Sidang Komprehensif Profesi Apoteker di Universitas Padjadjaran

2017
05.16

Jatinangor, Selasa, 13 Desember 2016

Sidang Komprehensif Profesi Apoteker

Hari ini (13/12/16), saya telah mengikuti sidang komprehensif Profesi Apoteker di Gedung Laboratorium 1 Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran. Saya dan 6 (enam) orang teman mengikuti sidang kompre di Ruang 1 lantai 3. Masing-masing mahasiswa diuji oleh 6 penguji, masing-masing mahasiswa diuji dan ditanya tentang bidang Apotek, Rumah Sakit, Industri, dan Pemerintah (Dinkes atau BPOM). Para penguji terdiri dari 4 orang praktisi dan 2 orang akademisi dari Unpad sendiri.

Di ruang 1, saya maju urutan ke-7 (terakhir). Di ruang tersebut, saya di uji oleh Pak Made (Apotek), Bu Lisa (Industri), Bu Mitty (Rumah Sakit) sekaligus Pembimbing saya saat PKPA di RSUD Al-Ihsan, Pak Utay (Dosen Unpad), 1 orang akademisi dan 1 orang praktisi.

Saat masuk ke ruangan, saya duduk di hadapan para penguji dan secara bergantian masing-masing penguji memberikan pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan yang saya ingat ketika kompre, antara lain:

  • Selama PKPA di Apotek, apa saja yang dilakukan
  • Di Apotek tidak dilakukan home-care, jadi apa yang dilakukan agar menjamin bahwa pasien menggunakan obat yang dibeli dengan benar
  • Bagaimana sistem pengendalian di Apotek
  • Apa itu HPP, bagaimana rumusnya
  • Peraturan atau regulasi yang menyangkut pekerjaan tenaga kefarmasian
  • Apa itu JKN dan BPJS, bagaimana hubungannya, sistem rujukan berjenjang, jenjang-jenjang dalam fasilitas pelayanan, PPK (Pemberi Pelayanan Kesehatan)
  • Metode pengambilan sampling di Industri ada berapa dan apa saja, pengambilannya di ruang apa dan kelas kebersihan berapa
  • Perbedaan IPC di bagian produks dan QC
  • Apa saja yang dilakukan apoteker di RS, apa itu rekonsiliasi obat dan apa tujuannya
  • Rumah Sakit tempat PKPA termasuk RS tipe berapa, berdasarkan Permenkes 56/2014 (Klasifikasi dan Perizinan RS) tipe B harus memiliki berapa apoteker dan terdiri dari apa saja
  • Bagaimana tempat penyimpanan obat Narkotika, apakah resep yang mengandung Narkotik bisa dibuat copy resep
  • Apa itu pelayanan farmasi klinis, apa perbedaan pelayanan farmasi klinik di Apotek dan RS, Apa itu Pemantauan Kadar Obat dalam Darah (PKOD), pasien mana saja yang dilakukan PKOD, parameter apa saja yang dicek saat PKOD
  • Berapa particle size di tiap-tiap ruang kelas kebersihan, apa saja yang dilakukan saat validasi pembershan, apakah herbal dapat dibuat dalam PIRT (Produksi Industri Rumah Tangga)

Untuk saat ini, cuma pertanyaan-pertanyaan itu yang saya ingat saat kompre. Alhamdulillah, ada beberapa yang bisa saja jawab, ada juga yang nggak saya ketahui jawabannya. Saat kompre di mulai, tiba-tiba saya lupa dengan jawaban benarnya, dan saya baru sadar kalau jawabannya salah dan langsung ingat jawabannya saat keluar ruangan, benar-benar blank kalau sudah on the spot.

Untuk hasil sidang komprehensif hari ini akan diumumkan hari Jumat, 16 November 2016. Semoga dari sidang komprehensif semua mahasiswa PSPA mendapatkan hasil yang sangat baik dan lulus semua ya, aamiin ya Allah.

 

Apoteker Unpad 2016/2017

Sekilas tentang Aterosklerosis

2016
10.20

Atherosclerosis at a glance!

