Pemrograman Komputer dengan Array pada BBC Basic untuk Getaran Bebas Tanpa Peredam

Pengertian Array

Haihai, sebelum kita masuk di bab ini alangkah baiknya kita definisikan dulu yuk. Apasih arti array pada pemrograman? Pada tutorial BBC Basic juga ada kok di Chapter 14. Baik langsung saja arti dan contohnya:

Untuk alasan yang akan menjadi jelas, array sering digunakan dalam hubungannya dengan subjek sebelumnya, loop. Untuk menggambarkan kebutuhan untuk array, mari kita berlagak Anda bekerja pada permainan penyerang ruang. Di suatu tempat di dekat akhir kode, Anda harus tahu apakah ada alien yang masih hidup sehingga Anda dapat mulai tingkat yang baru. Jika setiap alien memiliki variabel untuk mengatakan apakah itu masih hidup, Anda bisa melakukan ini:

REM ...
NewLevel=TRUE : REM Assume new level
IF Alien1Alive THEN NewLevel=FALSE
IF Alien2Alive THEN NewLevel=FALSE
IF Alien3Alive THEN NewLevel=FALSE
IF NewLevel THEN
  REM setup new level
ENDIF
REM ...

Baris pertama mengasumsikan tingkat yang baru diperlukan. Program ini kemudian memeriksa setiap bendera AlienXAlive pada gilirannya dan jika alien ini masih hidup, me-reset bendera NewLevel palsu. Jika itu selesai pemeriksaan dan bendera masih benar, semua alien harus mati sehingga berbaris ’em up dan mulai lagi. Pertanyaan: apa yang terjadi jika ada 40 alien? Atau 100? Dengan menggunakan metode ini, yang banyak baris kode. Harus ada cara yang lebih baik:

 

DIM AlienAlive(50)
REM ...
NewLevel=TRUE : REM Assume new level
FOR I%=1 TO 50
  IF AlienAlive(I%) THEN NewLevel=FALSE
NEXT I%
IF NewLevel THEN
  REM setup new level
ENDIF
REM ...

Hal pertama adalah DIM kata kunci. DIM singkatan dimensi dan instruksi untuk komputer untuk menyisihkan area memori untuk variabel array. Anda memberitahu BASIC berapa banyak variabel array memegang dalam kurung setelah nama. Dalam hal ini, kita mengatakan komputer kita memiliki 50 alien, jadi cadangan 50 lokasi, satu untuk setiap. Sebelumnya, kami telah membiarkan BASIC mendefinisikan variabel kita ketika pertama kali digunakan, tetapi sebuah array berbeda. Dengan mendefinisikan ukuran array, BASIC dapat melakukan cek setiap kali digunakan dalam kode. Jika kita mencoba untuk mengakses di luar array, BASIC akan memberitahu Anda dengan menghentikan program dan menghasilkan pesan ramah (yaitu crash). Meskipun tidak wajib, itu adalah praktik yang baik untuk menyatakan semua array di bagian atas program. Hal ini menempatkan mereka semua bersama-sama di satu tempat dan mendapat semua alokasi memori keluar dari jalan ketika program dijalankan.
Setelah menyatakan, kita dapat menggunakan array cukup banyak seperti yang kita lakukan setiap variabel lainnya, setiap elemen individu diakses dengan menentukan jumlah nya: AlienAlive (1), AlienAlive (39) atau seperti pada baris IF AlienAlive (I%) … menggunakan meja di loop FOR untuk menentukan elemen kita ingin memeriksa. Dengan menggunakan metode ini, kita dapat memeriksa sebanyak alien seperti yang kita berharap semua dalam jumlah yang sama dari baris kode.

 

Pengertian Getaran Bebas Tanpa Peredam

Gerakan harmonik sederhana sistem benda-pegas

Pada model yang paling sederhana redaman dianggap dapat diabaikan, dan tidak ada gaya luar yang memengaruhi massa (getaran bebas).

Dalam keadaan ini gaya yang berlaku pada pegas Fs sebanding dengan panjang peregangan x, sesuai dengan hukum Hooke, atau bila dirumuskan secara matematis:

<br />
F_s=- k x \!<br />

dengan k adalah tetapan pegas.

Sesuai Hukum kedua Newton gaya yang ditimbulkan sebanding dengan percepatan massa:

<br />
\Sigma\ F = ma  =   m \ddot{x}  =  m \frac{d^2x}{dt^2} =<br />

Karena F = Fs, kita mendapatkan persamaan diferensial biasa berikut:

m \ddot{x} + k x = 0.

