Resume Dynamic Governance

KONSEP DYNAMIC GOVERNANCE

Konsep dynamic governance adalah bagaimana bekerjanya berbagai kebijakan, institusi dan struktur yang telah dipilih sehingga dapat beradaptasi dengan ketidak menentuan dan perubahan lingkungan yang cepat sehingga kebijakan, institusi dan struktur tersebut tetap relevan dan efektif dalam pencapaian keinginan jangka panjang masyarakat. Sedang konsep operasional dari Dynamic Governance adalah ”kemampuan pemerintah menyesuaikan kebijakan dengan perubahan lingkungan global yang cepat dan tidak menentu sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai

ELEMEN DAN PRINSIP DYNAMIC GOVERNANCE

  • Budaya organisasi pemerintah : Integrity, incorruptibility, meritocracy, market, pragmatism, multiracialism, state activism, long term, relevance, growth, stability, preduence, self reliance
  • Kemampuan yang dinamis

Kedua elemen pokok di atas ditopang oleh able people dan agile processes serta dipengaruhi oleh future uncertainties and external practise

Kerangka dasar elemen-elemen di atas digambarkan sebagai berikut:

Prinsip Dynamic Governance yaitu prinsip 3T:

  • thinking ahead (berpikir ke depan) Berfikir ke depan ini akan mendorong institusi pemerintah untuk menilai dan meninjau kembali kebijakan dan strategi sedang berjalan, memperbaharui target dan tujuan, dan menyusun konsep baru  kebijakan yang dipersiapkan menyongsong masa depan,
  • thinking again (mengkaji ulang) Kaji ulang dilakukan terhadap hal-hal yang sudah terjadi mencakup pemanfaatan data, informasi-informasi baru, ukuran/standar yg telah ditentukan, warisan masalah dari suatu kebijakan atau program, dan umpan balik yang diterima, dan
  • thinking across (belajar dari pengalaman Negara /organisasi lain) dengan belajar dari pengalaman dan pemikiran orang lain dalam mengelola sebuah negara atau pemerintahan akan didapat ide-ide dan pemikiran segar dalam melakukan inovasi bagi perbaikan kebijakan, strategi, dan program bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kebijakan yang diputuskan untuk diadopsi sebagai hasil proses thinking ahead, thinking again, dan thinking across selanjutnya diimplementasikan sebagai semangat kepemerintahan yang dinamis (Dynamic Governance).

FAKTOR PENDORONG DYNAMIC GOVERNANCE

  • Komitmen
  • Pengisian jabatan
  • Pragmatisme
  • Kemampuan sumber daya
  • Semangat Tidak Korup
  • Berorientasi Pasar
  • Berorientasi jangka panjang
  • Nasionalisme
  • Disiplin dan ikut turut serta

INOVASI DYNAMIC GOVERNANCE

JAKARTA, menyediakan informasi setiap hari tentang head way atau jarak antar-bus baik saat jam sibuk maupun tidak sehingga manajemen lalu lintas bus bisa tepat waktu.Portal ini juga digunakan untuk memonitor banjir, truk sampah, mesin berat, dan lain sebagainya. Selain itu, ada aplikasi yang dapat digunakan secara dua arah. Masyarakat mampu menyampaikan aspirasi melalui pengaduan real time.

BANDUNG, Selain itu, Pemkot Bandung juga meluncurkan layanan Command Center. Layanan ini merupakan salah satu inovasi dalam pelayanan publik yang menyediakan berbagai informasi di lingkup pemerintahan. Ada pula aplikasi pengaduan online yang bersifat dua arah, serta Call Center tanggap darurat.

SEMARANG, Bahkan Pemkot Semarang sudah mengoperasikan situation room yang berfungsi sebagai pusat integrasi kegiatan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Semarang. Melalui ruangan ini, setiap pelayanan dan pembangunan secara real time akan terpantau, termasuk data-data statistik terkait.Selain itu, ruangan ini difungsikan untuk memantau kondisi lalu lintas, mendeteksi wilayah banjir, mengontrol kecepatan armada BRT Trans Semarang, hingga memantau harga pokok di pasar.

SURABAYA, Beragam layanan terintegrasi dengan teknologi seperti e-Health yang merupakan aplikasi pendaftaran di pusmesmas maupun rumah sakit. Ada pula e-Kios yang mempermudah masyarakat dalam mengurus pendaftaran perizinan.

 

Sumber :

Boon Siong Neo, Geraldine Chen. 2007. Dynamic Governance, Embedding Culture, Capabilities and Change in Singapore. World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd

Sikumbang, Firmansyah. 2016. KONSEP GOOD GOVERNANCE, SOUND GOVERNANCE DAN DYNAMIC GOVERNANCE (http://firmansyahsikumbang.blogspot.com/2016/12/konsep-good-governance-sound-governance.html) diakses pada 24 April 2019.

Syarlita, Eka, Dkk. 2016. Tugas Kelompok Governance & Pengelolaan Keuangan Negara Dynamic Governance. Fakultas Ekonomi, Universitas Riau.

Review Chapter 1 Introduction “The New Public Governance?” by Stephen P. Osborn

By Annisa Nur Fitriana

Lebih dari satu dekade telah berlalu sejak publikasi dari  Christopher Hood yang dikodifikasikan sifat paradigma New Public Management (NPM) (Hood 1991). Pada saat itu tampaknya mungkin, tentu dalam komunitas riset Anglo-Amerika, paradigma ini akan menyapu semua sebelum di membentuk kembali kemenangan atas sifat disiplin kita – dalam teori dan praktek. Sebuah tahun seratus aneh hegemoni Administrasi Publik (PA) di ruang publik tampaknya dihitung untuk apa-apa di pergeseran penting ini. Sejak itu, meskipun, perdebatan tentang dampak dari NPM pada disiplin, dan memang tentang apakah itu adalah paradigma apa bukan (Gow dan Dufour 2000).

