My Study My Adventure

2016
10.06

Selasa, 16 Februari 2016 

PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) di Gedung Lama Farmasi diikuti oleh semua mahasiswa profesi apoteker yang lolos seleksi (eksternal) maupun dari mahasiswa Unpad (internal). Angkatan profesi tahun akademik semester genap 2015/2016 terdiri dari 122 orang (53 dari internal; 69 dari eksternal). Berikut rundown acara PMBnya:

1455267700472

 

Dalam 1 semester, terdapat 11 mata kuliah wajib. Angkatan tahun ini terdiri dari 2 kelas (A dan B), saya ditempatkan di kelas A. Dan, setiap satu dosen wali akan membimbing sebanyak 11 mahasiswa masing-masing.

1455267713503

 

Untuk sidang apoteker (komprehensif) akan di uji oleh dosen internal, eksternal dan praktisi. Info tambahan, di mulai tahun depan, 2017, UKAI (Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia) akan dilaksanakan secara sumatif, bukan sekedar formatif. Dua tahun yang lalu, UKAI masih bersifat formatif, nilai berapapun tetap bisa ambil sumpah apoteker. Tapi untuk tahun depan dan seterusnya, sumpah apoteker bisa diambil jika lulus UKAI.

Bismillah, LULUS, aamiin ya ALLAH…

 

Senin, 22 Februari 2016 

Kuliah perdana di mulai dari jam 08.00 dengan mata kuliah Farmakoterapi Terapan yang diajar oleh Prof. Dr. Muhtadi Ahmad., Apt tentang application pharmacotherapy. Salah satu materi yang diberikan yaitu menerangkan tentang konsep farmakoterapi terapan yaitu penggunaan obat rasional, memilih obat secara rasional, memberikan informasi obat dst. Berdasarkan buku application pharmacotherapy principles and practice, bahwa the art of pharmacotherapy itu bertujuan untuk applying knowledge and making therapeutic decisions. Tiga langkah yang dilakukan: assessment, care plan, evaluation.

Setelah dosen selesai menjelaskan materinya, kami diberi tugas kelompok presentasi tentang kasus DRP (drug related problem) dan solusinya, di mana 1 kelompok terdiri dari 6 orang (Fitri, Ana, Octa, Angi, Juliana, Fadilla).

Selanjutnya jam ke-2 diisi dengan mata kuliah Pelayanan Kefarmasian oleh Dr. Sri Sumiwi, M.Si., Apt. Beliau memberikan pengantar dan pendahuluan. Dan kemudian menjelaskan sekilas tentang blueprint UKAI (LPUK-NAKES: Lembaga Pengembangan Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan).

Kemudian, ishoma (istirahat, sholat, makan) dari jam 11.40-13.00. Kuliah berikutnya dilanjutkan dengan mata kuliah Farmasi Industri yang diajarkan oleh Dr.rer.nat. Anis Yohana Chaerunisaa, M.Si., Apt tentang pendahuluan. Dan kemudian diberikan tugas kelompok makalah dan presentasi tentang Regulasi di Industri Farmasi (Sejarah cGMP, cGMP di berbagai negara maju, CPOB di Indonesia, dan peraturan & perundangan yang terkait).

Dan, untuk mata kuliah terakhir, diisi dengan mata kuliah Farmasi Rumah Sakit oleh Pak Angga P.Kautsar, MARS., Apt tentang ruang lingkup FRS (Non-klinis; Klinis). Dan sebagai penutup, kami diberikan tugas kelompok makalah tentang gap analysis, 1 kelompok terdiri dari 10 orang. Tugasnya mencari perbedaan secaa kualitatif (deskripsi) tentang variabel/aspek menurut daftar pekerjaan kefarmasian versi Indonesia dengan FIP (Federation International Pharmaceutical), dengan kata lain Permenkes No. 377 dsb vs FIP).