Aterosklerosis merupakan penyakit gangguan metabolisme lemak yang ditandai oleh deposisi lipoprotein pada dinding arteri dan berhubungan dengan terjadinya keradangan kronik hingga menyebabkan pembentukan plak. Aterosklerosis mulai terbentuk pada awal masa kehidupan, dan lesi aterosklerosis tidak hanya berkontribusi pada fase awal tetapi juga pada tingkat perkembangan, progresi hingga komplikasi penyakit (Rousselle et al., 2013; Bajestani and Mobarhan, 2013). Atau secara singkatnya, Aterosklerosis disebut juga dengan penyumbatan pembuluh darah, guys.

Nah, penyakit Aterosklerosis ini kelak bisa merambat menjadi penyakit kardiovaskuler (penyakit pada jantung dan pembuluh darah) yang fatal seperti stroke, miokard infark dan unstable angina serta penyakit berat lainnya. Menurut Robinson et al., (2009) Aterosklerosis terkait erat dengan timbulnya berbagai masalah kesehatan seperti, penyakit jantung koroner, penyakit serebrovaskuler dan penyakit pembuluh darah perifer.

Aterosklerosis dapat timbul dari gaya hidup dan pola makan yang tidak tepat, diantaranya konsumsi makanan tinggi lemak. Sehingga hal ini dapat dicegah melalui pola hidup sehat serta konsumsi bahan makanan yang mengandung serat nabati dan antioksidan. Aterosklerosis dapat mulai berkembang pada masa remaja dan semakin progresif tanpa menunjukkan gejala sehingga tindakan preventif yang dilakukan sudah terlambat.

Berikut informasi tentang Aterosklerosis yang saya buat dengan sesingkat-singkatnya dan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya pula. Here it is! 🙂

260112150508_Angi Nurkhairina_Atherosklerosis_2260112150508_Angi Nurkhairina_Atherosklerosis_1

 

Leaflet itu termasuk tugas KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) waktu masih duduk di semester 1 Profesi Apoteker. Daripada difolderkan, lebih apik kalau dishare kaan, siapa tahu ada manfaatnya. Dan untuk informasi lebih lanjut, tanyakan pada dokter atau apoteker terdekat anda yaaa 😀

“It’s up to you today to start making healthy choices. Not choices that are just healthy for your body, but healthy for your mind.” ― Steve Maraboli, Unapologetically You: Refrections on Life and the Human Experience

“Just like your body and lifestyle can be healthy or unhealthy, the same is true with your beliefs. Your beliefs can be your medicine or your poison.” ― Steve Maraboli, Unapologetically You: Reflections on Life and the Human Experience

“The key to making healthy decisions is to respect your future self. Honor him or her. Treat him or her like you would treat a friend or a loved one.”  ― A.J. Jacobs, Drop Dead Healthy: One Man’s Humble Quest for Bodily Perfection

“Health, wealth, happiness, live long and always prosper, have families and also friends, let them be lasting in me forever.” ― Toba Beta, My Ancestor Was an Ancient Astronaut

“Before you worry about the beauty of your body, worry about the health of your body.” ― Amit Kalantri, Wealth of Words

“Health first, then everything else.” ― Nancy S. Mure, Eat! Empower. Adjust. Triumph!: Lose Ridiculous Weight, Succeed on Any Diet Plan, Bust Through Any Plateau in 3 Empowering Steps!

~ Be healthy, great people! ~

Referensi:

Bajestani SMR, dan Mobarhan MG. 2013. Concept of Atherosclerosis Velocity: Is It a Better Measure of Cardiovascular Risk?. Iran J Med Sci. Vol. 38 No 3.

Robinson JG, Fox KM, Bullano MF, Grandy S. 2009. Atherosclerosis Profile and Incidence of Cardiovascular Events: A Population-Based Survey. BMC Cardiovascular Disorders,  9: 46. doi:10.1186/1471-2261-9-46

Rousselle A, Qadri F, Leukel L, Yilmaz R, Fortaine JF, Sihn G, et al. 2013. CXCL5 limits macrophage foam cell formation in atherosclerosis. The Journal of Clinical Investigation, Vol. 23 No. 3.