Bab pendahuluan ini dimaksudkan untuk bergerak debat kedepannya. yang menganggap bahwa, itu sedikit provokatif, NPM sebenarnya sudah tahap sementara dalam evolusi dari Administrasi Publik tradisional dengan apa yang di sini disebut Pemerintahan Umum Baru. Sebuah catatan pada terminologi adalah penting di sini. Istilah “implementasi kebijakan publik dan pelayanan publik pengiriman” digunakan di sini untuk menunjukkan bidang keseluruhan dari desain dan implementasi kebijakan publik dan pelayanan publik.

Dalam hal ini, Administrasi Publik, NPM dan Pemerintahan Umum Baru (NPG) kemudian dinyatakan sebagai kebijakan dan pelaksanaan rezim dalam bidang ini secara keseluruhan, agak berlebihan, argumen mengenai apakah rezim ini sebenarnya termasuk paradigma atau tidak. Argumen maju di sini adalah bahwa implementasi kebijakan publik dan pengiriman layanan publik telah melewati tiga desain dan pengiriman rezim: lebih lama, unggulan satu dari PA, dari akhir abad kesembilan belas sampai akhir 1970-an / awal 1980-an; yang kedua, dari NPM, hingga awal abad kedua puluh satu; dan sepertiga muncul, dari NPG, sejak saat itu.

Mau tidak mau, seperti model rezim tripartit adalah penyederhanaan – elemen setiap rezim dapat dan akan hidup berdampingan satu sama lain atau tumpang tindih. Banyak sistem pemerintahan jaringan sering beroperasi dalam bayangan, atau terlepas dari rezim dominan hirarki – misalnya, baik PA dan pemerintahan umum yg kuat , jika dibedakan, unsur hirarki (Klijn 2002). Ini harus ditekankan bahwa buku ini tidak dimaksudkan untuk mengusulkan “NPG” sebagai paradigma baru untuk pelayanan publik. Hal ini tidak bahwa normatif maupun yang preskriptif. Tanda tanya dalam judul disengaja.

Sebaliknya, buku ini adalah pemeriksaan kritis terhadap konsep “pemerintahan umum”. Menawarkan berbagai perspektif, pertanyaan buku apakah atau tidak pemerintahan umum adalah sebuah paradigma baru untuk pelayanan publik di abad dua puluh satu, dan menawarkan berbagai perspektif kritis antara – kesuanya dalam teori dan praktek.

Dalam memasuki pembahasan ini, hal ini berguna untuk diingat perbedaan yang dibuat oleh Dawson dan Dargie (1999) dalam pekerjaan mereka pada NPM. Mereka mendesak kebutuhan untuk membedakan antara NPM sebagai ideologi politik, sebagai bidang akademik studi dan sebagai badan praktek manajerial. Yang terakhir dua elemen yang penting utama dan perlu diadakan berbeda. Analisis cara kerja dan dampak rezim setiap berbeda dari pernyataan normatif “cara terbaik” untuk mengelola di dalamnya.

a. Public Administration

Elemen kunci dari Public Administration (Hood 1991), yaitu:

  1. Dominasi “aturan hukum”;
  2. Fokus pada pemberian aturan set dan pedoman;
  3. Sebuah peran sentral untuk birokrasi dalam membuat dan melaksanakan kebijakan;
  4. The “politik-administrasi” perpecahan dalam organisasi publik;
  5. Komitmen untuk penganggaran inkremental; dan
  6. Hegemoni profesional dalam penyediaan layanan publik.
  1. New Public Management (NPM)

Penyebaran NPM, dari akhir 1970-an dan seterusnya, melihat pertumbuhan wacana baru pelaksanaan dan pelayanan publik pengiriman kebijakan publik. Elemen-elemen kunci dari NPM, yaitu:

  1. Sebuah memperhatikan pelajaran dari manajemen sektor swasta;
  2. Pertumbuhan kedua tangan-on “manajemen” – dalam dirinya sendiri dan bukan sebagai sebuah cabang dari profesionalisme – dan dari “lengan panjang” organisasi di mana implementasi kebijakan itu secara organisasi menjauhkan dari pembuat kebijakan (yang bertentangan dengan “antarpribadi” distancing administrasi kebijakan membagi dalam PA);
  3. Fokus pada kepemimpinan kewirausahaan dalam organisasi pelayanan publik;
  4. Penekanan pada input dan output kontrol dan evaluasi, dan setelah manajemen kinerja dan audit;
  5. The pemilahan pelayanan publik untuk unit paling dasar mereka dan fokus pada manajemen biaya mereka; dan
  6. Dalam wilayah Anglo-Amerika dan Australia / Selandia Baru setidaknya, pertumbuhan penggunaan pasar, kompetisi dan kontrak untuk alokasi sumber daya dan pelayanan dalam pelayanan publik.
  • Sebagai seni

Seiring meningkatnya, maka, baik PA dan NPM telah mulai terlihat seperti teori-teori parsial, di terbaik. Kekuatan PA adalah di eksplorasi dari sifat dasarnya politik pelaksanaan dan pelayanan publik pengiriman kebijakan publik, dan kompleksitas dan nuansa dari pembuatan kebijakan publik dan proses implementasi. Namun, sejauh mana studi implementasi literatur dalam PA telah mampu membuka pengaruh diferensial baru terhadap implementasi kebijakan publik telah mengecewakan.

