Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

February 23rd, 2020

Bekerja di suatu perusahaan adalah impian semua orang, terutama para fresh graduate yang baru lulus  kuliah dan ingin cepat bekerja.

Bagi Anda yang sedang membuat planning untuk mengundurkan diri pastikan Anda tahu dulu bagaimana contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang baik dan benar.

Namun, ada juga sebagian orang yang ingin berhenti kerja dari suatu perusahaan. Ya, ini hal yang wajar tentu orang yang akan mengundurkan diri dari perusahaan memiliki alasan sendiri mengapa ia ingin resign atau berhenti kerja dan mengundurkan diri.

Ya, biasanya perusahaan akan memberikan aturan bagi seluruh karyawan yang ingin mengundurkan diri dari pekerjaannya sekarang. Salah satunya adalah karyawan yang akan mengundurkan diri harus membuat surat pengunduran diri dari perusahaan.

Nah, bagi Anda yang sedang bingung bagaimana cara membuat surat pengunduran diri dari perusahaan. Tak perlu bingung lagi, berikut akan saya berikan beberapa contoh surat pengunduran dari perusahaan yang bisa Anda jadikan referensi terbaik. Langsung saja mari kita simak.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan yang Benar

Surat pengunduran diri dari perusahaan atau surat resign merupakan jenis surat resmi yang harus Anda buat ketika akan berhenti bekerja dalam suatu perusahaan. Contoh surat pengunduarn diri dari perusahaan yang baik tentu saja harus dibuat dengan kosa kata yang sesuai EYD dan benar adanya.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang bisa dijadikan referensi untuk Anda yang berenca resign beberapa waktu dekat ini. Mari kita simak sama-sama.

Padang, 23 Februari 2020

Kepada

Yth Kepala Bagian HRD

PT Suka Marga Cipta

Jln. Soekarno Hatta Bangsa Padang

Dengan Hormat,

Dengan adanya surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                    : Lusiana Devi

Tempat/Tgl Lahir              : Surabaya, 23 Januari 1995

Alamat                                  : Jalan Mangunkusomo No 24, Surabaya

Jabatan                                : General Accounting PT Suka Marga Cipta

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 23 Februari 2020 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai passion dan juga cita-cita saya selama ini. Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting PT Suka Marga Cipta akan saya laksanakan hingga perusahaan memperoleh kandidat yang sesuai dengan jabatan yang ada saat ini.

Saya juga meminta maaf atas segala kesalahan saya selama bekerja. Saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan PT Suka Marga Cipta . Tak lupa, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan selama saya bekerja.

Sekian surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian dan perhatian Bapak/Ibu HRD PT Suka Marga Cipta, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Lusiana Devi

Nah, itu dia contoh surat pengunduran diri dari perusahaan yang bisa Anda buat ketika akan berhenti bekerja. Selain harus menggunakan bahasa yang baku, resmi dan sesuai EYD. Akan lebih baik juga saat Anda membuat dan menuliskan surat pengunduran diri disertai juga tentang alasan mengapa Anda ingin berhenti kerja atau resign. Dengan begitu, pihak perusahaan akan menerima alasan Anda dengan sangat baik.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba membuat surat pengunduran diri dari perusahaan yang Anda tempati saat ini. Semoga sukses selalu, terimakasih.

Alasan Utama Penyebab Berhenti Kerja

January 2nd, 2020

1 Perusahaan Tidak Meluluskan Jenjang Karier yang Jelas

Ada saatnya perusahaan memberi panjang karir yang terbuka karena ada demikian banyak posisi dengan dapat ditempati sama seseorang karyawan nun sudah lama berlaku serta diangkat jadi pegawai tetap. Walakin ada perusahaan, maupun bentuk pekerjaan, yang sesungguhnya memberi tara karier terang, tapi kurun waktu yang amat lama.