My Study My Adventure

2016
10.06

Selasa, 16 Februari 2016 

PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) di Gedung Lama Farmasi diikuti oleh semua mahasiswa profesi apoteker yang lolos seleksi (eksternal) maupun dari mahasiswa Unpad (internal). Angkatan profesi tahun akademik semester genap 2015/2016 terdiri dari 122 orang (53 dari internal; 69 dari eksternal). Berikut rundown acara PMBnya:

1455267700472

 

Dalam 1 semester, terdapat 11 mata kuliah wajib. Angkatan tahun ini terdiri dari 2 kelas (A dan B), saya ditempatkan di kelas A. Dan, setiap satu dosen wali akan membimbing sebanyak 11 mahasiswa masing-masing.

1455267713503

 

Untuk sidang apoteker (komprehensif) akan di uji oleh dosen internal, eksternal dan praktisi. Info tambahan, di mulai tahun depan, 2017, UKAI (Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia) akan dilaksanakan secara sumatif, bukan sekedar formatif. Dua tahun yang lalu, UKAI masih bersifat formatif, nilai berapapun tetap bisa ambil sumpah apoteker. Tapi untuk tahun depan dan seterusnya, sumpah apoteker bisa diambil jika lulus UKAI.

Bismillah, LULUS, aamiin ya ALLAH…

 

Senin, 22 Februari 2016 

Kuliah perdana di mulai dari jam 08.00 dengan mata kuliah Farmakoterapi Terapan yang diajar oleh Prof. Dr. Muhtadi Ahmad., Apt tentang application pharmacotherapy. Salah satu materi yang diberikan yaitu menerangkan tentang konsep farmakoterapi terapan yaitu penggunaan obat rasional, memilih obat secara rasional, memberikan informasi obat dst. Berdasarkan buku application pharmacotherapy principles and practice, bahwa the art of pharmacotherapy itu bertujuan untuk applying knowledge and making therapeutic decisions. Tiga langkah yang dilakukan: assessment, care plan, evaluation.

Setelah dosen selesai menjelaskan materinya, kami diberi tugas kelompok presentasi tentang kasus DRP (drug related problem) dan solusinya, di mana 1 kelompok terdiri dari 6 orang (Fitri, Ana, Octa, Angi, Juliana, Fadilla).

Selanjutnya jam ke-2 diisi dengan mata kuliah Pelayanan Kefarmasian oleh Dr. Sri Sumiwi, M.Si., Apt. Beliau memberikan pengantar dan pendahuluan. Dan kemudian menjelaskan sekilas tentang blueprint UKAI (LPUK-NAKES: Lembaga Pengembangan Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan).

Kemudian, ishoma (istirahat, sholat, makan) dari jam 11.40-13.00. Kuliah berikutnya dilanjutkan dengan mata kuliah Farmasi Industri yang diajarkan oleh Dr.rer.nat. Anis Yohana Chaerunisaa, M.Si., Apt tentang pendahuluan. Dan kemudian diberikan tugas kelompok makalah dan presentasi tentang Regulasi di Industri Farmasi (Sejarah cGMP, cGMP di berbagai negara maju, CPOB di Indonesia, dan peraturan & perundangan yang terkait).

Dan, untuk mata kuliah terakhir, diisi dengan mata kuliah Farmasi Rumah Sakit oleh Pak Angga P.Kautsar, MARS., Apt tentang ruang lingkup FRS (Non-klinis; Klinis). Dan sebagai penutup, kami diberikan tugas kelompok makalah tentang gap analysis, 1 kelompok terdiri dari 10 orang. Tugasnya mencari perbedaan secaa kualitatif (deskripsi) tentang variabel/aspek menurut daftar pekerjaan kefarmasian versi Indonesia dengan FIP (Federation International Pharmaceutical), dengan kata lain Permenkes No. 377 dsb vs FIP).