Argumen dibuat di sini adalah maka itu baik PA dan NPM gagal untuk menangkap realitas yang kompleks dari desain, pengiriman dan manajemen pelayanan publik di abad kedua puluh satu. Mengingat kritik seperti dari kedua paradigma, oleh karena itu, sekarang saatnya untuk mempertanyakan apakah ada kebutuhan mendesak sekarang ke pemahaman yang lebih canggih dari implementasi kebijakan publik dan pelayanan publik salah satu yang bergerak di luar dikotomi steril “administrasi terhadap manajemen” dan bahwa memungkinkan pendekatan yang lebih komprehensif dan terintegrasi untuk penelitian, dan praktek, pelaksanaan dan pelayanan publik pengiriman kebijakan publik. Niat dalam buku ini adalah untuk mengeksplorasi apakah NPG memiliki potensi atau aktualitas menjadi kerangka teoritis ini menyeluruh untuk penelitian dan praktek pemberian pelayanan publik.

2. Pemerintahan Umum Baru (NPG)

Pada awalnya, penting untuk menjeaskan, sekali lagi, antara dua poin. Pertama, bahwa NPG sedang disajikan di sini tidak sebagai paradigma baru normatif untuk menggantikan PA dan NPM atau sebagai “salah satu cara terbaik” (Alford dan Hughes 2008) untuk menanggapi tantangan pelaksanaan dan pelayanan publik pengiriman kebijakan publik di abad kedua puluh satu. Melainkan sedang disajikan baik sebagai alat konseptual dengan potensi untuk membantu pemahaman kita tentang kompleksitas tantangan ini dan sebagai refleksi dari realitas kehidupan kerja manajer publik hari ini.

Kedua, “pemerintahan” dan “pemerintahan publik” bukanlah istilah baru – mereka datang dengan sebelum bagasi teoritis dan / atau ideologi yang cukup. Kritik telah dibedakan tiga sekolah yang luas dari literatur tata: corporate governance, pemerintahan yang “baik”, dan pemerintahan umum. Tata kelola perusahaan yang bersangkutan dengan sistem internal dan proses yang memberikan arahan dan akuntabilitas untuk setiap organisasi. Dalam pelayanan publik itu paling sering prihatin dengan hubungan antara pembuat kebijakan dan / atau wali dari organisasi publik dan manajer senior diberi tugas membuat kebijakan ini kenyataan (misalnya, Cornforth 2003).

“Pemerintahan yang bagus berkaitan dengan diundangkannya model normatif pemerintahan sosial, politik dan administratif oleh badan supranasional seperti Bank Dunia (Leftwich 1993; Rhodes 1997).

pemerintahan umum, Yang merupakan fokus di sini, sendiri bisa dipecah menjadi lima helai yang berbeda:

  1. Tata sosial-politik, berkaitan dengan hubungan kelembagaan over-melengkung dalam masyarakat. Kooiman (1999) berpendapat bahwa hubungan ini dan interaksi harus dipahami dalam totalitas mereka dalam rangka untuk memahami penciptaan dan pelaksanaan kebijakan publik. Dalam pendekatan ini, pemerintah tidak lagi unggulan dalam kebijakan publik tetapi harus mengandalkan aktor-aktor sosial lainnya untuk legitimasi dan dampak dalam bidang ini.
  2. Tata Kebijakan publik, berkaitan dengan bagaimana elit kebijakan dan jaringan berinteraksi untuk menciptakan dan mengatur proses kebijakan publik. Marsh dan Rhodes (1992), Börzel (1997) dan Klijn dan Koppenjan (2000), bangunan atas karya Hanf dan Scharpf (1978), adalah contoh yang baik dari eksplorasi seperti cara kerja masyarakat kebijakan dan jaringan. Baru-baru ini, Peters (2008) telah menyelidiki “meta-governance” instrumen sebagai cara yang digunakan untuk menegaskan kembali arah politik dalam jaringan kebijakan multi-stakeholder.
  3. Tata Administrasi, berkaitan dengan penerapan yang efektif dari PA dan reposisi untuk mencakup kompleksitas negara kontemporer. Jadi, misalnya, Salamon (2002) menggunakan tata hampir sebagai istilah proxy untuk praktek generik pelaksanaan dan pelayanan publik pengiriman kebijakan publik, sementara Lynn et al. (2001) juga menggunakannya sebagai menangkap semua istilah untuk mencoba untuk membuat sebuah teori holistik pelaksanaan dan pelayanan publik pengiriman kebijakan publik dalam kondisi “negara berongga” (Milward dan Provan 2003). Lebih provokatif, Frederickson (1999) menyatakan bahwa pemerintahan, diambil bersama-sama dengan teori “bersama administratif”, sebenarnya cara untuk memposisikan PA sebagai disiplin unggulan melanjutkan untuk realitas dunia modern.
  4. pemerintahan Kontrak, berkaitan dengan inner dari NPM, dan khususnya tata kelola hubungan kontraktual dalam pelayanan publik. Dalam lapisan ini, Kettl berpendapat bahwa lembaga-lembaga publik di negara kontrak modern menjadi “bertanggung jawab untuk sistem [pelayanan publik] di mana mereka [memiliki] sedikit kontrol” (Kettl 1993: 207; lihat juga Kettl 2000).
  5. Tata Jaringan, berkaitan dengan bagaimana “mengorganisir diri antarorganisasi jaringan” (Rhodes 1997; lihat juga Kickert 1993) fungsi baik dengan dan tanpa pemerintah untuk memberikan pelayanan publik. Berbeda dengan pemerintahan kebijakan publik, ini difokuskan pada jaringan-jaringan yang menerapkan kebijakan publik dan memberikan pelayanan publik (misalnya Denters dan Rose 2005; Entwistle dan Martin 2005).
  1. Semua ini perspektif teoritis pada pemerintahan membuat kontribusi penting untuk pemahaman kita tentang pelaksanaan dan pelayanan publik pengiriman kebijakan publik. Tujuannya di sini adalah untuk berpendapat bahwa, dari menjadi unsur dalam PA dan NPM rezim pelaksanaan dan pelayanan publik pengiriman kebijakan publik, pemerintahan umum telah menjadi rezim khas di kanan sendiri – NPG. Tujuannya di sini adalah untuk menyarankan dan menjelajahi ceruk khas untuk NPG yang menangkap realitas pelaksanaan dan pelayanan publik pengiriman kebijakan publik dalam kompleksitas plural dan pluralis negara dalam abad ke 21.

