2012
03.19

Langkah – langkah boot dan start up Bios adalah interface dengan level terendah yang menghubungan komputer dengan perangkatnnya. Bios melakukan pengecekan inegritas dan mencari interaksi pada MBR yang terdapat pada hardisk MBR menjalankan bootloader di linux boot loader yang sering dipake adalah lilo &lgrub Lili/grub akan membaca label sistem operasi yang kernelnya akan dijalankan Tanggung jawab booting diserahkan ke kernel lalu kernel akan menampilkan versi kenel yang digunakan Kernel yang dipanggil boot loader kemudian menjalankan program init yaitu proses yang menjadi dasar perintah proses lain Progam init kemudian menentukan jenis runlevel yang terletak pada file etc/initab. Berdasarkan kepada run level script kemudian menjalankan berbagai proses yang dibutuhkan oleh sistem, sehingga sistem dapat digunakan. Run level adalah sebuah parameter yang mengatur servis yang akan dijalankan

1 comment so far

Add Your Comment
  1. Runlevel istilah mengacu pada modus operasi di salah satu sistem operasi komputer yang menerapkan Unix System V-gaya inisialisasi. Secara konvensional, tujuh runlevel ada, dinomori dari nol sampai enam, meskipun hingga sepuluh, dari nol sampai sembilan [rujukan?], Dapat digunakan. S kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk salah satu tingkat. Hanya satu “runlevel” dijalankan pada boot – run level tidak dieksekusi secara berurutan, yaitu baik runlevel 2 ATAU 3 ATAU 4 dijalankan, tidak 2 kemudian 3 lalu 4.
    “Runlevel” mendefinisikan keadaan mesin setelah boot. Runlevel yang berbeda biasanya ditugaskan untuk:
    mode single-user
    multi-user mode tanpa layanan jaringan mulai
    multi-user mode dengan layanan jaringan mulai
    sistem shutdown
    system reboot
    Setup yang tepat dari konfigurasi ini akan bervariasi dari OS untuk OS, dan dari satu distribusi Linux yang lain. Sebagai contoh, 4 runlevel mungkin multi-user, GUI, tidak ada server-pada satu distribusi, dan tidak ada yang lain. Perhatikan perbedaan dalam Red Hat dan distribusi Slackware memetakan dalam artikel ini. Namun, “runlevel” jangan umumnya mengikuti pola yang dijelaskan dalam artikel ini. Ketika menginstal Linux, yang terbaik adalah berkonsultasi panduan yang tersedia bahwa distribusi yang user.
    Dalam praktek standar, ketika komputer memasuki runlevel nol, itu berhenti, dan ketika memasuki runlevel enam, maka reboot. Runlevel menengah (1-5) berbeda dalam drive yang sudah terpasang, dan yang layanan jaringan dimulai. Runlevel default biasanya 3, 4, atau 5. Run level yang lebih rendah yang berguna untuk perbaikan pemeliharaan atau keadaan darurat, karena mereka biasanya tidak menawarkan layanan jaringan sama sekali. Rincian konfigurasi runlevel tertentu sangat berbeda antara sistem operasi, dan juga di antara administrator sistem.
    Sistem runlevel menggantikan / etc tradisional / script rc digunakan dalam Versi 7 Unix.

*