Bila kita menganggap bahwa kita memulai getaran sistem dengan meregangkan pegas sejauh A kemudian melepaskannya, solusi persamaan di atas yang memerikan gerakan massa adalah:

<br />
x(t) =  A \cos (2 \pi f_n  t) \!<br />

Solusi ini menyatakan bahwa massa akan berosilasi dalam gerak harmonis sederhana yang memiliki amplitudo A dan frekuensi fn. Bilangan fn adalah salah satu besaran yang terpenting dalam analisis getaran, dan dinamakan frekuensi alami takredam. Untuk sistem massa-pegas sederhana, fn didefinisikan sebagai:

<br />
f_n    =   {1\over {2 \pi}} \sqrt{k \over m} \!<br />

Catatan: frekuensi sudut \omega (\omega=2 \pi f) dengan satuan radian per detik kerap kali digunakan dalam persamaan karena menyederhanakan persamaan, namun besaran ini biasanya diubah ke dalam frekuensi “standar” (satuan Hz) ketika menyatakan frekuensi sistem.

Bila massa dan kekakuan (tetapan k) diketahui frekuensi getaran sistem akan dapat ditentukan menggunakan rumus di atas.

 

 

Program Perhitungan Frekuensi Alami

Rumusnya adalah

Frekuensi Alami

Frekuensi Alami

Pada kesempatan kali ini, kita akan berfokus untuk membuat program perhitungan frekuensi alami. Penggunaan arraynya terletak pada rata-rata jumlahnya.

Pembuatan Program

Berikut adalah list koding program

Koding program

Koding program

Pada awal, user bisa menghitung terlebih dahulu frekuensi alaminya

Hitungan awal

Hitungan awal

Apabila dirasa cukup, user tidak perlu lagi menghitung. Sehingga muncul inputan 5x frekuensi alami agar bisa dirata-rata. Disinilah fungsi kodingan array berfungsi.

rata-rata

rata-rata

Untuk download hasil program bisa di Our Products 😀

Daftar Pustaka

http://id.wikipedia.org/wiki/Getaran

http://www.pstcc.edu/nbs/WebPhysics/Chapter10.htm

Vibration Theory.pdf

Mechanical Vibration meet Computer Programming

Haluuu!! Baiklah sekarang kita akan mendemostrasikan seperti biasa program yang telah kami buat dengan BBC basic. Pada judulnya aja pasti uda keliatan dong post kali ini berisi tentang apa? Yap, Getaran Mekanis. Sebenarnya materi mata kuliah ini bisa kami ambil pada semester 5 dan kami masih semester 2…….
Tapi tak apa, ilmu kan bisa dipelajari tanpa harus menunggu waktu kan? Ya sudah cukup sekian intronya, mari kita mulai.

Kami minta maaf sebelumnya karena bahasa yang sering kami pakai nantinya bahasa inggris, hal ini dikarenakan materi yang lengkap selalu berbahasa inggris -_- dan disini merupakan sumber utama acuan materi kami.

 

Sistem getaran meliputi sarana untuk menyimpan energi potensial (pegas), atau untuk menyimpan energi kinetik (massa atau inersia), dan cara dimana energi secara bertahap hilang (meredam). Sistem getaran memerlukan transfer energi antara bentuk energi potensial dan kinetik. Didalam sistem redam, energi menghilang di setiap siklus getaran dan digantikan oleh sumber energi luar bila memperthankan gerakan yang stabil. Meskipun struktur fisik tunggal dapat menyimpan kedua energi kinetik dan potensial, dan dapat menghilangkan energi, bagian ini dianggap hanyalah parameter sistem yang disamakan yang terdiri dari pegas ideal, massa, dan peredam dimana setiap elemen hanya memiliki fungsi tunggal. Dalam gerak translasi, perpindahan didefinisikan sebagai jarak linear. Sedangkan dalam gerak rotasi, perpindahan didefinisikan sebagai gerak angular (sudut).

1. Translational Motion (Gerak Translasi)

SPRING (Pegas)

Sebuah pegas linear adalah jenis penghubung mekanis dengan massa  dan redaman yang diabaikan. Hal ini diasumsikan bahwa elastisitas ditunjukkan dengan pegas spiral.Gaya pegas sebanding dengan deformasi:

F = k . x

Usaha yang dilakukan dalam deformasi pegas disimpan sebagai regangan atau energi potensial di pegas, dengan persamaan:

U = ½ k . x2

Sekarang kita sudah mempunyai 2 persamaan. Mari kita masukkan di BBC basic.

Dan inilah kodingannya:

Pegas

Pegas

Apabila dicoba

Hasil

Hasil

 

MASS (Massa)

Massa diasumsikan rigid dan terkonsentrasi di pusat gravitasi. Persamaannya:
m = F/x
Berikut coding dan hasilnya:
Disini sedikit kita rubah coding awalnya untuk menghindari spaghetti code
Massa

Massa

 

DAMPER (Redaman)

Pada sistem getaran, redaman adalah elemen yang bertanggung jawab atas hilangnya energi dalam sistem. Dia mengubah energi menjadi panas akibat salah satu gesekan geser atau geseran viskos. Bentuk persamaan umumnya:

Fd = c .v

Fd = Gaya
c = koefisien redaman
v = kecepatan

Dan berikut codingnya:

Damper

Damper

 

 

 

2. Rotational Motion (Gerak Rotasi)

Sebenarnya, hampir sama dengan translasi. Hanya saja, ini bedanya:

Difference between TM & RM

Difference between TM & RM

Jadi, tinggal kita ubah saja pada program kita sesuai dengan gerak rotasinya. Seperti F kita ubah dengan M. Dan sub-sub di program tinggal kita copy saja. Jangan lupa variabel-variabelnya kita ganti juga 😀

Karena α (alpha) disini tidak bisa digunakan dan kami juga bingung key ASCII pada BBC basic, jadi mohon maaf kita ubah dengan (a).