Peraturan Perundang-Undangan di Lingkup Pemerintah Daerah

  1. UU No. 1 tahun 1945

Saat itu kuasa legislatif yang masih dipegang oleh KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat) mengeluarkan suatu peraturan perundang-undangan yaitu UU No. 1 tahun 1945 yang mengatur tentang kedudukan Komite Nasional Daerah (KND). KND diharapkan menjadi BPRD (Badan Perwakilan Rakyat Daerah) yang setara dengan DPRD pada saat ini. Di dalam UU ini juga ditentukan bahwa 5 orang dari KND menjadi Badan Eksekutif yang bersama dengan kepala daerah menjalankan kewajiban untuk mengatur rumah tangga di daerahnya.

  1. UU No. 22 Tahun 1948

Di dalam UU ini dicantumkan ketentuan bahwa segala urusan rumah tangga daerah diselenggarakan oleh pemerintah daerah dan apabila terdapat urusan yang belum diatur oleh pemerintah pusat atau pemerintah yang lebih tinggi wewenangnya dapat diatur oleh pemerintah daerah. Ketentuan ini merupakan awal dari berlakunya otonomi daerah.

  1. UU No. 44 Tahun 1950

UU ini merupakan pengaturan lebih lanjut dari UU No. 22 tahun 1948. Sejatinya UU ini lebih dikenal dengan istilah UU NIT atau Negara Indonesia Bagian Timur. Dalam UU ini disebutkan bahwa terdapat tiga tingkatan daerah otonomi di wilayah NIT, yaitu Daerah (tingkat I), Daerah Bagian (Tingkat II), dan Daerah Anak Bagian. Secara sengaja, UU ini ditetapkan dalam rangka sebagai salah satu upaya menjaga keutuhan NKRI.

  1. UU No. 1 tahun 1957

UU No. 1 tahun 1957 yang mengatur tentang Pokok-Pokok Pemerintahan daerah. Pemerintah daerah pun terdiri dari dua lembaga berdasarkan UU ini, yaitu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sebagai lembaga legislatif dan Dewan Pemerintahan Daerah selaku lembaga eksekutif yang menjalankan pemerintahan. Tujuan pelaksanaan otonomi daerah juga turut disebutkan di dalam UU ini.

  1. UU No. 18 tahun 1965

UU ini merupakan pengejawantahan dari manifesto politik RI yang digulirkan oleh Presiden Sukarno sebagai GBHN (Garis-garis Besar Haluan Negara). Di dalam UU ini disebutkan bahwa pemerintah daerah terdiri dari kepala daerah sebagai lembaga eksekutif dan Dewan Perwakilan Daerah sebagai lembaga legislatif. Disebutkan pula bahwa pemerintah daerah memiliki hak dan kewajiban untuk mengatur urusan rumah tangga daerahnya.

  1. UU No. 19 tahun 1965

UU no. 19  tahun 1965 yang mengatur tentang desa praja sebagai bentuk peralihan untuk mempercepat terbentuknya daerah tingkat III di seluruh wilayah Indonesia. Yang dimaksud dengan desapraja sendiri yaitu kesatuan masyarakat hukum yang tertentu batas daerahnya, berhak untuk mengurus rumah tangganya sendiri, memilih siapa pemimpinnya, dan memilik harta benda sendiri.

  1. UU No. 5 tahun 1974

UU No. 18 tahun 1965 hanya bertahan dalam masa pemberlakuannya selama sembilan tahun. UU tersebut digantikan oleh UU no. 5 tahun 1974 tentang pokok-pokok pemerintahan di daerah. Yang baru dari UU ini ialah diaturnya ibukota negara Indonesia Jakarta. UU ini mengamanahkan adanya UU yang secara khusus mengatur mengenai jalannya kedaulatan rakyat di ibukota negara tersebut. Selain itu, UU ini juga mengatur salah satu aspek dalam asas desentralisasi yaitu penambahan penyerahan urusan kepada daerah ditetapkan melalui peraturan pemerintah.

