Tugas Ilmu Politik

Arsy Ulul Azmiyati A-HI-1

115120401111019

 

1.    Bagaimanakah budaya politik pada masa orde baru?
Orde baru sebenarnya merupakan tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara yang diletakkan pada kemurnian Pancasila dan UUD 1945, atau sebagai koreksi penyelewengan di masa lampau yang dicetuskan dalam tuntutannya dengan Tritura (Tri Tuntutan Rakyat). Pada awalnya penataan kembali ini memang berjalan dengan baik di segala bidang, seperti contoh penaikan tingkat GNP, mengakhiri konfrontasi dengan Malaysia, pendirian ASEAN, integrasi Timor Timur kedalam wilayah Indonesia, pereduksian partai-partai politik menjadi 3 partai politik saja, dan lain-lain. Namun memasuki tahun 1990-an, pemerintahan Soeharto ternyata tidak konsisten dan konsekuen dengan tekad awal munculnya orde baru. Banyak sekali penyelewengan yang dilakukan Soeharto, seperti kemunculan status quo atau keinginan untuk selalu berkuasa. Klimaksnya pada tahun 1997-an, korupsi, kolusi, dan nepotisme seperti sudah menjadi budaya bagi para penguasa, aparat, dan pengusaha.
2.    Apakah indikator lain dari stabilitas politik selain partisipasi politik?
Menurut saya, indikator-indikator dari stabilitas politik adalah bagaimana model perilaku politik sebuah negara, dimana dapat dipilih tiga kemungkinan unit analisis, yaitu individu aktor politik, agregasi politik, dan tipologi kepribadian politik. Selain itu watak dan perilaku dari pemimpin untuk mengatur negaranya juga termasuk dalam indikator stabilitas politik.
3.    Apakah pendekatan kultural masih relevan untuk memahami politik Indonesia kontemporer?
Menurut saya, pendekatan kultural masih diperlukan dalam memahami politik Indonesia, karena warga Indonesia masih memiliki ikatan primordial yang kuat, seperti ikatan kedaerahan, kesukaan, atau keagamaan. Selain itu warga Indonesia banyak yang masih bersifat hirarkis, seperti di Jawa, yaitu dengan adanya pemilahan tegas antara penguasa dengan wong cilik.
4.    Faktor apa sajakah yang mempengaruhi budaya politik Indonesia?
-    Hukum yang berlaku di Indonesia
-    Perilaku pemerintah, bagaimana mereka mengatur negaranya
-    Tingkat pendidikan warga negara

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>