Dan inilah perbedaannya:

Perbedaan

Perbedaan

Oke cukup sekian, terimakasih 😀 silahkan download hasil jadinya di Our Products 🙂

 

Daftar Pustaka:

https://engfac.cooper.edu/pages/tzavelis/uploads/Vibration%20Theory.pdf

http://facultad.bayamon.inter.edu/elay/mecn4100/chapter1%20history.pdf

http://www.ignou.ac.in/upload/Unit-7-56.pdf

Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Taman Kanak-kanak

Denger judul diatas pasti pada ngira postingan ini kayak cara-cara mengajari anak TK gitu ya? hehe bisa jadi begitu sih. Pada postingan kali ini, kita akan menjelaskan sedikit bagaimana membuat program untuk anak TK. Sebelum masuk di bahasan, kita bahas dulu tujuan pembuatannya.

Tujuan awal adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah pemrograman komputer kelas G ke-6. Temanya adalah membuat program yang terdiri dari berbagai macam sub program.

Dalam pembuatan suatu program, kita harus menghindari spaghetti coding. Apa itu?

Spaghetti Coding

ribet

Dari gambar diatas sudah terlihat jelas. Kita maunya apa dan jadinya apa tapi muter dulu sana-sini. Hal ini sangatlah tidak efisien bukan?

Agar tidak terjadi hal tersebut, ingatlah beberapa kondisi yang apabila kita paham, tidak akan terjadi Spaghetti Coding:

  • Sequential Instructions
    Berurutan dari baris ke baris
  • Branching Instructions
    Percabangan seperti decision
  • Looping Instructions
    Pengulangan kondisi

Jadi langsung saja kita coba membuat program.

 

English For Kids

Tema dari program yang akan kita buat ini adalah mengajarkan kepada anak-anak kecil (TK) tentang bahasa inggris dari warna.

 

1. Kita buat pembukaannya dahulu

Awal

Awal

 

2. Pada coding awal, ada perintah GOSUB 1. Berikut penjelasannya:

GOSUB 1

GOSUB 1

Jadi, apabila user memasukkan 1, maka program akan langsung loncat ke SUB 1 dibawahnya dengan tanda angka 1 berwarna biru.

3. Pada SUB 1, ada pilihan antara user loncat ke SUB 2 atau SUB 3. Dalam program ini:

  • SUB 2 merupakan pilihan dimana akan ada translate dari warna yang akan dipilih
  • SUB 3 merupakan pilihan dimana akan ada suara ejaan dari semua bahasa inggris dari warna diatas

GOSUB 2

Pada pilihan ini, user akan diminta keterangan lagi ingin memilih warna apa?
Disini ditambahkan juga fungsi LOOPING yakni dengan kode REPEAT

Looping

Looping

Untuk apasih loopingnya? Berikut contohnya. Apabila kita sudah memilih misalnya nomer 1 yakni merah

Contoh aplikasi Looping

Contoh aplikasi Looping

Maka akan timbul pertanyaan; Ingin mengulang? Kita coba lagi apabila ya

Setelah pengulangan

Setelah pengulangan

Begitulah seterusnya sampai kapan?

Selesai

Selesai

Sampai user memilih “n”

 

GOSUB 3

Pada pilihan SUB ini, akan ada ejaan suara untuk semua warna. Coding diambil di contoh dari BBC Basic. Untuk lebih jelasnya, silahkan pilih:

Pilihan SPEAK

Pilihan SPEAK

Dan hanya kita ubah coding bagian datanya menjadi seperti berikut

Ubah coding

Ubah coding

Karena kata-kata setelah DATA adalah yang akan diucapkan oleh komputer.

Bagaimana dengan hasinya? Silahkan download saja hasil project kita..

 

Itulah tadi contoh singkat pembuatan program dengan SUB program. Ga ribet kan? Semoga bermanfaat untuk adek-adek kecilnya 😀

Dan jangan lupa untuk hasil dari project ini bisa di download di Our Products 🙂

 

Daftar Pustaka:

  • Catatan Pribadi Kelas Pemrograman Komputer
  • Tutorial BBC Basic

LOOPING Pada BBC Basic

Pada kesempatan kali ini, kita akan menjelaskan sedikit mengenai looping pada bbc basic. Looping sendiri merupakan suatu bentuk pengulangan. Berikut kontrol pemrograman looping pada BBC BASIC.