  1. UU No. 5 tahun 1979

UU no. 5 tahun 1979 yang mengatur tentang pemerintahan desa pada masa pemerintahan orde baru pula. Dengan adanya UU ini diharapkan kedudukan pemerintahan desa dapat diseragamkan dengan tetap mengindahkan keragaman kondisi desa dan ketentuan adat istiadat yang masih berlaku agar memperkuat pemerintahan desa sehingga semakin mampu untuk menggerakkan masyarakat dalam partisipasinya mencapai tujuan pembangunan nasional dan melaksanakan administrasi desa yang semakin meluas dan efektif.

  1. UU No. 22 tahun 1999

UU yang mengatur pemerintahan daerah di Indonesia selanjutnya yaitu UU no. 22 tahun 1999 yang mengatur tentang tentang pemerintahan daerah. UU ini mulai diundangkan pada era demokrasi reformasi. Di dalam UU ini disebutkan bahwa jenis dan tingkatan daerah yang berlaku yaitu daerah provinsi, kabupaten, dan kota.

Yang membedakan dengan UU pemerintahan daerah yang sebelumnya yaitu di dalamnya disebutkan bahwa kepala daerah beserta perangkat daerah otonom yang lain sebagai badan eksekutif daerah dan DPRD sebagai badan legislatif daerah.

  1. UU No. 32 tahun 2004

Semua hal tersebut dilakukan dengan tetap memperhatikan segala prinsip demokrasi, keadilan, pemerataan, kekhususan dan keistimewaan suatu daerah dalam lingkup negara kesatuan Republik Indonesia.

  1. UU No. 9 Tahun 2015

Keberadaan UU ini tidak lepas dari adanya pengaruh dari perubahan aturan mengenai pemilihan kepala daerah. Adapun  perubahan yang terjadi adalah penegasan dari pembantu tugas kepala daerah, yaitu wakil kepala daerah. Selain itu, disebutkan pula wakil gubernur, wakil bupati, dan wakil walikota. Di dalam UU ini juga diatur segala tugas dari kepala daerah yang baru dan berbagai ketentuan baru yang lainnya. UU ini dinyatakan mulai berlaku pada tanggal 18 Maret 2015 oleh presiden Joko Widodo.

  1. Ketetapan MPR RI Nomor XV/MPR/1998

Peraturan perundang-undangan otonomi daerah di Indonesia yang pertama ialah Tap MPRI RI No. XV/MPR/1998. Menurut Tap MPRI RI No. XV/MPR/1998 yang mengatur ketetapan ini mengatur tentang penyelenggaraan otonomi daerah, pengaturan, pembagian, dan pemanfaatan Sumber Daya Nasional yang berkeadilan, serta perimbangan keuangan pusat dan daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sedikit banyak ketetapan MPR RI ini berisi tentang asas-asas otonomi daerah, terutama mengenai contoh penerapan asas desentralisasi dalam penyelenggaraan kedaulatan rakyat di Indonesia. Ketetapan MPRI RI yang dikeluarkan pada era demokrasi reformasi ini menunjukkan semangat pemerataan dan perimbangan dalam hal pengelolaan sumber daya nasional dengan berkeadilan.

  1. Ketetapan MPR RI Nomor IV/MPR/2000

Peraturan perundang-undangan otonomi daerah di Indonesia yang selanjutnya ialah Tap MPR RI No. IV/MPR/2000 yang membahas mengenai materi rekomendasi kebijakan dalam penyelenggaraan otonomi daerah. Ketetapan MPR RI ini dikeluarkan dua tahun setelah Tap MPR RI No. XV/MPR/1998. Pada tahun tersebut, terjadi pertimbangan untuk mengeluarkan Tap MPR RI yang menjabarkan secara lebih lanjut Tap MPR RI mengenai otonomi daerah yang sebelumnya. Naskah tersebut berisi rumusan permasalahan penyelenggaraan otonomi daerah beserta dengan rekomendasi kebijakan yang merupakan solusi atas permasalah dalam penyelenggaraan otonomi daerah tersebut.

Daftar pustaka:

https://guruppkn.com/peraturan-perundang-undangan-otonomi-daerah

11 Undang-Undang yang Mengatur Pemerintahan Daerah di Indonesia

Governance

A.MODEL GOVERNANCE

Secara garis besar model Governance akan bergantung pada system pemerintahan yang dianut oleh suatu negara, berdasarkan kuatnya peran 2 sisi yaitu :

1.Pemerintah

2.Swasta dan masyarakat

Ada 2 model umum governance :

1.Otokorasi governance : menitikberatkan pada kekuasaan pemerintah (pelaksanaan system pasar korporat dan non pasar yang statis)

2.Demokrasi governance : penekanan pada kuatnya peran suatu rakyat dalam pengambilan keputusan (pelaksanaan system pasar libertarian dan non pasar komunitarian

B. TIPE TIPE GOVERNANCE

  1. GOOD  GOVERNANCE

peyelegaraan manajemen pembangunan yang solid dan bertanggung jawab yang sejalan dengan prinsip demokrasi dan pasar yang efisien, penghindaran salah alokasi dana investasi dan pencegahan korupsi baik secara politik maupun secara administratif menjalankan disiplin anggaran serta penciptaan legal dan politican framework bagi tumbuhnya aktifitas usaha.

  1. BAD GOVERNANCE

penyelenggaraan negara yang tidak memperhatikan nilai nilai prinsip demokrasi, terdapat penyelewangan dana dan tanggung jawab dan sebagainya

  1. e-GOVERNANCE SERVICE

mendefinisikan dan menilai dampak dari teknologi informasi dan komunikasiterhadap praktik pemerintahan dan untuk masyarakat luas.