Sebelum kembali ke rumah masing-masing, dilakukan pemilihan PJ matkul setelah kuliah berakhir. Berikut para PJ matkul profesi apoteker:

  1. Farmakoterapi Terapan: Adi
  2. Pelayanan Kefarmasian: Annisa
  3. Farmasi Industri: Faisal
  4. Farmasi RS: Ige
  5. Manajemen Farmasi: Vira
  6. Ilmu Kesehatan Masyarakat: Dewi ‘Dewo’
  7. Fitoterapi Terapan: Alfi
  8. Komunikasi dan Konseling: Agisa
  9. Biofarmasetika: Hakim
  10. Compounding and Dispensing: Sahlan
  11. Pemastian Mutu (QA): Nafis

 

Selasa, 23 Februari 2016 

Kuliah dimulai jam 08.00 setiap hari, matkul jam ke-1 hari ini yaitu Manajemen Farmasi yang diajar oleh Bu Aulia Suwantika, PhD.,MBA.,Apt tentang pengantar dan pendahuluan. Kemudian diberikan tugas kelompok mengenai pendapat tentang kasus kompetisi vs monopoli dari segala sisi (bisnis, etik, dsb), contoh kasus Martin Skhrelli, yang dikumpulkan ketika UTS max 24.00 WIB.

Dilanjutkan dengan mata kuliah jam ke-2 yaitu Ilmu Kesehatan Masyarakat oleh Dra. Sulistiyaningsih, M.Kes.,Apt tentang pengantar IKM dan Konsep Sehat & Sakit. Catatan IKM adalah catatan terpanjang yang saya tulis di buku karena ada kuis secara lisan di akhir perkuliahan, dosen secara acak akan memanggil nama mahasiswa secara acak untuk menjawab pertanyaan dari Bu Sulis.

Selanjutnya ishoma sampai jam 13.00, kemudian dilanjutkan lagi dengan matkul Komunikasi Informasi dan Edukasi tentang kompetensi apoteker Indonesia, Unit, dan Elemen. Dan matkul terakhir diisi oleh materi tentang Fitoteri Terapan mengenai Prevention and Treatment of Human Diseases using Plants, Parts of Plants, or Herbal Preparations oleh Prof. Dr. Moelyono M.W, MS., Apt. Selain mengajar tentang Fitoter, beliau juga biasanya mengisi materi tentang kehidupan serta contoh-contohnya di kehidupan sehari-hari.

 

Selasa, 23 Februari 2016 

Seperti biasa, kuliah dimulai pada jam 08.00, berangkat dari kos jam 07.00 karena harus mengantri angkot di dalam kampus, kampus Unpad sangat luas dan akan membutuhkan waktu banyak jika berjalan kaki dari gerbang ke gedung Fakultas Farmasi. Jadi, kebanyakan mahasiswa akan berdiam diri di tempat pemberhentian angkot Unpad dan berebutan masuk ke dalam angkot gratis itu.

Kuliah dimulai jam 08.00 dengan matkul Biofarmasetika dan Farmakokinetik Terapan oleh Pak Taofik Rusdiana, Ph.D., Apt. Tentang Peranan Biofarmasetika & Farmakokinetik dalam Proses Produk Obat. Selanjutnya dilanjutkan dengan matkul Compounding & Dispensing tentang Analisis Resep Dokter Spesialis Syaraf & Anak oleh Dr. Marline Abdassah, MS., Apt. Dan terakhir, dilanjutkan dengan matkul Pemastian Mutu (Q.A) pada jam 13.00 oleh Drs. Dradjad Priambodo, Apt tentang Petunjuk Operasional Pedoman Penerapan CPOB.

 

Senin, 29 Februari 2016

Pada pertemuan ke-2 matkul Farmakoterapi Terapan yang dibimbing oleh Prof. Dr. Muhtadi Ahmad., Apt, tidak diisi dengan materi perkuliahan tetapi diisi dengan presentasi dari tugas yang telah diberikan minggu lalu. Pada hari ini, beberapa kelompok telah mempresentasikan tentang kasus Obesitas & Hiperlipidemia pada pediatrik, dewasa dan geriatrik. Untuk kasus pada pediatrik (anak-anak) dipresentasikan oleh kelompok saya dan teman-teman lainnya, kemudian di lanjutkan dengan tanya jawab, dan presentasi berjalan dengan lancar.