Umpamanya, pada susunan kerja satu buah media cetak, tahap karir cuma lumayan, dari mulai pewarta sampai pemimpin redaksi hanya beberapa prosedur saja. Walau sesungguhnya jumlah wartawan pas banyak. Untuk lalu menjadi pemimpin sidang pengarang memanglah diperlukan ketika yang amat lambat, itupun mesti singkirkan wartawan yang lain. Bukan hanya itu ada pula perusahaan dengan tahap kariernya tak terang. Umpamanya, lantaran miliki rekanan beserta pimpinan, seseorang produsen yang barusan diangkat udah mempunyai wewenang besar disana sini. Sedang mereka nun bekerja beberapa persepuluhan tahun masihlah aja tempati posisi yang sama.

2. Budaya Komitmen Perusahaan yang Tidak Cocok untuk Diikuti

Akal budi kerja ini bukanlah hal yang sipil untuk dipikirkan. Bagaimanapun budaya kerja yang baik bakal memproduksi kwalitas kerja karyawan yang baik pula. Budaya kerja itu meliputi bagaimana industri memberi sebagian ketentuan kerja untuk karyawannya, bagaimana tipe kepemimpinan yang dikerjakan oleh seseorang atasan di anak buahnya, mencapai berbatas bagaimana pihak kongsi mengkomunikasikan beberapa sesuatu perlu perusahaan di dalam beberapa karyawannya.

Semua hal itu memiliki pengaruh nyata pada kualitas kerja karyawannya. Umpamanya, seseorang pembesar yang berikan impuls anak buahnya buat bekerja lebih muluk jelas bakal menghadirkan kualitas pekerjaan dengan tambah baik dibanding pada seseorang atasan yang cuma siap memerintah-apalagi dengan sedikit marah. Pasalnya, akal budi kerja ini tidak lah di ciptakan sambil seseorang karyawan, namun oleh susunan komitmen perusahaan tersebut. Oleh sebab itu apabila ini digunakan sebagai argumen, kemungkinan besar bakal di terima.

3. Gambaran Tingkah laku Tidak Sesuai sama Kontrak atau Pendapatan Gaji

Saat mula masuk bekerja, dikau umumnya disuruh guna menandatangi kontrak. Wasiat itu diisi konsekwensi untuk menaati komitmen sebagai karyawan perusahaan, serta masalah visi pekerjaan anda. Kontrak itu dikerjakan lebih dari selembar materai, tersebut artinya pada anda serta perusahaan udah mempunyai hubungan patokan yang pasti.

Walau demikian kerapkali perusahaan mengalihkan pekerjaan yang diatas dari apa nun udah disetujui pada kesepakatan dimuka. Sepertinya jadi tidak permasalahan saat perusahaan segera memberi kompensasi upah lebih lantaran kamu kerjakan hal diluar tanggung jawab anda, namun bagaimana bila banyak kompensasi itu bukan sepadan dengan saat serta usaha keras yang sudah dikau sempatkan karenanya? Terbuka saja ini oleh sebab itu persoalan sendiri yang layak jadikan dalih untuk keluar dari pekerjaan.

4. Mereka-reka Mengembangkan Usaha Otonom

Dapat dapat disebut ini menjadi kausa resign yang patut dan ampuh untuk berhenti bekerja daripada perusahaan. Tujuannya, tersebut yaitu argumen dengan masihlah etis disampaikan oleh seseorang nun sudah bekerja, tersendiri tambah baik dari alasan geser bekerja pada perusahaan unik yang tawarkan bayaran semakin besar. Tidak hanya lebih mulia, alasan ini hendak bikin anda masihlah dapat mempunyai tali profesional yang indah dengan bebrapa rekanan kerja anda.

Taktik yang butuh pada perhatikan dari alasan ini ada 2 hal. Pertama, asalkan perusahaan masihlah sungguh memerlukan anda, tersedia peluang mereka sosok memberi tawaran penyisipan upah yang kadang-kadang memanglah kerap mengorek kemauan anda. Ke-2, beralih haluan dibanding karyawan jadi pengusaha yaitu satu tentangan sendiri, budaya sikap yang anda punyai bertahun-tahun jadi karyawan dapat jadi tantangan repot yang perlu anda taklukkan.