  1. CORPORATE GOVERNANCE

terkait dengan prinsip prinsip moral dan keseimbangan antara tujuan social dan ekonomi yang bertujuan memberikan kerangka kerja pengaturan lingkungan yang kondusif untuk kegiatan pemerintahan yang efektif

  1. ENVIROMENTAL GOVERNANCE AND NATURAL RESOURCES

mengacu pada semua proses, aturan, dan praktik lembaga yang berkontribusi pada perlindungan, pengelolaan, konservasi, dan eksploitasi  keanekaragaman hayati, ekosistem dan sumber daya mineral.

  1. DEMOCRATIC GOVERNANCE

dipahami sebagai seni pemerintah yang mengatur hubungan dalam masyarakat dan mengkoordinasikan keterlibatan berbagai pelaku.

  1. ECONOMIC AND FINANCIAL GOVERNANCE

tata kepemerintahan yang lebih fokus pada pendorongan pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kemiskinan

C.  MULTILEVEL GOVERNANCE

Mengacu pada  tata kelola system pemerintahan dalam wilayah regional , fokus konsep ini adalahinteraksi antar tingkat pemerintahan, nasional, regional dan local.

Adanya pembentukan kebijakan dan wewenang politik yang kemudian diberikan juga kepada tatanan pemerintahan ditingkat bawahnya, yang mana ada pembagian tanggung jawab antara tingkatan

ESENSI  MULTILEVEL GOVERNANCE

1. Sebagai otoritas  bersama yang berpengaruh dalam pembuatan kebijakan

2. Berkurangnya kontrol atau wewenang dari negara kepada actor  yang berada dalam territorial wilayah

3. Terdapat kontrol antara pemerintah nasional terhadap lembaga supranasional

4. Perubahan kontrol politik

Pada penelitian ini Indonesia mengikuti rezim internasional dalam politik lingkungan. Kolaborasi lembaga PBB membentuk suatu Rezim lingkungan bernama REDD kemudian menjadi REDD+. Indonesia sebagai salah satu negara berkambang yang mengikuti program REDD+, dalam implementasi program REDD+ ini terbagi lagi dalam pemerintahan Nasional, Sub-Nasional, Regional, dan lokal. Hal inilah yang melandasi Konsep Multilevel Governance sebagai salah satu pendukung dalm menjelaskan dan menjawab regulasi dari implementasi program REDD+ di Indonesia khususnya di Provinsi Papua Barat.

DIMENSI MULTILEVEL GOVERNANCE

1. DIMENSI  VERTIKAL

keterkaitan antara tingkat pemerintahan yang lebih tinggi dan rendah, termasuk dalam aspek kelembagaan, keuangan, dan informasinya.

  1. DIMENSI HORIZONTAL

Mengacu pada pengaturan kerjasama antar wilayah atau antar kota sebagai implementasi strategi pembangunan

Governance

Prinsip – Prinsip Good Governance

Kunci utama memahami good governance adalah pemahaman atas prinsip-prinsip di dalamnya. Bertolak dari prinsip-prinsip ini akan didapatkan tolak ukur kinerja suatu pemerintahan. Baik-buruknya pemerintahan bisa dinilai bila ia telah bersinggungan dengan semua unsur prinsip-prinsip good governance. Menyadari pentingnya masalah ini, prinsip-prinsip good governance diurai satu persatu sebagaimana tertera di bawah ini:

Sepuluh Prinsip Good Governance adalah : akuntabilitas, pengawasan, daya tangkap, profesionalisme, efisiensi dan efektivitas, transparansi, kesetaraan, wawasan ke depan, partisipasi, dan penegakan hukum.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 prinsip-prinsip kepemerintahan yang baik terdiri dari:

Profesionalitas, meningkatkan kemampuan dan moral penyelenggara pemerintahan agar mampu memberi pelayanan yang mudah, cepat, tepat dengan biaya yang terjangkau.

 

  1. Akuntabilitas, meningkatkan akuntabilitas para pengambil keputusan dalam segala bidang yang menyangkut kepentingan masyarakat.

 

  1. Transparansi, menciptakan kepercayaan timbal balik antara pemerintah dan masyarakat melalui penyediaan informasi dan menjamin kemudahan di dalam memperoleh informasi yang akurat dan memadai.

 

  1. Pelayanan prima, penyelenggaraan pelayanan publik yang mencakup prosedur yang baik, kejelasan tarif, kepastian waktu, kemudahan akses, kelengkapan sarana dan prasarana serta pelayanan yang ramah dan disiplin.

 

  1. Demokrasi dan Partisipasi, mendorong setiap warga untuk mempergunakan hak dalam menyampaikan pendapat dalam proses pengambilan keputusan, yang menyangkut kepentingan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung

 

  1. Efisiensi dan Efektifitas, menjamin terselenggaranya pelayanan kepada masyarakat dengan menggunakan sumber daya yang tersedia secara optimal dan bertanggung jawab.

 

  1. Supremasi hukum dan dapat diterima oleh seluruh masyarakat, mewujudkan adanya penegakkan hukum yang adil bagi semua pihak tanpa pengecualian, menjunjung tinggi HAM dan memperhatikan nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat.

 

Sedarmayanti (2004:7) menyimpulkan bahwa terdapat empat unsur atau prinsip utama yang dapat memberi gambaran administrasi publik yang berciri kepemerintahan yang baik yaitu sebagai berikut:

 

  1. Akuntabilitas : Adanya kewajiban bagi aparatur pemerintah untuk bertindak selaku penanggung jawab dan penanggung gugat atas segala tindakan dan kebijakan yang ditetapkanya.