Selanjutnya dilanjutkan dengan matkul Pelayanan Kefarmasian tentang Mengapa ada Konsep Baru Pharmaceutical Care? Oleh Dr. Sri Adi Sumiwi, M.Si., Apt. Pada jam ke-3, matkul Farmasi Industri tidak ada, karena Bu Anis berhalangan hadir. Selanjutnya pada jam terakhir, dilanjutkan dengan matkul Farmasi Rumah Sakit tentang Supply Chain Farmasi Rumah Sakit oleh Pak Angga P.K., MARS., Apt. Dan pada akhir kuliah, Pak Angga memberikan tugas kelompok yang akan dikumpulkan pada minggu depan, tetapi tidak dipresentasikan.

 

Selasa, 01 Maret 2016 

Pada jam I, pemberian materi kuliah dimulai seperti biasa, diisi oleh matkul Manajemen Farmasi tentang Fungsi-fungsi Manajemen oleh Pak Auliya Suwantika, PhD, MBA., Apt. Fungsi Manajemen terdiri dari 8 poin, yaitu decision making, organizing, staffing, planning, controlling, communicating, directing, dan innovating. Selanjutnya, jam ke-2 diisi oleh matkul Ilmu Kesehatan Masyarakat tentang Aplikasi Kesehatan Perorangan Peran Apoteker dalam Masyarakat oleh Dra. Sulistiyaningsih, M.Kes.,Apt. Selanjutnya, kami diberika tugas kelompok dan dikumpulkan pada minggu ke-5 tentang analisis kesehatan masyarakat (perencanaan program kesehatan). Saya dan teman-teman dari kelompok 10 mendapatkan tugas analisis kesehatan masyarakat di Pasar Tradisional.

Selanjutnya ishoma sampai jam 13.00 dan dilanjutkan dengan matkul Fitoterapi Terapan oleh Prof. Dr. Moelyono M.W, MS., Apt. tentang materi lanjutan pada minggu lalu yaitu Therapeutic Herbal System.

Setelah itu, dilanjutkan dengan kuliah Farmasi Industri (pengganti hari Senin yang kosong kemarin) karena materi Komunikasi Informasi dan Edukasi tidak ada. Kuliah Farindus diisi dengan presentasi tentang Regulasi di Farmasi Industri oleh Kelompok 10, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Selanjutnya untuk tugas berikutnya yaitu tugas makalah dan presentasi tentang Pengembangan Produk meliputi Preformulasi, Formulasi (solid, semi-solid, liquid, dan sediaan steril), Penetapan Metode Analisis dan Penetapan Pengemasan.

 

Rabu, 02 Maret 2016 

Seperti biasa, kuliah jam I dimulai dengan matkul Biofarmasetika & Farmakokinetika Terapan oleh Pak Taofik Rusdiana M.Si., PhD., Apt. tentang Prinsip-prinsip Fisiologis/Biologis. Selanjutnya, matkul CnD kosong karena dosennya tidak bisa hadir, namun diganti dengan matkul Komunikasi dan Konseling oleh Pak Sriwidodo, M.Si.,Apt tentang Promosi dan Edukasi Kesehatan. Setelah Ishoma, jam ke-3 diisi dengan matkul Pemastian Mutu oleh Drs. Dradjad Priambodo, Apt tentang Jaminan Kualitas dan Manajemen Kualitas: Evolusi Sejarah.

Semestinya kuliah hari Rabu cuma ada 3 matkul, tapi hari ini ada kuliah tambahan tentang Pengertian Komunikasi oleh Pak Aulia Iskandarsyah. Kuliah ini termasuk kuliah tamu sehingga kelas A dan B digabung. Komunikasi melibatkan proses, transmisi, sender (pengirim), receiver (penerima). Komunikasi terdiri dari 2 proses, yaitu dua arah dan satu arah. Dan seorang profesional harus memiliki beberapa hal dalam komunikasi, yaitu genuine (asli/tidak dibuat-buat), empati, dan unconditional positive regard.

