HTML

Mata Kuliah : E-Commerce

Dosen Pengampu : Nanang Suryadi

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. HTML terus menerus mengalami perkembangan mulai dari HTML Versi 1.0, HTML Versi 2.0, HTML Versi 3.0, HTML Versi 3.2, HTML Versi 4.0, HTML Versi 4.01, dan HTML Versi 5.0 :

HTML Versi 1.0

HTML Versi 1.0 adalah versi pertama sejak lahirnya bahasa HTML.  HTML Versi 1.0 yang menjadi versi pertama sehingga wajar jika didalamnya masih terdapat banyak sekali kelemahan, tampilan HTML ini sangatlah sederaha. HTML ini memiliki kemampuan antara lain untuk heading, paragraf, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini sudah mendukung peletakan gambar pada dokumen tanpa memperbolehkan teks di sekelilingnya (wraping).

HTML Versi 2.0

HTML Versi 2.0 mulai dikembangkan pada tanggal 14 Januari 1995-1996 dengan adanya beberapa kemampuan yang ditambahkan seperti penambahan form (menampilkan suatu form pada dokumen). Dengan adanya form ini, kita dapat memasukkan nama, alamat, serta kritik dan saran. Hal ini menjadi cikal bakal adanya proses interaktif dengan pengguna. HTML Versi 2.0 menjadi awal mula dari adanya website interaktif.

HTML Versi 3.0

HTML Versi 3.0 atau yang lebih dikenal dengan HTML + lahir  pada tahun 1997 , Versi HTML 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti figure yang merupakan perkembangan dari image untuk meletakkan gambar dan tabel. Selain itu, HTML Versi 3.0 juga mendukung adanya rumus-rumus matematika dalam dokumennya.

HTML Versi 3.2

Tidak bertahan dengan lama, pada tahun 1998 HTML Versi 3.0 digantikan dengan HTML Versi 3.2. HTML Versi 3.2 merupakan HTML yang sering digunakan oleh banyak kalangan. Dalamnya terdapat suatu teknologi untuk meletakkan suatu teks di sekeliling gambar. Gambar sebagai latar belakang, tabel, frame, style sheet dan lain-lain. Selain itu pada HTML Versi 3.2 disini kita bisa menggunakan script di luar HTML untuk mendukung kinerja HTML, seperti seperti Javascript, VBScript dan lain-lain.

HTML Versi 4.0

HTML Versi 4.0 lahir pada tanggal 24 Desember 1999, HTML Versi 4.0 memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari Versi 3.2. Perubahan-perubahan disini hampir terjadi di segala perintah HTML seperti tabel, image, link, text, meta, imagemaps, form, dan lain-lain. Tujuan dari perubahan disini adalah agar HTML lebih baik dari versi-versi yang sebelumnya.

HTML Versi 4.01

HTML Versi 4.01 adalah revisi dari HTML Versi 4.0. Versi 4.01 ditujukan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil dari HTML Versi 4.0. Selain ditujukan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil, HTML 4.01 juga menjadi standarisasi untuk elemen dan atribut dari script XHTML 1.0.

HTML Versi 5.0

HTML Versi 5.0 atau dikenal dengan sebutan HTML 5 muncul pada tahun 2009. Kemunculan HTML ini menjadikan suatu standar baru untuk untuk HTML, XHTML, & DOM HTML. HTML ini adalah proyek kerjasama antara World Wide Web Consortium (W3C) dengan Web Hypertext Application Technology Working Group (WHATWG). Dalam HTML Versi 5.0 ini menambahkan beberapa perintah baru yang membantu para programmer web untuk mendesain website lebih menarik & interaktif. HTML Versi 5.0 adalah sebuah prosedur pembuatan tampilan web baru yang merupakan penggabungan antara CSS, HTML itu sendiri dengan JavaScript

 

categories Uncategorized | comments Comments Off on HTML

Google dan Bing

Mata Kuliah : E-Commerce

Dosen Pengampu : Nanang Suryadi

Ketika kita membuat sebuah artikel, tujuan utamanya adalah agar artikel yang kita buat dikenali dan akan muncul di pencarian google. Hal ini terlihat sepele untuk beberapa orang. Namun, ada beberapa blogger yag masih belum tau caranya. Disini saya akan menguraikan bagaimana caranya agar artikel yang telah selesai kita buat bisa mudah dikenali oleh mesin pencari sebegai berikut :

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah masuk ke webmaster tool. Saat masuk pertama kali, maka kita akan diminta sign in, sign in disini bisa diisi dengan email yang kita punya (email yang kalian gunakan pada blog).
  2. Klik Add A Property, setelah itu  isi pada dialog box yang muncul dengan url blog.
  3. Klik add, sekarang blog sudah terdaftar di Webmaster tool / search console. Secara otomatis / langsung blog kalian akan terverifikasi.
  4. Disini saya sarankan, kalian untuk mengecek terlebih dahulu apakah blog kalian sudah terverifikasi di search console atau belum. Cara mengeceknya adalah dengan klik icon roda gigi di pojok kanan atas. Lalu klik verification details, kalau sudah varified berarti blog sudah terverifikasi.
  5. Setelah blog sudah terverifikasi, silahkan kembali ke tampilan awal.