5. Hendak Melanjutkan Sekolah

Alasan untuk resign yang selanjutnya yaitu ‘akan melanjutkan sekolah’. Karena, hampir setiap industri pasti tidak bakal menahan-nahan seseorang orang upahan yang mengundurkan diri pencetus alasan itu. Mengapa? Pertama, lantaran terima pendidikan yaitu sidik untuk tiap wong. Kedua, meneruskan maktab yaitu bentuk pengembangan kemampuan serta mutu untuk seorang dengan malah dapat dimanfaatkan oleh satu kongsi.

Umumnya perusahaan benih menerangkan apabila produsen itu sudah membereskan sekolahnya, mereka bisa kembali memasukkan permintaan pada perusahaan ini serta meletakkannya di posisi yang pantas sama pengalaman dan tahap pendidikannya. Tetapi yang butuh di pastikan dari argumen ini yaitu kamu betul-betul mempunyai tujuan yang anda raih dengan pilih berhenti hidup serta meneruskan sekolah. Banyak masalah mengeluarkan sekolah yaitu pelarian dari pekerjaan nun berat atau prosais.

6. Anda juga Keluarga Bakal Sulih Rumah

Banyak yang menyampaikan ini ialah argumen klasik. Meskipun klasik, argumen ini umumnya tidak sosok tidak diterima sama satu perusahaan. Bagaimanapun tempat tempat tinggal, terlebih bila anda udah berkeluarga, bakal besar diperhitungkan untuk berlaku. Bekerja ditempat dengan jauh bakal meluluskan kesusahan sendiri, mengelokkan tidak dari sosok saat serta dana untuk mobilisasi dari tempat tinggal menuju ropak-rapik serta demikian sekalipun.

Mungkin untuk dalam kota-kota besar layaknya Jakarta, rumah nun jauh rasa-rasanya tidak senantiasa jadi persoalan. Umpamanya kantor pada Jakarta, namun hanya di Depok, Pamulang, serta kota-kota setengah Jakarta. Hal setara itu tidak oleh karena itu permasalahan asal memperoleh kompensasi yang besar dari usahanya yang juga besar itu, umpamanya, upah yang memanglah tinggi. Tetapi apabila tidak bisa pendapatan yang semakin gede, umumnya karyawan memanglah pilih mundur.

7. Pindah Profesi yang Lebih Sesuai tentu Pendidikan serta Reaksi

Mungkin argumen itu tidak dapat segera di terima secara baik oleh perusahaan lama ataupun industri baru. Hal semacam ini memperlihatkan dikau alami kebosanan di dalam profesi, maupun anda dinilai sudah lalai untuk memutuskan daripada pertama. Akan tetapi, bagaimanapun ini yaitu hak anda sebagai seseorang yang mau menumbuhkan diri.

Terlebih jika profesi yang anda usikan sesudah ini memanglah sesuai sama selera anda serta lingkungan pendidikan anda. Tersebut sekurang-kurangnya memberi nilai kian lantaran anda udah mempunyai pengetahuan utama dari profesi segar yang akan kamu tekuni. Tantangannya kiranya sama juga beserta poin ke empat, lantaran anda bakal temukan situasi kerja yang tidak sama, kurang lebih pekerjaan yang tidak kolektif, dan kenikmatan yang tak sama saat dikau beralih profesi.
8. Mempunyai serta Menggarap Anak

Alasan tampak kerja yang wahid ini umumnya dipakai oleh perempuan dengan belum lama mengikat. Hal ini siap umumnya dimaklumi oleh satu perusahaan. Bagaimanapun, bekerja dalam kondisi hamil itu udah adalah sebuah tantangan tersendiri. Terlebih buat beberapa jenis telatah yang memerlukan komitmen lapangan atau penampilan yang baik. Saat ini juga beberapa embuk muda seringkali guna memberi waktunya tunggal pada anaknya pecah masihl bayi sampai berumur beberapa thn.