REPEAT … UNTIL

Adalah salah satu bentuk pengulangan sampai kondisi tertentu terpenuhi.

Arti REPEAT sendiri pada BBC Basic yakni…

REPEAT

REPEAT

Sedangkan arti until pada BBC Basic yakni…

UNTIL

UNTIL

Contohnya, tahun lahir kita merupakan passcode kita atau sebagai syarat agar bisa masuk pada program selanjutnya. Seperti inilah kodingnya…

Contoh

Contohnya

Sehingga apabila kita memasukkan angka selain tahun lahir kita, maka yang terjadi…

Tidak sesuai

Tidak sesuai

Akan terulang terus pertanyaan tersebut! Sedangkan apabila kita memasukkan angka sesuai tanggal lahir kita yang telah tercatat pada variabel ans% maka….

Berhasil

Berhasil

 

WHILE …  ENDWHILE

Apakah itu?

G6

WHILE

 

 

G7

ENDWHILE

Jadi, WHILE-ENDWHILE adalah suatu bentuk pengulangan sementara kondisi tertentu berlaku.

 

CASE… OF… WHEN… OTHERWISE… ENDCASE

IF THEN ELSE ENDIF sangat bermanfaat bila kita ingin membuat pilihan antara dua alternatif. Sedangkan disini, dapat digunakan ketika ada banyak alternatif yang akan ditindaklanjuti dengan cara yang berbeda.

Berikut penjelasan dari beberapa koding tersebut:

CASE

CASE

 

OF

OF

 

WHEN

WHEN

 

OTHERWISE

OTHERWISE

 

ENDCASE

ENDCASE

 

GOTO

Instruksi GOTO dapat digunakan untuk menentukan nomor baris dari mana komputer adalah untuk terus menjalankan program.

GOTO

GOTO

 

 

Berikut contoh pembuatan program dengan menggunakan kontrol pemrograman ini. Disini sederhana saja, kami membuat program perhitungan sampai benar-benar benar jawabannya hehe faktor deadline dari pak dosennya sih *curhat* *maaf pak* Tapi next time akan kami buat yang lebih menarik lagi. Ini kodingannya:

 

kuis

kuis

 

Monggo, bisa dikembangkan lagi tapi nanti kami kembangkan juga. Sederhana banget ini kalo kamu curang pake kalkulator :p kalo enggak ya njelimet 😀

Bisa dicoba di Our Products dengan judul Kuis Tidak berhadiah 😀

 

Daftar Pustaka:

Modul Praktikum Pemrograman Komputer Laboratorium Komputer Teknik Mesin UB

http://www.riscos.com/support/developers/bbcbasic/part2/control.html

Tutorial Membuat Perhitungan Bilangan Reynold Dengan BBC Basic

Hai! Sebelum masuk kemari, bisa cek materi kontrol pemrograman di video berikut ini mengenai kontrol pemrograman agar lebih mengerti lagi 😀

[youtube]https://youtu.be/6-qJETSsFto[/youtube]

Ngomong-ngomong soal fluida, kita kan sering bingung nih dengan ribetnya rumus-rumus. Untuk itu kami akan mencoba share sedikit membuat program perhitungan rumus bilangan reynod untuk mengetahui jenis aliran fluida. Sebelumnya, kita perdalam lagi apa itu arti bilangan reynold.

Nih..

Pengenalan bilangan Reynold

Pengenalan bilangan Reynold

 

Awalnya, kita  lihat dulu kondisi soal yang akan di hitung dengan program ini

Apakah semua sudah diketahui?

Penentuan Kondisi

Penentuan Kondisi

Bila semua diketahui, user harus menginput “ya”

Karena disini kita mempunyai 2 kondisi, mari kita mulai dari jawaban yang sesuai kondisi.  Maka fungsi IF dan THEN disini berlaku. Karena apabila user memasukkan “ya” maka perhitungan bisa langsung dilaksanakan.

Perhitungan dimulai

Perhitungan Dimulai

 

INPUT terlebih dahulu nilai yang telah diketahui, masukkan kedalam variabel yang berbeda disetiap data tersebut.

Input Variabel

Input Variabel

Jangan lupa, data yang diinput dalam bentuk string jadi ubah dulu ke numerik dengan cara seperti pada tutorial sebelumnya disini

Ubah String>Numerik

Ubah String>Numerik

Lalu kita mulai masukkan rumus bilangan reynold yakni:

Re = massa jenis fluida x kecepatan x diameter : viskositas dinamik/absolut

Masukkan Rumus Bilangan Reynold

Masukkan Rumus Bilangan Reynold

Bagaimana sekarang apabila kita masuk di kondisi berikutnya yakni belum diketahui semua? Maaf, sebaiknya user mencari tahu terlebih dahulu hehe

Kondisi Tidak

Kondisi Tidak

Disini fungsi ELSE bekerja , maksudnya biar apabila user menjawab selain “ya” maka akan muncul ….