 

Senin, 07 Maret 2016 

Pada jam I seperti biasa, kuliah Farmakoterapi Terapan diisi dengan presentasi tentang Hipertensi pada pediatrik, dewasa dan geriatrik. Selanjutnya jam ke-2 diisi dengan matkul Pelayanan Kefarmasian oleh Dr. Sri Adi Sumiwi, M.Si.,Apt tentang Swamedikasi. Dan untuk pertama kalinya, Bu Sri memberikan tugas kelompok yang dibuat dalam bentuk makalah dan PPT, dan presentasi dimulai pada senin depan. Setelah itu, ishoma. Pada jam ishoma, saya dan teman-teman kumpul berkumpul untuk pembagian tugas kelompok. Ada 2 tugas kelompok yang berbeda dan harus segera didiskusikan dan ditentukan pembagian tugasnya.

Selanjutnya pada jam ke-3, kuliah diisi dengan presentasi matkul Farmasi Industri tentang Pengembangan Produk dengan didampingi oleh Bu Anis dan diadakan tanya jawab setelah presentasi. Selanjutnya pada jam terakhir, kuliah diisi dengan matkul Farmasi Rumah Sakit yang diajarkan oleh Pak Arief Rachman, S.Si.,Apt tentang Budgeting Obat dan Alkes. Beliau adalah apoteker yang bertugas di RS Thamrin Purwakarta.

 

Selasa, 08 Maret 2016

Seperti biasa kuliah dimulai jam 8 dan jam ke-1 diisi oleh matkul Manajemen Farmasi yang diajarkan oleh Pak Auliya A. Suwantika, PhD.,Apt tentang Struktur Manajemen. Selanjutnya jam ke-2 diisi dengan matkul Ilmu Kesehatan Masyarakat tentang Konsep Sehat-Sakit, Indikator Derajat Kesehatan, Epidemiologi Penyebaran Penyakit Tidak Menular dan Penyakit Menular. Selanjutnya ishoma, pada saat istirahat saya dan teman sekelompok mengambil kocokan untuk pembagian tugas Farmasi Industri.

Pada jam ke-3 dilanjutkan dengan matkul Komunikasi Informasi dan Edukasi oleh Pak Aulia Iskandarsyah tentang Basic Qualities for Qounselor. Kemudian pada jam terakhir, dilanjutkan dengan kuliah Fitoterapi Prof. Dr. Moelyono M.W, MS., Apt tentang Quality Assurance Farmasetika Herbal.

 

Rabu, 16 Maret 2016

Pada jam ke-2, diisi oleh Bu Marline untuk matkul CnD dengan presentasi tentang analisis resep berbagai penyakit dari masing-masing kelompok. Kelompok saya maju urutan ke-2. Juju, Ocha, Fitri yang mempresentasikan isi PPT dan Ana, Angi, Dila yang berperan dalam sandiwara. Saat itu, Ana sebagai apoteker, Angi sebagai istri pasien dan Dila sebagai Asisten Apoteker (AA). Saat sandiwara, semua berjalan lancar dari awal sampai tengah. Saking geroginya di akhir-akhir konseling, sata sebagai istri pasien sampai salah sebut, yang harusnya bilang minum kopi dan merokok malah bilang ‘minum rokok’. Sontak, semua teman-teman tertawa deh haha

Tapi, tetap keep calm and carry on…

 

Dan seterusnyaaaa…

 

Bye the way, sekarang saya sedang PKPA (Praktek Kerja Profesi Apoteker) selama 2 bulan, sisa sebulan lagi, alhamdulillah…

1. Apotek Kimia Farma No.58, Bandung

2. PT. Fresenius Kabi Combiphar, Padalarang

3. RSUD Al-Ihsan, Bandung

Keep spirit guys!!!