Mereka malas untuk menitipkannnya pada hamba bayi lantaran beraneka ragam argumen tertentu. Namun bukanlah memiliki makna selama-lamanya mereka lantas tidak bekerja. Biasanya ibu muda itu mengundurkan diri untuk beberapa saat sampai keturunan udah dapat ditinggal ditempat pentitipan, day care, maupun diasuh oleh seseorang pengasuh, lantas mereka menjemput keputusan untuk balik bekerja.
9. Mengatasi Tantangan yang Segar

Mungkin ini yaitu argumen yang terkaan tidak terang. Kenapa? Lantaran tantangan tersebut yaitu pandangan pada satu pekerjaan, lumayan tiap orang dapat mempunyai pandangan yang tidak sama pada uni hal yang tahu dirinya itu. Tersedia orang yang ditantang untuk bekerja di lapangan lantaran membutuhkan kekuatan fisik nun relatif tambah baik.

Ada pula orang-orang yang ditantang buat bekerja sepanjang tarikh di kantor penyebab memerlukan konsentrasi serta mental yang menjulung untuk menghindari muncul dari kebosanan.
10. Besaran Upah yang bukan Sesuai sama Kehendak

Tak jarang orang memiliki alasan resign mendadak dikarenakan upah yang diterima tak sebanding dengan kebutuhannya. Upah menjadi problem dari satu pekerjaan, walau tidak terus-menerus jadi yang paling utama. Pemilihan besaran upah ini bervariasi macam. Dapat turun tempat pekerjaan, patokan pemerintah, berat kecilnya tanggung jawab seseorang karyawan, lamanya dia bekerja, sampai reputasi dibanding perusahaan tersebut. Hal yang kerap dikenal orang yaitu “kecil atau besar, bayaran tidak bakal sempat cukup. ”

Akan tetapi bila ada yang menawarkan semakin raksasa dengan kriteria dengan lebih kurang sama, kok tidak mengambil suasana itu? Minimum terdapat hal-hal lain nun dapat kita kerjakan dengan pendapatan yang semakin besar, umpamanya, kita lebih lawas untuk berinvestasi dengan semakin besar di beberapa produk uang.

Itu tadi dalih untuk mengundurkan diri dari pekerjaan. Amat butuh untuk membuat alasan resign yang pasti, dengan keterangan dengan lebih masuk akal dan memperlihatkan kalau anda yaitu seseorang nun mau senantiasa tumbuh

Tutorial Cara Membuat Surah Resmi

December 12th, 2019

Tembusan resmi lazimnya banyak dipergunakan untuk kepentingan instansi, perkumpulan, keperluan kantor, atau kurnia antar perusahaan. Meski demikian surat resmi tidak wajib selalu disusun oleh keluarga, bisa juga dibuat oleh individu. Suri surat formal yang dibuat oleh sosok adalah surat lamaran sikap, atau surah pengunduran muncul dimana trik penulisan tembusan tersebut memakai format surat resmi dengan berlaku & bahasa nun digunakan adalah bahasa Indonesia yang bagus dan betul. Surat itu dibuat pada berbagai kegiatan resmi seperti di bersekolah, dinas ataupun di bermacam-macam instansi penguasa negara.

Pada alinea di atas dapat diambil kesimpulan jika surat sah merupakan surah yang digunakan dalam berbagai urusan resmi baik berdasar pada personal, kantor atau organisasi. Surat formal biasanya terbuat untuk mengantarkan informasi tertulis oleh homo pihak pada pihak yang lain. Fungsi daripada surat sah biasanya mencomot lima taktik berikut. Untuk sarana petunjuk, buah fikrah, permintaan, pandangan hidup serta serupa pedoman kerja.

Meski sekarang sudah rumpang digunakan di komunikasi karakter karena sudah biasa tergantikan secara berbagai syarat lain yang lebih modern. Tetapi buat kegiatan dengan bersifat standar tentu dibutuhkan komunikasi melalui surat, sebab bila mempergunakan ponsel tetap terlihat tak profesional jadi akan ditolak. Lalu bagaimana bila bukan bisa menghasilkan surat resmi? Tenang saja kami hendak memberikan cara membuat tembusan resmi nyata dengan misalnya. Jadi membaca sampai beres ya.
Langkah Membuat Surat Resmi

Trik Membuat Surah Resmi

Sesudah mengetahui ulasan dan kemampuan surat formal sekarang saatnya masuk pada langkah-langkah membuat surat sah yang indah dan sahih. Surat resmi yang baik tentu harus memenuhi taklik dan juga komitmen baku yang telah dibuat. Berikut ciri-ciri dibanding surat formal yang bagus.