Selain "ya"

Selain “ya”

Coba kalo kita jawab “ya”

Yang Terjadi

Yang Terjadi

Pasti langsung masuk ke perhitungan kan?

Ohiya, jangan lupa beri ENDIF disetiap selesai kodingan IF! 😀

 

 

Sekarang, nentuin jenis aliran fluidanya.

Jenis alirannya ada 3, yakni:

Laminer = Jumlah Bilangan Reynoldnya kurang dari 2100

Transisi = Jumlah Bilangan Reynoldnya diantara 2100-4000

Turbulen = Jumlah Bilangan Reynoldnya lebih dari 4000

 

Bagaimana penentuannya?

Setelah penentuan bilangan reynold kita masukkan operator perbandingan didalamnya (kotak biru)

Jangan lupa mengkonversi Re string menjadi numerik (kotak merah)

Penentuan Jenis Aliran

Penentuan Jenis Aliran

Selesai sudah! Jangan lupa menambahkan ENDIF dan END diakhir 😀

Silahkan download hasilnya di Our Products 😉

 

 

Daftar Pustaka:

Modul Praktikum Pemrograman Komputer Laboratorium Komputer Teknik Mesin UB

Catatan Mekanika Fluida

2

Our Products

Okelah sesuai dengan tema pada halaman ini, kita akan share sedikit produk-produk yang telah kita hasilkan.

Kami meminta maaf apabila ada kesalahan-kesalahan didalam program sederhana kami.

Kritik dan saran sangat bermanfaat untuk kami, jadi kami tunggu ya!

Semoga bermanfaat 😀

 

Rumus Fisika

1. Menghitung Jumlah Energi Mekanik Suatu Benda

Download

2. Menghitung GLB (Gerak Lurus Beraturan)

Download

3. Menghitung GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan)

Download

4. Menghitung Bilangan Reynold dan Jenis Aliran Fluida

Download

5. Menghitung Frekuensi Alami dan Array

Download

Senang-senang

1. Kuis Lirik yang hilang

Download

2. Kuis Tidak Berhadiah

Download

3. English For Kids

Download

MANIPULASI STRING – NUMERIK PADA BBC BASIC. Bikin Sendiri Yuk Perhitungan Rumus Energi Mekanik!

Manipulasi STRING > NUMERIK

Manipulasi/mengkonversi data dari STRING ke NUMERIK disebut dengan VAL (VALUE)

Contoh: Semisal pada program kita, data yang kita input adalah dalam bentuk string dan kita ingin menjumlahkan kedua data tersebut.

Bayangkan apabila kita langsung menjumlahkan kedua data tersebut.

  • Uang Andi dalam bentuk Andi$
  • Uang Ana dalam bentuk Ana$

Kita langsung menjumlahkan keduanya (Andi$+Ana$)

1

A$+B$

 

Maka yang terjadi…..

No Such Variable!

2

Hasil A$+B

Untuk itu, yang harus kita lakukan adalah mengubah data String ke numerik. Bagaimana caranya? Mudah saja!

3

Ubah STRING ke NUMERIK

Maksud dari kotak merah diatas;

  • Uang andi diibaratkan A
  • Uang ana diibaratkan B

Lalu diakhir, A+B bukan A$+B$ lagi

Maka hasilnya adalah…..

4

Hasil setelah di manipulasi

 

 

Manipulasi NUMERIK  > STRING

Manipulasi/mengkonversi data dari NUMERIK ke STRING disebut dengan STR$

Nah, untuk kasus ini berkebalikan dengan VAL.

Disini kita coba, misalnya kita punya nilai X=10 dan Y=20.

Pada kotak merah, menandakan perubahan data dari inputan numerik ke string (STR$)

5

NUMERIK ke STRING

Baiklah, kita coba hasilnya apabila kita print:

  • X$
  • Y$
  • X$+Y$
  • STR$(X+Y)

Dan hasilnya……

6

Hasilnya

 

Yap!

  • X$ menghasilkan nilai 10
  • Y$ menghasilkan nilai 20
  • X$+Y$ menghasilkan nilai 1020
  • STR$(X+Y) menghasilkan nilai 30

 

Nah itu dia penjelasan singkat tentang manipulasi data dari STRING ke NUMERIK dan begitu pula sebaliknya 🙂 Sekarang kita coba yuk bikin programnya!

 

 

Contoh Program Manipulasi STRING – NUMERIK

Menghitung besar energi mekanik pada sebuah benda.