Sebelum kembali ke rumah masing-masing, dilakukan pemilihan PJ matkul setelah kuliah berakhir. Berikut para PJ matkul profesi apoteker:

  1. Farmakoterapi Terapan: Adi
  2. Pelayanan Kefarmasian: Annisa
  3. Farmasi Industri: Faisal
  4. Farmasi RS: Ige
  5. Manajemen Farmasi: Vira
  6. Ilmu Kesehatan Masyarakat: Dewi ‘Dewo’
  7. Fitoterapi Terapan: Alfi
  8. Komunikasi dan Konseling: Agisa
  9. Biofarmasetika: Hakim
  10. Compounding and Dispensing: Sahlan
  11. Pemastian Mutu (QA): Nafis

 

Selasa, 23 Februari 2016 

Kuliah dimulai jam 08.00 setiap hari, matkul jam ke-1 hari ini yaitu Manajemen Farmasi yang diajar oleh Bu Aulia Suwantika, PhD.,MBA.,Apt tentang pengantar dan pendahuluan. Kemudian diberikan tugas kelompok mengenai pendapat tentang kasus kompetisi vs monopoli dari segala sisi (bisnis, etik, dsb), contoh kasus Martin Skhrelli, yang dikumpulkan ketika UTS max 24.00 WIB.

Dilanjutkan dengan mata kuliah jam ke-2 yaitu Ilmu Kesehatan Masyarakat oleh Dra. Sulistiyaningsih, M.Kes.,Apt tentang pengantar IKM dan Konsep Sehat & Sakit. Catatan IKM adalah catatan terpanjang yang saya tulis di buku karena ada kuis secara lisan di akhir perkuliahan, dosen secara acak akan memanggil nama mahasiswa secara acak untuk menjawab pertanyaan dari Bu Sulis.

Selanjutnya ishoma sampai jam 13.00, kemudian dilanjutkan lagi dengan matkul Komunikasi Informasi dan Edukasi tentang kompetensi apoteker Indonesia, Unit, dan Elemen. Dan matkul terakhir diisi oleh materi tentang Fitoteri Terapan mengenai Prevention and Treatment of Human Diseases using Plants, Parts of Plants, or Herbal Preparations oleh Prof. Dr. Moelyono M.W, MS., Apt. Selain mengajar tentang Fitoter, beliau juga biasanya mengisi materi tentang kehidupan serta contoh-contohnya di kehidupan sehari-hari.

 

Selasa, 23 Februari 2016 

Seperti biasa, kuliah dimulai pada jam 08.00, berangkat dari kos jam 07.00 karena harus mengantri angkot di dalam kampus, kampus Unpad sangat luas dan akan membutuhkan waktu banyak jika berjalan kaki dari gerbang ke gedung Fakultas Farmasi. Jadi, kebanyakan mahasiswa akan berdiam diri di tempat pemberhentian angkot Unpad dan berebutan masuk ke dalam angkot gratis itu.

Kuliah dimulai jam 08.00 dengan matkul Biofarmasetika dan Farmakokinetik Terapan oleh Pak Taofik Rusdiana, Ph.D., Apt. Tentang Peranan Biofarmasetika & Farmakokinetik dalam Proses Produk Obat. Selanjutnya dilanjutkan dengan matkul Compounding & Dispensing tentang Analisis Resep Dokter Spesialis Syaraf & Anak oleh Dr. Marline Abdassah, MS., Apt. Dan terakhir, dilanjutkan dengan matkul Pemastian Mutu (Q.A) pada jam 13.00 oleh Drs. Dradjad Priambodo, Apt tentang Petunjuk Operasional Pedoman Penerapan CPOB.

 

Senin, 29 Februari 2016

Pada pertemuan ke-2 matkul Farmakoterapi Terapan yang dibimbing oleh Prof. Dr. Muhtadi Ahmad., Apt, tidak diisi dengan materi perkuliahan tetapi diisi dengan presentasi dari tugas yang telah diberikan minggu lalu. Pada hari ini, beberapa kelompok telah mempresentasikan tentang kasus Obesitas & Hiperlipidemia pada pediatrik, dewasa dan geriatrik. Untuk kasus pada pediatrik (anak-anak) dipresentasikan oleh kelompok saya dan teman-teman lainnya, kemudian di lanjutkan dengan tanya jawab, dan presentasi berjalan dengan lancar.