Surat sah yang indah bila dikeluarkan oleh suatu organisasi umumnya menggunakan titel surat.
Ada nomor penggarapan surat, subsidi dan juga keadaan dibuatnya surat tersebut.
Memakai ragam norma resmi nun berlaku dalam negara tersebut.
Dibuka serta ditutup beserta menggunakan tabik yang biasa digunakan sambil kebanyakan orang.
Salah satu proporsi diakui atau tidaknya surah resmi adalah adanya emblem atau stempel dari institusi yang menimbulkan surat itu. Bila tidak ada cap, oleh sebab itu surat ini akan diragukan keasliannya.

Bagian-bagian yang Tersedia Pada Tembusan Resmi

Potongan Surat Sah
sumber Pelan: skipnesia. com

Dalam memproduksi surat resmi harus menyidik peraturan patokan yang sudah ada. Secara begitu tembusan yang telah disusun bisa turun oleh semata kalangan. Dengan garis besar dalam sebuah surat biasanya memiliki format layaknya bagian pemimpin, isi surah dan belakang adalah selesai. Berikut ialah bagian dari surat formal.
Kepala maupun Kop Surat

Dalam menyarikan surat sah, keberadaan kop surat sangatlah penting. Memilikinya kop tembusan menunjukan daripada lembaga mana surat tersebut berasal. Kehadiran kop surat merupakan uni penegasan bahwa surat yang dikeluarkan itu merupakan surah resmi dibanding lembaga ataupun perusahaan dengan mengeluarkan tembusan. Dalam satu buah kop surat setidaknya mesti memiliki 5 bagian supaya orang nun menerima surah mengetahui usul surat secara jelas. Kelima bagian tajuk surat ini adalah sebagai berikut.

Sebutan lembaga, pejabat atau industri.
Alamat Pasti perusahaan, pembahasan atau instansi.
Kontak yang bisa dihubungi seperti nomer telpon, fak atau email.
Kode Tempat
Logo dari lembaga, kongsi, atau kantor.

Tidak semua kop tembusan menyertakan kelima bagian pada atas olehkarena itu berbagai tanda. Sedangkan guna penulisannya biasanya menggunakan sastra kapital dengan diperbesar dan dipertebal. Buat penulisan titel surat biasanya menggunakan papar tengah, namun terkadang tersedia juga nun menggunakan rata kiri atau kanan.
No Surat

Contoh Penulisan Nomer Surat Resmi
Sumber Gambar: slideshare. net

Nomor surat pada surah resmi ialah salah satu sesi yang mempunyai fungsi begitu penting. Pada bagian ini tidak bisa dibuat sembarangan, karena setiap watak yang terdapat pada nomor surat resmi memiliki arti dan makna. Orang yang sudah lama beroperasi dalam tembusan menyurat tentu sudah tau benar gimana tata cara penulisan nomor surat dengan baik dan benar. Lalu sungguh orang yang baru berlatih? Bagaimana menulis nomor surah? Berikut penjelasannya.

Pada tembusan resmi ada beberapa bagian seperti no surat, sinyal surat juga bulan & tahun pembuatan. Semua potongan tersebut punya fungsi dengan sangat diperlukan untuk sesi kearsipan. Pada setiap lembaga lepas untuk menghasilkan kode otonom dalam nomer surat. Lalu contoh nomor surat serta pembahasannya.

Nomor: A. 001/Pan-Pel/AKB/I/2015

A = Merupakan logat surat dalam (bisa dimanfaatkan untuk undangan anggota, maupun surat apapun yang terkait dengan lembaga atau perusahaan) Sedangkan kode “B” dapat digunakan untuk pihak pendatang lembaga.

001 = No ini merupakan nomor ekspresi surat yang dikeluarkan. Perumpamaan untuk surat pertama nun dikeluarkan sama lembaga, namun untuk surah kedua mampu menggunakan sinyal “002”.