 

Selanjutnya masuk ke langkah yang berikutnya yaitu submit sitemap blog. Submit sitemap atau peta situs bertujuan untuk mengenalkan blog yang kita miliki pada search engine.

Cara Submit Sitemaps Blogger/Blogspot :

  1. Pada dashboard search console, kalian pilih tab Crawl lalu pilih sitemaps. Lalu kalian klik tombol Add / Test Sitemap yang memiliki warna orange pada sebelah pojok kanan atas tampilan
  2. Lalu isi sitemap.xml atau atom.xml pilih salah satu dari kedua pilihan tersebut. Diusahakan sebelumnya melakukan uji coba terlebih dahulu, karena ada kemungkinan keduanya akan terjadi error. Saat sudah diuji coba dan ternyata tidak ada yang mengalami error, kalian pilih salah satu
  3. Klik submit dan akhirnya sitemap blog kamu sudah berhasil di submit.

 

Bing merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagai “mesin pengambil keputusan/decision engine”) yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Berbeda dengan Google, cara agar artikel yang telah selesai kita buat bisa mudah dikenali oleh mesin pencari Bing adalah sebegai berikut :

  1. Kunjungi situs terlebih dahulu com/toolbox/webmaster
  2. Disini akan dipersilahkan untuk pilih “Sign up with Microsoft account”
  3. Isi form pendaftaran yang sudah tersedia. Dalam form tersebut ada keterangan yaitu First name, Last name, User name, Password, Reenter password, Country/region, Birtdate, Gender, Phone number, Alternate email address, Enter the characther you see. Dalam mengisi form keterangan tersebut, kita harus mengisi dengan sejujur-jujurnya dan sesuai dengan identitas diri kita.
  4. Setelah form keterangan sudah terisi semua, langkah selanjutnya klik “Create Account”
  5. Berhasil mendaftar ke Webmaster Tools.

 

Tata cara Submit dan Verifikasi Blog di Bing Webmaster Tools :

  1. Kunjungi situs http://www.bing.com/toolbox/webmaster/
  2. Jika sudah masuk, silahkan klik menu webmaster
  3. Tambahkan situs blog anda dan klik Add
  4. Isi form pendaftaran yang sudah tersedia. Dalam form tersebut ada keterangan yaitu URL, Add a sitemap, First Name, Last Name, Email, Job role, Company or organization Name dan Company or organization Siza, Industry Contact phone, City, State/Province, Zip/Postal code, Country or region. Dalam mengisi form keterangan tersebut, kita harus mengisi dengan sejujur-jujurnya dan sesuai dengan identitas diri kita.
  5. Jika formulir keterangan sudah terisi semua, kalian pilih klik Save.
  6. Pasang kode verifikasi pada meta tag situs anda dibawah kode
  7. Jangan lupa menyimpan template.
  8. Sekarang kembali pada halaman Bing Webmaster kemudian tekan tombol “Verify”
  9. Akhirnya Situs berhasil di Verifikasi ke Bing Webmaster Tools
categories Uncategorized | comments Comments Off on Google dan Bing

Google Adsense

Mata Kuliah : E-Commerce

Dosen Pengampu : Nanang Suryadi

Google AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program AdSense, pemilik situs web atau blog dapat memperoleh penghasilan dengan menempatkan iklan di situs web mereka. Untuk langkah-langkah membuat iklan di  Google AdSense adalah sebagai berikut :