Selanjutnya dilanjutkan dengan matkul Pelayanan Kefarmasian tentang Mengapa ada Konsep Baru Pharmaceutical Care? Oleh Dr. Sri Adi Sumiwi, M.Si., Apt. Pada jam ke-3, matkul Farmasi Industri tidak ada, karena Bu Anis berhalangan hadir. Selanjutnya pada jam terakhir, dilanjutkan dengan matkul Farmasi Rumah Sakit tentang Supply Chain Farmasi Rumah Sakit oleh Pak Angga P.K., MARS., Apt. Dan pada akhir kuliah, Pak Angga memberikan tugas kelompok yang akan dikumpulkan pada minggu depan, tetapi tidak dipresentasikan.

 

Selasa, 01 Maret 2016 

Pada jam I, pemberian materi kuliah dimulai seperti biasa, diisi oleh matkul Manajemen Farmasi tentang Fungsi-fungsi Manajemen oleh Pak Auliya Suwantika, PhD, MBA., Apt. Fungsi Manajemen terdiri dari 8 poin, yaitu decision making, organizing, staffing, planning, controlling, communicating, directing, dan innovating. Selanjutnya, jam ke-2 diisi oleh matkul Ilmu Kesehatan Masyarakat tentang Aplikasi Kesehatan Perorangan Peran Apoteker dalam Masyarakat oleh Dra. Sulistiyaningsih, M.Kes.,Apt. Selanjutnya, kami diberika tugas kelompok dan dikumpulkan pada minggu ke-5 tentang analisis kesehatan masyarakat (perencanaan program kesehatan). Saya dan teman-teman dari kelompok 10 mendapatkan tugas analisis kesehatan masyarakat di Pasar Tradisional.

Selanjutnya ishoma sampai jam 13.00 dan dilanjutkan dengan matkul Fitoterapi Terapan oleh Prof. Dr. Moelyono M.W, MS., Apt. tentang materi lanjutan pada minggu lalu yaitu Therapeutic Herbal System.

Setelah itu, dilanjutkan dengan kuliah Farmasi Industri (pengganti hari Senin yang kosong kemarin) karena materi Komunikasi Informasi dan Edukasi tidak ada. Kuliah Farindus diisi dengan presentasi tentang Regulasi di Farmasi Industri oleh Kelompok 10, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Selanjutnya untuk tugas berikutnya yaitu tugas makalah dan presentasi tentang Pengembangan Produk meliputi Preformulasi, Formulasi (solid, semi-solid, liquid, dan sediaan steril), Penetapan Metode Analisis dan Penetapan Pengemasan.

 

Rabu, 02 Maret 2016 

Seperti biasa, kuliah jam I dimulai dengan matkul Biofarmasetika & Farmakokinetika Terapan oleh Pak Taofik Rusdiana M.Si., PhD., Apt. tentang Prinsip-prinsip Fisiologis/Biologis. Selanjutnya, matkul CnD kosong karena dosennya tidak bisa hadir, namun diganti dengan matkul Komunikasi dan Konseling oleh Pak Sriwidodo, M.Si.,Apt tentang Promosi dan Edukasi Kesehatan. Setelah Ishoma, jam ke-3 diisi dengan matkul Pemastian Mutu oleh Drs. Dradjad Priambodo, Apt tentang Jaminan Kualitas dan Manajemen Kualitas: Evolusi Sejarah.

Semestinya kuliah hari Rabu cuma ada 3 matkul, tapi hari ini ada kuliah tambahan tentang Pengertian Komunikasi oleh Pak Aulia Iskandarsyah. Kuliah ini termasuk kuliah tamu sehingga kelas A dan B digabung. Komunikasi melibatkan proses, transmisi, sender (pengirim), receiver (penerima). Komunikasi terdiri dari 2 proses, yaitu dua arah dan satu arah. Dan seorang profesional harus memiliki beberapa hal dalam komunikasi, yaitu genuine (asli/tidak dibuat-buat), empati, dan unconditional positive regard.

