UAS LTI

December 29th, 2020

Poster LTI ”Anxiety”

Anxiety

Diantara kalian pasti pernah mengalami yang namanya rasa cemas? Seperti ketika habis marah, menunggu sesuatu, merasa stres, dan lainnya. Jika rasa cemas tersebut hanya sementara tentu tidak akan membuat khawatir. Namun, apa bila rasa cemas tersebut berlangsung secara berlarut – larut dan muncul tanpa sebab sudah pasti menyebabkan perasaan tidak nyaman. Lalu, perasaan cemas yang tidak kunjung usai dan justru terjadi berlarut – larut disebut dengan apa? Hal tersebut yang disebut sebagai anxiety. Anxiety adalah gangguan kecemasan berlebih yang dimana rasa cemas tersebut dapat muncul tanpa sebab dan terjadi dalam jangka waktu lama.

Bagaimana kita dapat mengetahui tanda – tanda ketika mengalami anxiety? Anxiety dapat dikenali dengan beberapa tanda – tanda diantaranya seperti kesulitan saat ingin tidur, rasa tegang yang muncul pada otot – otot, perasaan trauma, sering merasa panik, rasa takut yang tidak wajar, dan lainnya. Itulah beberapa tanda kecemasan berlebih yang perlu diketahui dan diwaspadai.

Apakah anxiety dapat diatasi? Bagaimana caranya? Anxiety dapat diatasi dengan beberapa cara diantaranya dengan menarik napas yang dalam untuk membuat tubuh dan perasaan kita lebih tenang, memusatkan pikiran pada aktivitas atau kegiatan yang sedang dijalani, menghindari mengonsumsi kafein dan minuman beralkohol, bercerita dengan orang yang dipercaya terkait permasalahan yang sedang dialami hingga menimbulkan perasaan cemas, meluangkan waktu untuk diri sendiri, makan secara teratur dan minum cukup air untuk menjaga kesehatan, dan masih banyak lainnya.

Seseorang yang mengalami perasaan cemas merupakan suatu hal yang wajar. Namun, apabila kecemasan tersebut muncul tanpa sebab, terjadi dalam jangka waktu panjang, serta membuat perasaan tidak nyaman maka perlu diwaspadai. Untuk itu, kita perlu mengetahui tanda – tanda dari perasaan cemas berlebih untuk menghindarinya.

Annisa Shakila Fitri

NIM 205120307111042

Berikut saya lampirkan link video penjelasan :

https://drive.google.com/drive/folders/1MT2xgSG7HIx6xEzMaHZ2Ij762I0YV7OZ?usp=sharing