Artikel Ekonomi Mikro : Peningkatan Substitusi Tenaga Kerja dengan Modal untuk Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja

Artikel Ekonomi Mikro : Peningkatan Substitusi Tenaga Kerja dengan Modal untuk Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja

Teknologi Modern telah mengubah dengan pesat proses produksi di banyak industry dan kehidupan sehari-hari. Mobil makin banyak dirakit oleh robot industri; sistem komputer melakukan segalanya dari akuntansi hingga pengambilan keputusan tentang apakah suatu pinjaman harus diberikan kepada nasabah bank; dan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari seperti mencuci piring serta membeli oleh-oleh dari amazon.com, dilakukan dengan kecepatan tinggi dengan bantuan mesin dan computer.

            Manfaat utamanya adalah teknologi modern memerlukan sedikit tenaga kerja-lebih sedikit waktu manusia-untuk memproduksi output yang sama, sehingga meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Produktivitas yang lebih tinggi dalam produksi rumah tangga memberikan waktu luang untuk digunakan pada aktivitas lain.

            Produksi pertanian telah berkembang selama ribuan tahun. Teknologi mutakhir memberikan dampak besar pada produksi susu. “Petani yang Fleksibel Menjadikan Robot Untuk Memerah Susu” New York Times.

            Navan, Ontario-Dalam kurun 20 tahun terakhir, pemerahan susu di Peternakan Cloverdale merupakan rutinitas yang tidak disukai oleh pekerja dan tentu saja oleh sapi sendiri. Tiap pagi sang pemilik, Wayne Edwards, dan asistennya bangun pukul 05.30  serta menghabiskan 2 jam berikutnya untuk memerah susu. Kemudian, tiap sore pada pukul 4 proses itu dimulai lagi, kali ini berlangsung tiga jam sekalian bersih-bersih.

            “Kita harus disana, mau tak mau,” kata Pak Edwards. Sang sapi juga tidak senang karena jadwal yang kaku itu, katanya.

            Saat ini, jika ia mau, Pak Edwards bisa tidur  atau menghadiri pertandingan olahraga yang diikuti anaknya di gelanggang olahraga dekat peternakan. Dan sapinya bisa diperah susunya cukup banyak kapan pun mereka mau, siang atau malam.

            Cloverdale, di dusun kecil pinggiran desa di Ottawa, adalah salah satu di antara peternakan susu Amerika Utara yang menggunakan robot pemerah susu. Sapi diatur masuk ke wilayah pemerahan oleh komputer dan sebuah tangan robot melakukan pekerjaan mencuci putting susu dan menempatkan mangkuk perah, dengan menggunakan laser untuk mengarahkannya. Tidak perlu ada orang berada di sana. Meningkatnya biaya tenaga kerja, masalah dengan metode pemerahan susu konvensional, dan perlunya lebih banyak fleksibilitas telah membuat belasan petani di Kanada serta sebagian di Amerika Serikat mengikuti ribuan peternak susu di Eropa yang telah menjadikan mesin sebagai bagian penting dari usaha mereka.

 Sumber : Ian Austen, “How It Works : The Flexible Farmer Lets the Robot Do the Milking,” The New York Times, 23 Januari 2003.

1,754 Replies to “Artikel Ekonomi Mikro : Peningkatan Substitusi Tenaga Kerja dengan Modal untuk Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja”

  1. Pingback: hampton bay fan

  2. Pingback: hampton bay fan

  3. Pingback: regal assets review

  4. Pingback: Fence Rental Edmond OK

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CAPTCHA Image

*