RSS
 

penduduk kota malang

06 Mar

Kota Malang, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini berada di dataran tinggi yang cukup sejuk, terletak 90 km sebelah selatan Kota Surabaya, dan wilayahnya dikelilingi oleh Kabupaten Malang. Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur, dan dikenal dengan julukan kota pelajar.

Jumlah penduduk Kota Malang 820.243 (2010), dengan tingkat pertumbuhan 3,9% per tahun.
Sebagian besar adalah suku Jawa, serta sejumlah suku-suku minoritas seperti Madura, Arab, dan Tionghoa. Agama mayoritas adalah Islam, diikuti dengan Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Chu. Bangunan tempat ibadah banyak yang telah berdiri semenjak zaman kolonial antara lain Masjid Jami (Masjid Agung), Gereja Hati Kudus Yesus, Gereja Kathedral Ijen (Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel), Klenteng di Kota Lama serta Candi Badut di Kecamatan Sukun dan Pura di puncak Buring.
Terletak pada ketinggian antara 429 – 667 meter diatas permukaan air laut. 112,06° – 112,07° Bujur Timur dan 7,06° – 8,02° Lintang Selatan.

Inflasi Kota Malang, Jawa Timur, yang tercatat di Badan Pusat Statistisk setempat pada Desember 2012 sebesar 0,70 persen melebihi inflasi Jatim sebesar 0,55 persen, bahkan nasional yang mencapai 0,54 persen.Menurut Kasi Statistik dan Distribusi BPS Kota Malang Enny Fatma Setyorini, Jumat, tingginya inflasi di daerah itu dipicu oleh kenaikan harga daging sapi yang cukup signifikan sepanjang Desember 2012. ”Komoditas daging sapi pada Desember lalu menyumbang inflasi 0,1446 persen atau tertinggi dibanding komoditas bahan makanan lainnya, seperti ikan, telur ayam, beras maupun daging ayam,” katanya. Sebenarnya, lanjut Enny, harga daging sapi saat ini sudah mengalami penurunan sekitar Rp4 ribu hingga Rp5 ribu/kg, namun masih lebih tinggi ketimbang harga pada November 2012. Harga daging sapi saat ini mencapai Rp80 ribu-Rp85 ribu/kg (kualitas bagus) dan daging rawonan sekitar Rp70 ribu/kg. Harga daging sapi tersebut setiap akhir pekan selalu disurvei. Selain daging sapi, katanya, penyumbang inflasi terbesar kedua adalah kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan, yakni mencapai 0,95 persen. Untuk transportasi saja menyumbang 1,46 persen akibat kenaikan harga tiket berbagai moda transportasi.

Kenaikan harga tiket maskapai penerbangan, kereta api maupun bus pada level atas pada musim liburan Natal dan Tahun Baru 2013, memicu indeks kenaikan harga.
“Hampir seluruh moda transportasi, baik udara maupun darat dan laut menaikkan harga tiketnya pada batas atas, sehingga indeks harga terpicu cukup signifikan,” ujarnya.
Secara “year on year (yoy)”, yakni Desember 2011 hingga Desember 2012, kenaikan harga di Kota Malang mencapai 4,60 persen. Sebelumnya Bank Indonesia (BI) Perwakilan Malang memperkirakan inflasi sepanjang 2012 berada pada level 4,5 persen plus minus satu persen.

 

file word : Kota Malang

file pdf : Kota Malang

 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*