Energi mekanik adalah hasil jumlah dari energi kinetik dan energi potensial

Em = Ek + Ep

Ek = ½ mv2

EP=m.g.h

  • m=massa
  • v=kecepatan
  • g=percepatan gravitasi
  • h=tinggi benda dari atas permukaan

Dan seperti inilah coding dari rumus diatas:

7

Coding rumus

 

Pada gambar diatas, terdapat 2 sekaligus manipulasi data

Kotak berwarna merah menunjukkan manipulasi data dari STRING > NUMERIK

Kotak berwarna biru menunjukkan manipulasi data dari NUMERIK > STRING

 

Dan hasilnya, contoh:

  • m=5
  • v=30
  • g=9,8
  • h=20

Hasilnya…

Hasil Ek, Ep dan Em

Hasil Ek, Ep dan Em

 

Sekian penjelasan singkat dari kita. Semoga bermanfaat! Nantikan tutorial langsung untuk program kita yang lain 😀

 

 

Daftar Pustaka:

Modul Praktikum Pemrograman Komputer Laboratorium Komputer Teknik Mesin UB

Catatan Fisika 1

Yuk Kita Seru-seruan Bikin Quiz!

Dari judul diatas, sudah terbayang bukan apa yang akan kita bahas? Baiklah, sebelumnya perkenalkan kami kelompok 8 kelas Pemrograman Komputer G akan membahas tutorial iseng tentang membuat sebuah program dari BBC Basic hanya untuk seru-seruan belaka. Program ini kami beri judul “Lirik yang Hilang”. Jadi, yang dimaksud lirik yang hilang adalah program menebak kelanjutan lirik yang kosong, istilahnya fill in the blank. Simple kok membuatnya, mungkin hanya membutuhkan waktu 30 menit hehe

 

Step Pertama

Pembukaan Buka BBC Basic dari komputer anda. Apabila dalam kasus yang berbeda (tidak sesuai dengan topik kita) yang anda lakukan harus mempunyai konsep yang akan anda buat. Dalam kasus ini, sistemnya adalah kita menebak jawaban. Apabila jawaban tersebut benar, maka kita bisa lanjut ke babak selanjutnya hingga menang. Namun apabila kita salah satu langkah saja, maka kita harus mengulang dari awal.

Step Kedua

Mari kita mulai.

1. Di awal ini, kami menyelipkan kata-kata “welcome” untuk menyapa pengguna.
Sangat mudah untuk membuat kata sapaan. Ketik PRINT “(kata sapaan)”
PRINT adalah sebuah kode untuk memunculkan kata yang akan kita tampilkan. Jangan lupa menambahkan tanda petik (“) di awal dan akhir.

2. Setelah cukup basa-basi, langsung saja masuk kedalam pembuatan pertanyaan.
Disini kita menggunakan kode PRINT, INPUT dan IF.
INPUT adalah sebuah kode yang bertujuan agar pengguna bisa menjawab pertanyaan tersebut. INPUT biasanya diikuti dengan variabel. Kita bebas menberikan alfabet apa saja sebagai variabel dan menambahkan tipe data dibelakangnya. Pada kasus ini, kami menggunakan string ($) sebagai tipe data. Gunanya variabel disini agar nantinya bisa kita panggil, sehingga kita tidak susah-susah menulis lagi. Intinya, sebagai pemisalan.
IF dalam bahasa Indonesia berarti jika. Memang benar, kode ini seperti sebuah pembanding dari hasil. Pada kode ini biasanya kita panggil lagi variabel yang kita buat. Disini kita sertakan operator sebagai hasilnya.

Contohnya:
PRINT “Apakah judul lagu tersebut?” —————- Kita bertanya pada pengguna
PRINT “A. aaaaa B. bbbbb C. ccccc D. ddddd” ———— Kita memberi pilihan kepada pengguna
INPUT A$ ————- Pengguna menjawab pertanyaan diatas
IF A$=”A” THEN PRINT “Selamat jawaban anda benar!” ——— Semisal jawabannya A
IF A$<>”A” THEN PRINT “Maaf anda kurang beruntung” ———- Maksudnya jika menjawab selain A, maka otomatis akan salah

 

STEP KETIGASetelah step kedua kita jalankan, kita copy untuk pertanyaan selanjutnya maka kita bisa mengakhiri program dengan ENDPROC sebagai penutup.

 

Ini dia contoh penulisan program kami.

SEKRIN SUT

Silahkan download program kami disini

BBC BASIC

SEJARAH

 

BBC BASIC adalah bahasa pemrograman, yang dikembangkan pada tahun 1981 sebagai bahasa pemrograman asli untuk teknologi MOS 6502 berdasarkan Acorn BBC Micro rumah / komputer pribadi, terutama oleh Sophie Wilson. Ini adalah versi dari bahasa pemrograman BASIC diadaptasi untuk pengoperasian komputer Inggris dari BBC. Tujuan utama BBC BASIC adalah memudahkan pengguna dalam mengoperasikan bahasa pemrograman dengan disertai berbagai versi yang dinamis sehingga bisa berkembang  menjadi lebih baik,cepat dan mudah.