 

  1. Transparansi : Kepemerintahan yang baik akan bersifat transparan terhadap rakyatnya, baik ditingkat pusat maupun daerah.

 

  1. Keterbukaan : Menghendaki terbukanya kesempatan bagi rakyat untuk mengajukan tanggapan dan kritik terhadap pemerintah yang dinilainya tidak transparan.

 

  1. Aturan Hukum : Kepemerintahan yang baik mempunyai karakteristik berupa jaminan kepastian hukum dan rasa keadilanmasyarakat terhadap setiap kebijakan publik yang ditempuh.

 

Latar Belakang Munculnya Prinsip-Prinsip Governance

Istilah good governance kembali mencuat pada tahun 1980an terutama dalam diskusi yang bertajuk pembangunan. Governance merupakan redefinisi dari mendesain dan menemukan kembali konsep administrasi publik   (Wrihatnolo & Riant, 2007)

Di Indonesia, Isu Governance mulai memasuki arena perdebatan pembangunan yang didorong oleh adanya dinamika menuntut perubahan baik dari sisi pemerintah maupun warga. Dalam konsep Governance, pemerintah hanya menjadi salah satu aktor dan tidak selalu menjadi aktor yang paling menentukan. Peran pemerintah sebagai pembangun maupun penyedia jasa pelayanan dan infrastruktur bergeser menjadi badan pendorong terciptanya lingkungan yang mampu memfasilitasi stakeholder lainnya untuk ikut aktif dalam kebijakan (Sumarto, 2004). Bank Dunia, sebagai inisiatif pembangunan kapasitas kelembagaan (institutional capacity building) di bawah rubrikgovernance untuk pembangunan untuk pertama kalinya telah memperkenalkan konseppublic sector management programs (program pengelolaan sektor publik) dalam rangka memperlakukan tata pemerintah yang lebih baik, khususnya dalam bingkai persyaratan bantuan pembangunan, yang dikenal dengan Structural Adjustment Program (SAP, atau program penyesuaian struktural)[2]. Good governance merupakan imposisi politik hukum yang dikendalikan negara-negara industrial dan agen internasional (lembaga maupun negara donor) dalam membentuk  tata pemerintahan yang berselerakan pasar. Konsep good governance menjadi sangat populer digunakan oleh badan-badan donor internasional, yang sekarang diakui sebagai manifesto politik baru. Analisis Bank Dunia menekankan pentingnya program governance, yang di dalamnya mencakup kebutuhan akan kepastian hukum, pers yang bebas, penghormatan pada HAM, dan keterlibatan warga negara dalam organisasi-organisasi nonprofit.

 

Daftar Pustaka

https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/pengertian-prinsip-dan-penerapan-good-governance-di-indonesia-99

http://keuanganlsm.com/10-prinsip-good-governance/

http://indracuin.blogspot.com/2013/07/good-governance-asal-usul-perkembangan.html

eJournal Ilmu Administrasi Negara, 2013, 1 (2): 196-209 ISSN 0000-0000, ejournal.an.fisip-unmul.org

 

GOVERNANCE

Secara umum istilah government lebih mudah dipahami sebagai pemerintah yaitu lembaga beserta aparaturnya yang mempunyai tanggung jawab untuk mengurus negara dan menjalankan kehendak rakyat. Sedangkan governance   memiliki   arti   yang   lebih   kompleks   dibanding   government karena menyangkut pilar – pilar good governance itu sendiri. Menurut  BAPPENAS  pemerintah  dalam  arti  yang paling dasar di terjemahkan sebagai sekumpulan orang yang memiliki mandat yang absah dari rakyat untuk menjalankan wewenangnya dalam urusan pemerintahan. Pemerintah menujuk kepada kesatuan aparatur atau badan (lembaga), atau dalam istilah lain disebut sebagai pengelola atau pengurus. Sedangkan “pemerintah” menunjuk kepada perbuatan atau  cara  atau  urusan memerintah, misalnya pemerintah  yang adil,  pemerintah yang demokratis, dan sebagainya.

Menurut World Bank (Bank Dunia)

Good Governance menurut pengertian World Bank adalah suatu penyelenggaraan manajemen pembangunan yang solid dan bertanggung jawab yang sejalan dengan prinsip demokrasi dan pasar yang efisien, penghindaran salah alokasi dana investasi, dan pencegahan korupsi baik secara politik maupun administratif, menjalankan disiplin anggaran serta penciptaan legal and political framework bagi tumbuhnya aktivitas usaha. Selain itu Bank dunia juga mensinonimkan Good Governance sebagai hubungan sinergis dan konstruktif di antara negara, sector dan masyarakat

Menurut LAN dan BPKP

Good Governance merupakan proses penyelenggaraan kekuasaan Negara, oleh sebab itu, melaksanakan penyediaan Public goods dan services. Good Governance yang efektif menuntut adanya “alignment “ (koordinasi) yang baik dan integritas, profesionalisme serta etos kerja dan moral yang tinggi. Agar kepemerintahan yang baik menjadi realitas dan berhasil diwujudkan, diperlukan komitmen dari semua pihak, pemerintah, dan masyrakat.

Menurut UNDP

Good governance sebagai hubungan yang sinergis dan konstruktif di antara negara, sektor swasta dan masyarakat (society) dalam prinsip-prinsip; partisipasi, supremasi hukum, transparansi, cepat tanggap, membangun konsesus, kesetaraan, efektif dan efisien, bertanggungjawab serta visi stratejik.