  1. Login ke dashoard blogpost dan di sebelah kiri. Pilih menu yang bertuliskan Penghasilan.
  2. Klik tombol ‘Daftar ke Adsense’. Setelah itu akan muncul halaman untuk login. Disini akan diminta untuk memasukkan akun Gmail dan password yang ingin kita daftarkan
  3. Bagian atas tersaji data akun dan nama website yang di daftarkan. Disini ada pilihan apakah kita ingin dapat email informasi dari Google AdSenseatau tidak. Disini saya sarankan bagi kalian, untuk memilih Yes untuk mendapatkan informasi performa iklan kita. Selanjutnya pilih Negara yang kalian tinggali, secara otomatis peraturan online Google AdSense ( aturan menjalin kerjasama dengan Adsense) yang muncul dibawah akan berubah menjadi bahasa Negara yang kalian pilih. Kalau tidak mau membuang waktu lama, kita tinggal mencentang tulisan Yes, I have read and accept the agreement’ di bagian bawah. Paling akhir tekan tombol ‘Create Account’. Setelah itu kalian akan diarahkan menuju halaman Google AdSense.
  4. Pengaturan alamat pembayaran. Disini terjadi jenis akun apa yang akan kalian pilih. Kalian bisa memilih individual ataupun bisnis disini. Selanjutnya adalah nama dan alamat, disini kita diwajibkan untuk mengisi sesuai dengan identitas diri kita yang sebenarnya. Jika sudah diisi semua, kita klik submit di bagian paling bawah.
  5. Sesaat akan muncul informasi dari Blogger bahwa Widget Adsense telah ditambahkan ke template blog. Selanjutnya kita disarankan klik tombol lanjutkan untuk kembali ke halaman dashboard blogspot.
  6. Pada menu penghasilan di dashoard blogspot. Ada tampilan untuk setelan iklan. Kita pilih Ya untuk tampilkan iklan di Blog. Untuk mempermudah peninjauan, kita pilih salah satu format, sehingga tidak harus menampilkan iklan secara manual. Setelah itu klik simpan setelan.
  7. Setelah mengirimkan formulir, enam jam kemudian surat dari Google akan tiba kepada kita. Dalam surat tersebut akan ada jawaban apakah pengajuan kita diterima atau tidak.
  8. Jika diterima, tahap selanjutnya melakukan optimalisasi iklan agar penghasilan kita bisa lebih besar.

Setelah  semua tahap diatas sudah selesai, langkah selanjutnya adalah fokus untuk menampilkan iklan di Blogspot. Tata cara memasang iklan Google AdSense dari Blogspot adalah sebagai berikut :

  1. Anda hanya perlu masuk ke akun blogger dan memilih menu penghasilan. Setelah itu kalian harus memasukkan akun ID yang anda miliki.
  2. Selanjutnya kita harus memilih Ya pada opsi tampilkan iklan di blog, agar iklan terpasang di blog kita. Di bawah ada pilihan untuk menyesuaikan lebih lanjut, jika kita mengklik tulisan tersebut, kita akan diarahkan ke tata letak. Ada tiga pilihan yaitu : (1) tampilan iklan di bilah samping dan entri, (2) tampilan iklan di bilah samping, (3) tampilan iklan di bawah entri.
  3. Selanjutnya kita masuk ke laman tata letak, kalian perlu menekan tombol tambahkan gadget, kemudian akan muncul jendela baru. Adsense muncul di bagian bawah, disini kita harus menekan tombol tambah berwarna biru.
  4. Laman konfigurasi akan terbuka, kita disini dipersilahkan mengatur tampilan iklan yang kita inginkan. Disini kita disarankan untuk mengusahakan memilih format yang responsif dan juga kita disarankan untuk memilih jenis iklan teks dan gambar.
  5. Jika sudah dengan halaman konfigurasi, kita tekan simpan. Setelah itu penempatan iklan bisa dimana saja, tinggal drak dan save.
  6. Jika unit iklan baru yang dipasang, akan ada beberapa saat iklannya baru muncul. Kita bisa menempatkan berapapun iklan di halaman blog.
  7. Setelah iklan sudah muncul, tugas terakhir kita adalah menambah jumlah pengunjung di blog kita sebanyak-banyaknya

Setelah kita memiliki akun Google AdSense, hal yang perlu di lakukan untuk membuat iklan adalah :

  1. Masuk ke halaman Google AdSense, melakukan sign in dengan memasukkan alamat email dan password.

 

  1. Klik menu tab My ads (Iklan saya). setelah itu klik tombol New Ad Unit.
  2. Memberi nama unit iklan yang akan dibuat.
  3. Pilih tampilan iklan yang direkomendasikan oleh Google AdSense.
  4. Pilih tipe iklan yang ingin di tampilkan.
  5. Pada Text Ad Style, pilih
  6. Untuk menyesuaikan warna dengan template, klik tombol copy and edit. Isi style name, border title, text, background, dan url, atau bisa juga pilih font family dan font size. Selanjutnya klik tombol save untuk menyimpan perubahaan.

 

categories Uncategorized | comments Comments Off on Google Adsense

Hello world!

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!

categories Uncategorized | comments Comments (1)