BERBAGAI VERSI BBC BASIC

BBC BASIC, berdasarkan lama Atom BASIC (untuk Acorn Atom), BASIC tradisional diperpanjang dengan nama DEF PROC / DEF FN prosedur dan fungsi, REPEAT UNTIL loop, dan IF THEN ELSE struktur terinspirasi oleh Comal. Fungsinya adalah untuk mengendalikan empat channel output suara BBC Micro dan rendah nya / resolusi tinggi delapan mode tampilan grafis.

Salah satu fitur unik dari BBC BASIC adalah kehadiran assembler inline memungkinkan pengguna untuk menulis 6502 program bahasa assembly. Assembler itu sepenuhnya terintegrasi ke dalam BASIC dan berbagi variabel dengan itu, yang dapat dimasukkan antara karakter, disimpan melalui * SIMPAN dan * LOAD, dan dipanggil melalui CALL atau perintah USR. Hal ini memungkinkan pengembang untuk menulis bukan hanya perakitan kode bahasa, tetapi juga kode BASIC untuk memancarkan bahasa assembly, sehingga memungkinkan untuk menggunakan teknik kode generasi dan bahkan menulis kompiler sederhana dalam BASIC.

Parameter entri:

X = 0 Jalankan BRK dengan pesan memberikan versi OS

X <> 0 RTS dengan versi OS kembali di X

Pada keluar:

X = 0, OS 1.00 atau Electron OS 1.00

X = 1, OS 1.20 atau OS Amerika

Osbyte & 81 (129)

Parameter entri:

X = 0

Y = & FF

Pada keluar:

X = 0 BBC OS 0.1

X = 1 Elektron OS 1.00

X = & FF BBC OS 1.00 atau 1.20 OS

X = & FE US BBC OS 1.20

 

INKEY (-256) perintah

Contoh, untuk menghindari * perintah SHADOW mengganggu standar BBC model B, sementara dijalankan pada B + atau Master / Compact, Anda bisa menggunakan

JIKA INKEY (-256)> 1 THEN * SHADOW1

Nilai yang dikembalikan:

0 = BBC B dengan berusia 0,10 OS (usang!)

-1 = BBC B dengan baru 1.00+ OS (termasuk 1,20)

1 = Electron

251 = BBC B + 64/128

253 = 128 Guru

245 = Compact

160 = Archimedes (Arthur OS) (usang)

161 = Archimedes / A3000 (Riscos)

??? = Acorn A5000

Dengan pindah ke 32 bit ARM CPU dan penghapusan batas 16kB pada ukuran kode BASIC banyak fitur baru yang ditambahkan. BASIC V versi 1.04 adalah 61kB panjang. Versi terbaru dari RISC OS masih mengandung BASIC BBC. Kode sumber untuk RISC OS 5 versi BBC BASIC V telah dirilis sebagai ‘sumber bersama’ oleh RISC OS Terbuka. Pada tahun 2011 TBA Software merilis versi uji dari BASIC yang diperbarui meliputi dukungan untuk VFP / NEON dari assembler.

Di antara perintah baru dan fitur yang didukung adalah:

SAAT-ENDWHILE

IF-THEN-ELSE-ENDIF

KASUS-OF-KETIKA-SEBALIKNYA-endcase,

Parameter RETURN dalam prosedur,

array lokal,

perpustakaan prosedur (PERPUSTAKAAN, INSTALL dan OVERLAY),

DATA LOCAL dan LOCAL penangan ERROR,

relatif KEMBALIKAN,

operasi array,

operator baru,

LANGKAH TRACE,

Perintah untuk sound system yang baru, mouse, grafis.

Perintah grafis yang sepenuhnya kompatibel, suara kurang begitu efektif (misalnya, AMPLOP kata kunci dari BASIC V dan seterusnya adalah perintah yang mengambil empat belas parameter numerik dan efektif tidak apa-apa – seperti dalam versi lama, itu panggilan OS_Word 8, tapi itu tidak apa-apa pada RISC OS . The in-line assembler 6502 digantikan oleh assembler ARM. BASIC V dikatakan, oleh Acorn, menjadi ” BASIC tercepat ditafsirkan di dunia” dan “mungkin BASIC paling kuat yang ditemukan di komputer manapun”.

BASIC VI adalah versi V BASIC yang mendukung nomor format 8 byte nyata (menurut IEEE standar 754) yang bertentangan dengan format standar 5 byte diperkenalkan pada BASIC I.

BBC BASIC V dan VI disampaikan sebagai standar pada Acorn Archimedes dan Risc PC. Sebuah versi BBC BASIC V juga tersedia untuk berjalan pada prosesor ARM kedua untuk BBC Micro.

