Kuliah Cuma teori? Time to action!

Kuliah Cuma  teori? Time to action!

Oleh : Annisa Rahmaesra

Gerakan Pungut Sampah - FISIP - Ilmu Komunikasi - Universitas Brawijaya 2014

Gerakan Pungut Sampah

Ayo Naik Tangga! - FISIP - Ilmu Komunikasi - Universitas Brawijaya 2014

Ayo Naik Tangga!

Sop Andong! (Sopan dalam mengirim pesan kepada dosen) - FISIP - Ilmu Komunikasi - Universitas Brawijaya 2014

Sop Andong! (Sopan dalam mengirim pesan kepada dosen)

Ayo naik tangga! (implementasi kampanye naik tangga) - FISIP - Ilmu Komunikasi - Universitas Brawijaya 2014

 

Implementasi Kampanye Sosial Ayo Naik Tangga!

Malang – Tugas kuliah tidak melulu mengenai teori, melainkan praktik nyata agar ilmu tersebut dapat digunakan dengan lebih baik. Hal ini yang dilakukan oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Brawijaya. Selama 2 minggu terakhir, beberapa mahasiswa dengan mata kuliah social marketing dan Public Relations on Media melakukan beberapa kampanye sosial di sekitar kampus FISIP.  Gencarnya melakukan kegiatan kampanye sosial sebagai wujud akan kepedulian lingkungan dan implementasi ilmu yang didapatkan.

Dimulai dari lingkungan kampus, para mahasiswa ini melakukan kampanye sosial untuk menciptakan lingkungan kampus yang lebih kondusif untuk semua academica. Seperti Gerakan Pungut Sampah (GPS), dilakukan untuk memperhatikan kebersihan lingkungan dengan memungut sampah yang ada di sekitar lingkungan kampus, kemudian menukarnya dengan merchandise. Kegiatan ini diakui karena banyaknya sampah yang ditemukan di sekitar kampus, terutama ketika kelas usai ditemui banyak sampah kertas atau makanan yang tertinggal di dalam ruang kelas.

Gerakan Cepat Tanggap Jangan Merokok di Tempat Umum (Gencatan Jarum) juga melakukan kampanye sosial dengan mengusung tema kampus bebas rokokselama 4 jam. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kampus bebas asap rokok. Caranya, para mahasiswa ini menghampiri beberapa mahasiswa yang merokok kemudian menukar rokok dengan permen dan stiker. Hal ini dilakukan sebagai sikap kepedulian kepada perokok pasif.

Kegiatan lainnya yang dilakukan seperti naik lift secara teratur, kebiasan naik tangga untuk membakar kalori, mengirim pesan yang baik dan benar kepada dosen dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan kemahasiswaan juga dilakukan beberapa mahasiswa. Walaupun hanya tugas kuliah, kegiatan ini diharapkan mampu mengubah kebiasaan buruk mahasiswa yang biasa dilakukan di sekitra kampus dan menciptakan lingkungan kampus yang kondusif (AR).

 

Ditulis oleh:

Annisa Rahmaesra

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya

Email: annisaesra@gmail.com

Alamat: Jalan Kertosari 2, Malang, 65145

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*