Menurut Bintoro Tjokroamidjojo

Bintoro Tjokroamidjojo memandang good governance sebagai suatu bentuk manajemen pembangunan, yang juga disebut administrasi pembangunan, yang menempatkan peran pemerintah sentral yang menjadi agent of change dari suatu masyarakat berkembang/developing di dalam negara berkembang.

Menurut Kashi Nisjar

Kashi Nisjar (1997) dalam Domai (2001) mengemukakan bahwa secara umum good governance mengandung unsur utama yang terdiri dari akuntablitas, transparansi, keterbukaan dan aturan hukum.

Menurut Kooiman

Kooiman (1993) berarti merupakan serangkaian kegiatan (proses) interaksi sosial politik antara pemerintah dengan masyarakat dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat dan intervensi pemerintah atas kepentingan-kepentingan tersebut

Menurut J.B.Kristiadi

J.B.Kristiadi berpendapat bahwa Good Governance dicapai melalui pengaturan yang tepat diantara dua fungsi pasar dan fungsi organisasi termasuk organisasi publik, sehingga tercapai transaksi transaksi dengan biaya rendah.

Latar Belakang

Konsep governance dikembangkan sebagai bentuk kekecewaan terhadap konsep government  yang  terlalu  meletakkan  negara  (pemerintah)  dalam  posisi  yang terlalu dominan. Sesuai konsep government, negara merupakan institusi publik yang mempunyai kekuatan pemaksa secara sah yang merepresentasikan kepentingan publik. Mekanisme pemerintahan  yang paling menentukan adalah kapasitas ruling dan regulating, yang membuat pemerintah mampu mengarahkan dan  mengatur  semua  komponen  yang  ada  didalam  masyarakat.  Pemikiran semacam  ini  dianggap  oleh banyak  pihak  mendorong,  atau  minimal membenarkan, pemerintah yang bukan hanya kuat, namun juga pemerintah yang terlalu dominan dan meremehkan kekuatan yang ada di masyarakat, baik kekuatan swasta maupun masyarakat sipil.

Aktor yang terlibat di dalam governance tidak hanya negara (pemerintah) tetapi juga sektor swasta dan masyarakat. Kesemuanya merupakan aktor yang memiliki peran sama penting dalam sebuah penyelenggaraan pemerintahan. Negara (pemerintah)  berperan  dalam  menciptakan  situasi  politik  dan  hukum  yang kondusif. Sektor swasta berperan dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan pendapatan. Masyarakat berperan dalam memfasilitasi interaksi secara sosial dan politik yang memadai bagi mobilisasi individu atau kelompok-kelompok masyarakat untuk berpartisipasi dalam aktivitas, ekonomi, sosial dan politik. Dengan kata lain, birokrasi dituntut agar mempunyai karakter bersih, terbuka, akuntabel, responsive, berorientasi pada kepentingan masyarakat, dan mendorong partisipasi masyarakat bagi keterlibatan dalam proses pembuatan, pelaksanaan dan kontrol kebijakan.

Isu  governance  mulai  memasuki  arena perdebatan pembangunan  di  Indonesia didorong oleh adanya dinamika yang menuntut perubahan-perubahan disisi pemerintah, swasta, maupun disisi masyarakat. Pemerintah diharapkan menjadi lebih demokratis, efisien dalam penggunaan sumber daya publik, efektif menjalankan fungsi pelayanan publik, lebih tanggap, serta mampu menyusun kebijakan,  program  dan  hukum  yang  dapat  menjamin  hak  asasi  dan  keadilan sosial. Peran pemerintah sebagai pembangun maupun penyedia jasa pelayanan dan infrastruktur akan bergeser menjadi badan pendorong terciptanya lingkungan yang mampu memfasilitasi pihak lain di komunitas dan sektor swasta untuk aktif melakukan upaya tersebut (Sedarmayanti, 2007: 2-3).

Sejalan dengan harapan baru terhadap peran negara tersebut, masyarakat juga diharapkan untuk menjadi masyarakat yang memiliki kesadaran akan hak dan kewajibannya, lebih terinformasi, memiliki solidaritas terhadap sesama, bersedia berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan urusan publik, memiliki kemampuan untuk berurusan dengan pemerintah dan institusi publik lainnya, tidak apatis, serta tidak  mementingkan  diri  sendiri.  Dalam  pelaksanaan  pembangunan  misalnya, peran pemerintah akan mejadi semakin berkurang, dimana pemerintah lebih berperan sebagai regulator atau fasilitator guna menciptakan iklim kondusif bagi pelaksanaan proses pembangunan nasional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Peran pemerintah yang semakin berkurang akan menyebabkan dunia usaha swasta dan masyarakat memiliki peran yang sama untuk ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan dan merumuskan kebijakan publik. Dengan demikian,  peran  pemerintah,  dunia  swasta,  dan  masyarakat  menjadi  lebih seimbang karena pihak swasta dan masyarakat yang mengawasi kinerja pemerintah, sehingga dapat mendukung pemerintah untuk dapat lebih demokratis dan lebih berkualitas demi terciptanya kepemerintahan yang baik (good governance).

Daftar Pustaka

http://bappenas.go.id

http://thesis.binus.ac.id/doc/Bab2/2011-2-00515-AK%20Bab2001.pdf

https://www.daftarinformasi.com/pengertian-good-governance/

http://digilib.unila.ac.id/308/10/BAB%20I.pdf