.

4. Bootstrap 4
Siapa yang tidak mengenal Bootstarp? Hampir setiap developer web pasti pernah menggunakan Boostrap di project yang mereka buat. Bootstrap awalnya dibuat dan dikembangkan oleh programmer Twitter, yaitu Mark Octo dan Jacob Thornton sejak tahun 2011. Saat itu memang para programmer di Twitter menggunakan berbagai macam tools dan library yang mereka kuasai dan disukai untuk melakukan pekerjaannya, sehingga tidak ada standarisasi dalam penamaan suatu class. Akibatnya kode yang dibuat sulit untuk dikelola, sehingga keduanya membuat sebuah tools atau framework yang digunakan bersama dilingkungan internal Twitter.

Sejak diluncurkan pada bulan agustus 2011, Bootstrap telah berevolusi dari proyek yang hanya basis CSS menjadi sebuah framework yang lebih lengkap. Pada bulan Januari 2012, Bootstrap merilis versi 2.0 yang didalamnya sudah memasukan fitur responsive layout, dan sejak saat itu penggunaan Bootstrap menjadi sebuah tren karena pada saat itu ia merupakan penemuan yang sangat berguna bagi para developer.

sumber : www.codepolitan.com

Mengenal Ragam Virus Komputer

January 6th, 2019

Mengenal Ragam Virus Komputer – Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Jenis dan Ragam Virus Komputer

Virus komputer sendiri adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Namun, bila dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:

  • Worm – Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
  • Trojan – Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  • Hacking – merupakan serangan langsung dari hacker terhadap komputer pengguna yang mengakses laman internet tertentu, dengan atau tanpa program bantuan yang telah disisipkan di komputer pengguna.
  • Backdoor – Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
  • Spyware – Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
  • Rogue – merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
  • Rootkit – Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja. Biasanya, antivirus ini sulit dideteksi oleh antivirus.
  • Polymorphic Virus – Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  • Metamorphic Virus – Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
  • Virus Telepon Seluler – merupakan virus yang khusus berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.

Cara Kerjanya
Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu misalnya VGA, Memory bahkan Procesor (terutama pada sistem operasi , seperti sistem operasi berbasis keluarga Windows (Windows 95, Windows 98/98SE, Windows NT, Windows NT Server, Windows 2000, Windows 2000 Server, Windows 2003, Windows 2003 Server, Windows XP Home Edition, Windows XP Professional, Windows XP Service Pack 1, Windows XP Service Pack 2, Windows Vista Service Pack 1 ) bahkan GNU/Linux.

Efek negatif virus komputer terutama adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti CPU Real Time, penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% Virus adalah virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya, 2% menyerang Linux/GNU dengan versi kernel dibawah 1.4 (dan Unix, sebagai source dari Linux, tentunya), 1% menyerang Mac terutama Mac OS 9, Mac OS X (Tiger, Leopard). 2% lagi menyerang sistim operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak hardware dan sejenisnya.

Cara Mengatasi Virus Komputer

Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak Antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data / database/ Signature-based detection, heurestik, atau peringkat dari program itu sendiri / Quantum. Digunakan oleh Norton. Contoh antivirus yang bisa diandalkan dan menangkal virus adalah Smadav, Kaspersky, Panda, Symantec, BitDefender, avast!, AVG, Avira AntiVir, Norton, Norman, McAfee, dan lain sebagainya.

Tehnik Komputer

January 5th, 2019

Teknik komputer akan berjalan dengan kekuatan 3 elemen utama, manusia (brainware), perangkat lunak (software), dan perangkat keras (hardware). Adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, dan menyediakan output dalam bentuk informasi) yang dijalankan atas kemauan dan perintah manusia dan diharapkan dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia dengan aktivitasnya sehari-hari.

Bidang Teknik komputer dalam pengaplikasiannya lebih menekankan ke peningkatan teknologi aplikasi, metodologi perangkat lunak dan manajemen sistem infrastruktur. beririsan dengan System Engineer, Teknik komputer berkaitan erat dengan bagaimana membangun, menata, dan mengaplikasikan sebuah sistem, sistem yang mana dapat mempermudah kehidupan manusia.

Program Studi Teknik Komputer pada Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya men-sinergikan kecerdasan manusia dengan kecanggihan teknologi perangkat lunak dan kehandalan perangkat keras untuk mewujudkan sebuah sistem cerdas yang mampu meningkatkan kesejahteraan manusia.

Dengan banyaknya kebutuhan akan tenaga teknik komputer dimana aplikasi penerapan / pengendalian otomasi menggunakan komputer mulai banyak diterapkan. Beberapa profesi yang sesuai dengan bidang teknik komputer diantaranya adalah :

  1. Networking
    Dalam bidang ini akan berhubungan dengan jaringan telekomunikasi yang sangat penting dalam jaman sekarang ini. Syarat untuk bekerja di bidang ini harus menguasai teknik switching, mengopraasikaan komputer dan membuat jaringan. Sekarang ini perusahaan banyak yang mengunakan jaringan untuk bertukar data, oleh karena itu kemampuan ini banyak orang lulusan teknik komputer menguasainya.
  2. Robotik dan Otomatisasi
    Kemampuan analisis sistem dinamik, vision, dan intelegence untuk mengendalikan robot dan perangkat keras dalam industri. Dalam industry robot sangat di perlukan untuk mempermudah pekerjaan manusia.
  3. Digital Sistem
    Kemampuan bidang rekayasa dan perancangan perangkat digital berbasiskan VLSI (Very Large Scale Integration). Biasanya perusahaan telepon seperti indosat, telkomsel ,dll sangat membutuhkan profesi ini.
  4. Computer System Management
    Kemampuan dalam perencanaan dan pengelolaan perusahaan / organisasi berbasiskan teknologi komputer.
  5. Mobile Technology and Embedded System
    Kemampuan merancang dan mengembangkan sistem yang terkait dengan mobile technology dan embedded system . Pada profesi ini sangat jarang orang indonesia yang dapat merancang dan mengambangkan technology mobile, oleh karena itu profesi inilah yang sangat jarang di temukan di Indonesia.
  6. Help Desk
    Help Desk termasuk Operator teknis. Seorang Help Desk harus mampu mengoperasikan PC stand alone, sistem operasi, instalasi internet, anti virus, back up/restore/data recovery, troubleshooting PC, konversi data, teknik pemrograman, gambar vektor, database, HTML dasar. Help Desk termasuk Level II dalam Level kualifikasi bidang Help Desk.

Hello world!

January 5th, 2019

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!