RSS
 

Berpikir isu-isu manajemen dan aplikasi kasus

23 Nov

BAB 10 Berpikir isu-isu manajemen(halaman 291)

1. MSDM dapat mempengaruhi manajer karena memiliki 3 aspek penting:

• MSDM bisa menjadi sumber yang signifikan bagi keunggulan kompetitif, yakni MSDM yang berorientasi manusia memberikan kemajuan bagi organisasi dengan menciptakan nilai pemegang saham yang unggul.

• MSDM menjadi bagian penting dalam strategi organisasi. Meraih kesuksesan kompetitif melalui karyawan menyiratkan bahwa manajer harus mengubah pemikirannya terhadap para pekerja dan bagaimana mereka memandang hubungan kerja yang ada.

• Bagaimana organisasi memperlakukan orang-orangnya juga sangat mempengaruhi kinerja organisasi.

2. Dapat, karena setiap organisasi memiliki cara rekrutmen pegawai yang berbeda dan membutuhkan spesifikasi pegawai yang berbeda. Oleh karena itu setiap perekrutan pegawai harus tanpa campur tangan pemerintah, karena pemerintah tidak tahu pasti apa yang dibutuhkan oleh setiap organisasi.

3. Departemen SDM tidak kehilangan fungsinya, karena dalam setiap prekrutan pegawai, mereka telah memiliki standar-standar pegawai yang diterima. Dan bila dijalankan dengan baik pasti akan menguntungkan organisasi atau perusahaan tersebut. Kerugiannya yakni organisasi tersebut mungkin akan mengeluarkan banyak uang karena prekrutan pegawai tersebut.

4. Menurut saya , apabila sudah ada hak yang mengatur kesetaraan jenis kelamin. Seharusnya gaji antara laki-laki dengan perempuan haruslah sama karena sudah ada hak yang mengatur kesetaraan gender. Misal, gaji manajer 10 juta harus sama entah manajer tersebut laki-laki maupun perempuan.

5. Kerugian implementasi pekerjaan realistis:

• Pekerjaan yang menumpuk dengan tingkat peraturan yang ketat semisal dilarang mengobrol saat jam kerja.

• Pekerjaan mungkin tidak dapat maksimal karena karyawan ditekan oleh aturan-aturan yang dapat mengakibatkan stress. • Tidak dapat bekerja fokus pada visi, misi, dan tujuan perusahaan.

6. Manfaat tinjauan pekerjaan realistis:

• Karyawan dapat bekerja secara maksimal.

• Mengetahui jadwal dia bekerja selama 1 minggu.

• Mengetahui perusahaan tempat dia bekerja dengan baik. Kerugian tinjauan pekerjaan realistis:

• Mungkin sosialisasi antar karyawan tidak baik. Contoh karena adanya larangan mengobrol saat jam kerja.

• Stress bagi beberapa karyawan. Karena contoh diatas.

7. Yang dapat memicu pelecehan seksual yakni dorongan seksual secara eksplisit atau implisit dalam diri individu masing-masing. Yang dapat dilakukan organisasi dalam meminimalisir pelecehan seksual:

• Mengadakan edukasi tentang pelecehan seksual bagi seluruh karyawan tanpa terkecuali

. • Organisasi harus menjamin tidak ada balas dendam-seperti pemotongan jam istirahat-bagi individu yang melaporkan tuntutan pelecehan seksual.

8. Ringkasan berita “OSHA to Retailers: protect workers on black Friday” Selama musim liburan banyak merupakan musim liburan di toko-toko di USA. Karena musim belanja maka jumlah kerumunan pengunjung membludak didalam toko yang dapat mengakibatkan kesesakan udara dan “space”. Banyak pegawai yang pingsan hingga meninggal duinia dikarenakan hal diatas. Implikasi manajer: mengatur pembatas-pembatas antara pembeli dengan karyawan seperti di area baju, pembeli diberi kebebasan memilih baju. Dan di pojok, tengah area tersebut diberi ruang karyawan yang siap membantu untuk mencarikan ukuran baju, tetapi karyawan tidaklah perlu keluar dari area karyawan karena dalam area tersebut telah diberi stok ukuran baju-baju yang dijual.

Aplikasi kasus(halaman 293)

1) Saya tidak setuju, karena pemangkasan biaya kesehatan dengan pendekatan tersebut yaitu memecat pegawai apabila saat pemeriksaan kesehatan kedapatan semisal merokok dapat menguras uang perusahaan. Sebab saat memecat pegawai tersebut maka akan terdapat kekosongan dalam struktur kepegawaian dan ssat melakukan perekrutan akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan akan menganggu jalannya organisasi karena karyawan tidak nyaman saat bekerja atau merasa terganggu.

2) Manfaat bagi karyawan:

• Karyawan akan mengetahui kondisi kesehatan fisiknya sejak dini sehingga dapat bekerja dengan maksimal. Manfaat bagi perusahaan: • Perusahaan dapat menghemat biaya premi kesehatan pegawainya.

• Dapat menjadi perusahaan yang dapat dicontoh oleh perusahaan lainnya.

3) Hal-hal yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kesehatan karyawan:

• Mengadakan pengecekan secara berkala semisal setiap 6 bulan sekali. Dan pengecekan kesehatan tersebut meliputi keseluruhan.

• Karyawan yang mengidap resiko sedang hingga tinggi diberi penanganan khusus oleh tim dokter yang disewa oleh perusahaan. Rekomendasi dari saya yakni Hagedorn haruslah semakin ketat tetapi tetap fleksibel. Contoh janganlah langsung memecat karyawan saat tidak lolos uji kesehatan melainkan berilah penanganan khusus yang dilakukan tim dokter khusus.

 
 

Leave a Reply

 
*