 

Senin, 07 Maret 2016 

Pada jam I seperti biasa, kuliah Farmakoterapi Terapan diisi dengan presentasi tentang Hipertensi pada pediatrik, dewasa dan geriatrik. Selanjutnya jam ke-2 diisi dengan matkul Pelayanan Kefarmasian oleh Dr. Sri Adi Sumiwi, M.Si.,Apt tentang Swamedikasi. Dan untuk pertama kalinya, Bu Sri memberikan tugas kelompok yang dibuat dalam bentuk makalah dan PPT, dan presentasi dimulai pada senin depan. Setelah itu, ishoma. Pada jam ishoma, saya dan teman-teman kumpul berkumpul untuk pembagian tugas kelompok. Ada 2 tugas kelompok yang berbeda dan harus segera didiskusikan dan ditentukan pembagian tugasnya.

Selanjutnya pada jam ke-3, kuliah diisi dengan presentasi matkul Farmasi Industri tentang Pengembangan Produk dengan didampingi oleh Bu Anis dan diadakan tanya jawab setelah presentasi. Selanjutnya pada jam terakhir, kuliah diisi dengan matkul Farmasi Rumah Sakit yang diajarkan oleh Pak Arief Rachman, S.Si.,Apt tentang Budgeting Obat dan Alkes. Beliau adalah apoteker yang bertugas di RS Thamrin Purwakarta.

 

Selasa, 08 Maret 2016

Seperti biasa kuliah dimulai jam 8 dan jam ke-1 diisi oleh matkul Manajemen Farmasi yang diajarkan oleh Pak Auliya A. Suwantika, PhD.,Apt tentang Struktur Manajemen. Selanjutnya jam ke-2 diisi dengan matkul Ilmu Kesehatan Masyarakat tentang Konsep Sehat-Sakit, Indikator Derajat Kesehatan, Epidemiologi Penyebaran Penyakit Tidak Menular dan Penyakit Menular. Selanjutnya ishoma, pada saat istirahat saya dan teman sekelompok mengambil kocokan untuk pembagian tugas Farmasi Industri.

Pada jam ke-3 dilanjutkan dengan matkul Komunikasi Informasi dan Edukasi oleh Pak Aulia Iskandarsyah tentang Basic Qualities for Qounselor. Kemudian pada jam terakhir, dilanjutkan dengan kuliah Fitoterapi Prof. Dr. Moelyono M.W, MS., Apt tentang Quality Assurance Farmasetika Herbal.

 

Rabu, 16 Maret 2016

Pada jam ke-2, diisi oleh Bu Marline untuk matkul CnD dengan presentasi tentang analisis resep berbagai penyakit dari masing-masing kelompok. Kelompok saya maju urutan ke-2. Juju, Ocha, Fitri yang mempresentasikan isi PPT dan Ana, Angi, Dila yang berperan dalam sandiwara. Saat itu, Ana sebagai apoteker, Angi sebagai istri pasien dan Dila sebagai Asisten Apoteker (AA). Saat sandiwara, semua berjalan lancar dari awal sampai tengah. Saking geroginya di akhir-akhir konseling, sata sebagai istri pasien sampai salah sebut, yang harusnya bilang minum kopi dan merokok malah bilang ‘minum rokok’. Sontak, semua teman-teman tertawa deh haha

Tapi, tetap keep calm and carry on…

 

Dan seterusnyaaaa…

 

Bye the way, sekarang saya sedang PKPA (Praktek Kerja Profesi Apoteker) selama 2 bulan, sisa sebulan lagi, alhamdulillah…

1. Apotek Kimia Farma No.58, Bandung

2. PT. Fresenius Kabi Combiphar, Padalarang

3. RSUD Al-Ihsan, Bandung

Keep spirit guys!!!

Your Reply

CAPTCHA Image
*