Sebuah Compiler untuk BBC BASIC V diproduksi oleh Paul Fellows, ketua tim pengembangan Arthur OS, dan diterbitkan pada awalnya oleh DABS Press yang mampu melaksanakan hampir semua bahasa, dengan pengecualian yang jelas dari fungsi Tarahan yang  diperlukan run-time interpretasi program. Sebagai bukti kelengkapannya, itu mampu mendukung sintaks assembler in-line. Compiler itu sendiri ditulis dalam BBC BASIC. Compiler (berjalan di bawah juru pada tahap pengembangan awal) bisa mengkompilasi itu sendiri, dan versi yang dibagikan adalah self-dikompilasi kode obyek. Banyak aplikasi awalnya ditulis untuk berjalan di bawah penerjemah agar mengalami peningkatan kinerja yakni dengan memberi, menempatkan BBC BASIC seperti  bahasa lain untuk pengembangan aplikasi yang serius.BBC BASIC juga telah porting ke banyak platform lainnya.

Sebuah versi 32.016 dari BBC BASIC disediakan dengan Acorn 32.016 coprocessor dan Acorn ABC.Selain versi BBC BASIC disertakan dengan prosesor BBC Micro Z80 .Kedua, versi berbasis Z80 BBC BASIC juga ada untuk sistem berbasis CP / M. Sampai saat ini, tidak ada versi ada untuk Sinclar ZX Spectrum; Namun, karena upaya J.G. Harston (juga bertanggung jawab untuk versi PDP-11, BBC BASIC untuk Spectrum ini dirilis pada Januari 2002 dengan banyak perbaikan yang dilakukan dalam rilis berikutnya.

Sebuah versi Zilog Z80 BBC BASIC juga digunakan pada komputer desktop Tiki 100, Cambridge Z88 portabel dan Amstrad NC100 Notepad dan Amstrad NC200 komputer Notebook. Versi ini telah diimplementasikan pada TI-83 Plus dan TI-84 Ditambah seri grafik kalkulator.

Untuk sistem PC berbasis, BBC BASIC juga diterapkan untuk DOS sebagai BBCBASIC (86) (yang ditujukan untuk kompatibilitas maksimum dengan BBC Micro) dan BBasic (yang berkonsentrasi pada bahasa BASIC itu sendiri, dengan tambahan sendiri berdasarkan BASIC.

Sebuah versi BBC BASIC terintegrasi dengan antarmuka pengguna grafis Microsoft Windows, BBC BASIC untuk Windows yang diciptakan oleh Richard Russell (yang juga mengembangkan Z80 dan versi x86), dirilis pada tahun 2001. Versi ini masih dalam pengembangan aktif, melihat banyak menggunakan industri Saat ini. Sementara mendukung hampir sepenuhnya asli BBC BASIC spesifikasi (IV BASIC), versi Windows mendukung banyak BASIC V / VI sintaks serta beberapa fitur canggih sendiri. Fitur unik untuk BBC BASIC untuk Windows termasuk dukungan interpreter untuk jenis catatan / struktur, dan kemampuan untuk memanggil rutinitas API Windows atau orang-orang dalam DLL eksternal. Versi terbaru termasuk fitur-fitur canggih dibandingkan dengan bahasa seperti C, dan perpustakaan eksternal baru-baru ini menambahkan dukungan untuk objek.

Sebuah klon GPL dari BBC BASIC bernama Brandy ditulis dalam portable C juga tersedia.Sebuah emulator dari BBC Micro untuk Commodore Amiga diproduksi oleh Ariadne Software untuk CBM (UK). Sementara sangat cepat, tidak meniru 6502 dengan kecepatan penuh sehingga kode assembly akan berjalan lebih lambat dari BBC nyata sementara program BASIC akan berjalan lebih cepat. Karena cara BASIC dioptimalkan dan 6502 emulasi berinteraksi, hampir tidak ada permainan komersial yang berjalan (tetapi kode berperilaku baik dan perangkat lunak pendidikan umumnya bekerja); tambahan itu menggunakan floating-point format numerik sedikit kurang tepat. Untuk sementara itu disatukan dengan paket akademik khusus dari Amiga 500, dengan harapan bahwa sekolah akan menggantikan BBC B dengan Amiga 500-an.

Sebuah versi BBC BASIC (Z80) juga telah dibuat untuk TI-83/84 + Texas Instruments kalkulator keluarga oleh Benjamin Ryves.

Sebuah versi Commodore 64 Shado diproduksi oleh software house Aztec Software kecil di awal 1980-an.

 

KELEBIHAN BBC BASIC :

  1. Memiliki berbagai versi  yang canggih dan dinamis.
  2. Mudah untuk dipahami
  3. Dapat diakses dengan cepat
  4. Dilengkapi dengan fitur fitur  unik dan karakteristik yang tidak dimiliki oleh  bahasa pemrograman lain
  5. Memungkinkan untuk menggunakan teknik kode generasi dan bahkan menulis kompiler sederhana dalam BASIC.
  6. Mampu mendukung sintaks assembler in-line

KEKURANGAN BBC BASIC

  1. floating-point format numerik sedikit kurang tepat.
  2. Membutuhkan kapasitas RAM yang besar