Blog Mahasiswa Arsitek Universitas Brawijaya

Jurnal dan artikel seputar dunia arsitektur

Tugas Utama Arsitek Dalam Sebuah Proyek

tugas utama arsitek dalam sebuah proyek yang akan dikerjakanArsitek merupakan seorang ahli dibidang ilmu arsitektur yang berperan dalam merancang bangunan atau lingkungan binaan pada sebuah proyek pembangunan tertentu. Selain merancang bangunan baru arsitek juga memiliki peran untuk menyarankan perubahan terhadap pembangunan yang sebelumnya telah ada.
Arsitek memilik ruang lingkup pekerjaan yang terbilang luas, pasalnya arsitek juga akan terlibat saat proses kontruksi berlangsung sesuai keinginan klaint. Namun seorang arsitek memiliki tugas utama dalam sebuah pembangunan. Lantas apa sajakah tugas utama arsitek dalam sebuah proyek?
Berikut selengkapnya. Read More…

Spek Komputer yang Wajib Dimiliki Arsitek

spek komputer yang harus dimiliki oleh seorang arsitek profesionalDewasa ini, perangkat elektronik bukan hanya dimanfaatkan untuk menggali berbagai informasi dari banyak sumber saja. Tetapi beberapa kalangan profesi seperti arsitek juga menggunakannya sebagai sarana untuk menunjang pekerjaan dalam membuat sebuah desain bangunan. Supaya Anda dimudahkan dalam menghitung beban dan desian bangunan, dukunglah perangkat Anda dengan spek komputer yang wajib dimiliki arsitek seperti di bawah

Inilah Spek Komputer yang Wajib Dimiliki Arsitek: Read More…

3 Pertanyaan Penting Saat Konsultasi Dengan Arsitek

pertanyaan saat konsultasi dengan arsitekMeskipun penggunaan jasa arsitek dalam membangun hunian sangat penting, namun bukan berarti hal ini menjadi sebuah keharusan. Sebab untuk menggunakan jasa arsitek tentunya Anda perlu mengeluarkan biaya berlebih untuk pembayaran jasanya.

Namun apabila Anda tepat dalam memilih, penggunaan jasa arsitek ini justru dapat membantu Anda dalam membangun rumah idaman sesuai keinginan dan anggaran yang ditetapkan. Nah supaya proses pembangunan rumah Anda dapat terarah, ada 3 hal penting wajib Anda pertanyakan ketika konsultasi dengan arsitek. Apa saja hal tersebut? Berikut penjelasannya untuk Anda. Read More…

Kehidupan Mahasiswa Arsitek yang Wajib Anda Ketahui

kehidupan mahasiswa arsitekMeskipun banyak sekali universitas yang menyediakan kuota mahasiswa bagi jurusan arsitek, namun tahukah Anda ternyata untuk menjadi mahasiswa arsitek bukanlah hal yang mudah. Pasalnya selain ditempa oleh masa persaingan dan seleksi yang susah, Anda juga akan diguyur oleh tumpukan tugas hingga perjuangan keras untuk mencapai masa kelulusan.
Nah bagi yang ingin menjadi arsitek atau bahkan sedang menjadi mahasiswa arsitek, simaklah fakta kehidupan mahasiswa barsitek yang wajib Anda ketahui seperti dibawah ini. Read More…

Gaji Arsitek Pemula yang Wajib Kamu Ketahui

gaji arsitek pemulaTamat dari bangku kuliah merupakan akhir dari pendidikan formal yang selama ini dijalani, namun di sisi lain lulus kuliah juga menjadi tonggak awal untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.
Lulusan baru atau fresh graduate dari berbagai jurusan merupakan pemula yang baru saja memasuki dunia kerja yang nyata, tentunya gaji yang didapatkannya belum bisa melebihi profesi serupa dengan tingkat profesionalitas yang tinggi.
Begitu pula dengan profesi arsitek yang mana gaji arsitek biasanya akan berpatokan dengan banyaknya pengalaman dan protopolio terkait proyek yang pernah digarapnya. Lantas berapakah gaji seorang arsitek pemula yang belum memiliki banyak pengalaman atau fesh graduate?

Read More…

Ini Nih Alat Untuk Mendesain Rumah Yang Digunakan Seorang Arsitek

alat arsitek
Guna memasimalkan peran rumah secara optimal dan produktif, maka harus mengacu pada beberapa aspek. Diantaranya adalah kenyamanan, fungsional serta fleksibel untuk menciptakan sebuah rumah yang ideal. Nah untuk menciptakan desain rumah yang memuat segala aspek tersebut haruslah didukung dengan sistem teknologi yang mendukung. Sebab di era modern iniĀ  kecanggihan teknologi memiliki peran yang sangat penting bagi seorang arsitek dalam menciptakan sebuah desain hunian yang mengandung banyak unsur.

Berkat hal tersebut, tak heran jikalau seorang arsitek umumnya lebih memilih menggunakan laptop atau perangkat komputer sebagai sarana membuat desian rumah dibandingkan dengan menggunakan desktop. Pasalnya perangkat komputer/ laptop dirasa mampu memberikan dukungan maksimal terhadap ide kreatif melalui ragam fitur aplikasi yang mudah untuk diakses secara gratis. Bahkan ragam fitur menarik yang tersaji dalam sejumlah aplikasi tersebut bukan hanya mampu menciptakan desain rumah yang nyaman tetapi juga fungsional.

Read More…

Kenapa Arsitek Indonesia Lebih Banyak Kerja di Luar Negeri Dibandingkan di Negeri Sendiri

alasan arsitek kerja di luar negeri
Setiap tahunnya banyak sekali universitas ternama di Indonesia yang meluluskan ratusan bahkan ribuan sarjana arsitek yang siap menghadapi kenyataan di dunia kerja. Hal tersebut menandakan bahwa jurusan arsitek memiliki tempat tersendiri di hati beberapa orang karena prospek masa depan yang lebih jelas dan mentereng.

Namun sayangnya banyak sekali cetakan sarjana arsitek dari beberapa universitas justru lebih melirik bekerja di perusahaan asing atau luar negeri untuk mengimplementasikan ilmu yang diterimanya saat masa kuliah. Lantas apa saja alasan arsitek Indonesia lebih banyak kerja di luar negeri dibandingkan di negeri sendiri? Berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

Read More…

Bagaimana Cara Seorang Arsitek Dalam Menciptakan Arsitektur Rumah yang Nyaman?

Cara Seorang Arsitek Dalam Menciptakan Arsitektur Rumah yang Nyaman

Arsitek dalam mendesain

Pertanyaan bagaimana cara mendapatkan rumah yang nyaman sering kali ditanyakan oleh pemilik rumah kepada arsitek. Sebagai mahasiswa arsitektur Universitas Brawijaya, kita wajib tahu mengapa pertanyaan ini sering terlontar oleh pemilik rumah yang akan membangun rumah mereka.
Kita harus tahu bahwa kenyamanan adalah salah satu faktor krusial yang kita akan terapkan pada rumah yang akan kita desain. Berbagai ragam referensi gaya arsitektur yang ada seperti gaya minimalis, klasik, hingga yang kontemporer, semuanya memiliki satu kesamaan agar bisa memiliki tampilan rumahnya nyaman.
Kalau kita pelajari, sebenarnya apa sih yang menyebabkan sebuah rumah bisa tampil nyaman ketika dihuni? Berikut ini beberapa faktor bagaimana cara kita sebagai arsitek dalam menciptakan hunian yang nyaman:

Read More…

Hello world!

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!