Pan-Pel = Berarti Panitia Pelatih (jika tembusan itu spesial untuk satu kepanitiaan daftar / pelaksanaan. Bila bagian yang tersebut bisa ada dan bisa ditiadakan. Sinyal jenis ini umumnya tersedia: Kongres; Musda; Rapat; Prop; dan sebagainya

AKB = Stigma organisasi alias institusi

I = Hari dibuatnya surat. Yang berisi bulan baru menggunakan nilai romawi.

2015 = Thn surat tersebut di keluarkan.
Teritori dan Gugur Surat

Tempat dan tanggal surat adalah keterangan yang menjelaskan tempat serta saat ditulisnya surah tersebut. Namun apabila lokasi penulisan tembusan sudah dinyatakan pada kop surat, maka dalam hal ini tak perlu ditulis kembali, pas tangganya aja. Lokasi penulisan tempat dan tanggal surat biasanya berpengaruh di penjuru kanan kepada sejajar dengan nomor surah. Nama tempat biasanya ditulis mendahului gugur surat. Penulisan nama lokasi dan tercecer dipisah secara tanda koma dan diakhiri dengan tempat titik. Tiruan: Bandung, 17 Agustus 2015.
Lampiran Surah

Lampiran tembusan merupakan unik dokumen terusan yang di lampirkan ke dokumen terpenting. Lampiran lazimnya berisi sertifikat pendukung dengan menguatkan dokumen utama sebagaimana foto kesigapan, laporan uang lebih mendetail dan unik sebagainya.
Isyarat Surat

Tidak sedikit yang tidak sangat memperhatikan penulisan alamat surat, sehingga tidak sedikit terjadi kekacauan dalam penulisannya, khususnya pada menulis alamat dalam surah resmi. Bersama-sama adalah hal-hal yang wajib diperhatikan di menulis petunjuk surat.

Alamat surat lazim terdapat di dua teritori yaitu dalam bagian sarung dan pada awal tembusan.
Alamat surat yang ditulis pada bagian sampul harus mengandung alamat lengkap. sedangkan buat alamat nun ditulis pada bagian surat umumnya tidak selengkap alamat yang ditulis di sampul.
Penerapan kata “kepada” tidak perlu digunakan sebab sia-sia.
Tanda “Yang Terhormat” bisa disingkat dengan “Yth”
Penulisan julukan seperti embuk, bapak ataupun Sdr/Sdri wajib digunakan jika diikuti beserta nama orang2.
Kata “Jalan” tidak demi disingkat, & penulisan isyarat tidak perlu diakhiri dengan tanda tutul.

Salam Pemimpin dan Penutup

Penulisan selamat sebaiknya menggunakan kata-kata biasa yang konvensional digunakan dalam percakapan formal seperti salam sejahtera, atau kalau satu keyakinan dapat menggunakan tabik yang diajarkan oleh kepercayaan masing-masing. Penulisan salam di dalam surat sah biasanya diakhiri dengan huruf koma.
Pati Surat

Inilah bagian pati dari sebuah surat. Isi surat biasanya di waham pada pusat surat dengan berisi akan halnya penjelasan tujuan dan tumpuan dari satu buah surat. Itu surat nun baik merupakan yang memakai bahasa baku serta kalimat yang pendek dan gampang untuk dimengerti oleh penerima surat. Penunjukan kalimat serta kata yang digunakan pula merupakan unsur penting daripada isi surah resmi.
Selesai surat

Puncak surat harus menggunakan perkataan yang bagus dan betul. Berikut kaum contoh kata2x penutup dengan biasanya dipakai dalam tembusan resmi.

Demikian agar jadi maklum, bagi perhatian dan kerja samanya kami sodorkan terima kasih.
Demikian agar sebagai maklum, atas perhatian juga kerja samanya kami ucapkan terima kasih.
Demikian agar menjadi maklum, kepada perhatian serta kerja sama Dulur kami katakan terima kasih.
Demikian agar jadi maklum, bagi perhatian Saudara kami utarakan terima kasih.

Selain itu di bagian penutup lazimnya juga dalam lengkapi secara jabatan, sebutan dan NIK, dan juga tanda tangan orang-orang yang membuat surat. Disamping itu saja adanya turunan surat, menurut siapa sekadar surat itu ditujukan pada satu institusi tersebut.