Gathering Calon Apoteker “Mahasiswa Profesi Apoteker UNPAD Angkatan 2016”

2016
04.03

Setelah satu bulan dua minggu (enam kali pertemuan) menjalani perkuliahan Profesi, akhirnya bisa kumpul-kumpul perdana seangkatan. Kumpul-kumpul bareng teman-teman Profesi Apoteker seangkatan sudah dibicarakan dari jauh-jauh hari. Dan baru terealisasikan pada tanggal 31 Maret 2016 hari Kamis. Sebenarnya saya agak keberatan dan hampir nggak ikutan, soalnya waktu itu benar-benar tanggal kramat alias tanggal tua, dan setelah dipikir-pikir, saya harus ikut haha 🙂

14594142189371

 

Akhirnya dibagi juga pembagian kelompoknya, setiap kelompok terdiri dari beberapa orang dari kelas A sama B, biar bisa berbaur semua. Selain perkenalan antar mahasiswa, pertemuan ini juga membahas beberapa kepentingan bersama selama Profesi.

1459414213369

 

Kegiatannya di adaakan di Ciantigi, Celeunyi. Dan berikut rundown acaranya:

1459414199601

 

Untuk yel-yel kelompok 9, kami ambil dari iklan “Sakatonik ABC”, dan kami tampil di sesi pertama urutan ke-3. Sebelum yel-yel, masing-masing orang perkenalin diri, mulai dari nama, kelas, tempat asal, dan satu hal yang menggambarkan tentang diri pribadi. Dan spontan, saya bilang kalau satu hal yang menggambarkan tentang saya yaitu “angin”, karena saya suka suka desiran angin, jiaah. Btw, benar juga dengan ‘angin’, analoginya saya bisa jadi ‘angin-angin sepoi’ bisa juga jadi ‘angin ribut’. Dan semua butuh angin kan hehe. Alhamdulillah, acara berjalan dengan lancar.

Ini dia beberapa foto-foto dari kegiatan gathering Profesi Apoteker Unpad 2016:

Sakatonik ABC

 

“Penampilan yel-yel kelompok 9”

(Tya, Diah, Nufus “nunu”, Angi, Adi, Imroatul “iim”, Diana “Nana”, Rantika “Anti”)

Diskusi

“Sosialisasi dan Diskusi”

Ishoma

“Foto-foto saat jam ishoma”

(Ana, Mb Nina, Vidya, Lizy, Fitri, Ocha, Juju, Angi, Dila)

Games

“Game antar kelompok, setiap 1 spot terdiri dari 3 kelompok”

(Kelompok 9 vs Kelompok 2 vs Kelompok 6)

Profesi Apoteker Unpad 16

“Mahasiswa Profesi Apoteker Unpad Angkatan 2016”

“Semangat dan sukses terus yaa untuk para calon apoteker terhebat”

***

Menuntut Ilmu lagi di Kampus yang Baru, Kota yang Baru dan Suasana yang Baru

2016
01.31

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Alhamdulillah, terima kasih kepada Allah SWT atas segala karunia dan rahmat-Nya, terima kasih juga buat orang tua, saudara dan teman-teman yang selalu mendoakan saya. Namanya rezeki, tidak akan lari kemana, asal disertai usaha dan doa.

Alhamdulillah saya sudah menjadi seorang Sarjana Farmasi setelah 4 tahun kuliah Farmasi di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Tapi saya benar-benar terombang-ambing setelah wisuda (22/11/15) kemarin, karena saya bingung harus bagaimana, rencanaya mau segera ambil profesi apoteker tapi profesi apoteker UB belum buka dan rencananya akan dibuka pada pertengahan tahun 2016. Meskipun ada beberapa teman saya yang memilih kerja dulu, tapi saya pribadi belum sanggup buat cari kerja karena ilmu kefarmasian saya masih cemen.

Akhirnya saya dan teman-teman yang memutuskan untuk ikut seleksi profesi apoteker di Universitas lain, seperti UI, ITB, Unpad dan lainnya. Teman-teman yang lain ada yang sudah ikut tes di ITB, tetapi saya tidak punya nyali buat tes di sana hehe, karena persiapan saya juga belum mantap saat itu. Saya dan teman-teman lainnya mencoba ikut seleksi di UI dulu tanggal 29 November 2015. Alhasil sebulan kemudian setelah tes saya membuka pengumuman, yaah namanya juga bukan rezeki, saya tidak lulus tes di UI. Alhamdulillah lumayan banyak teman-teman saya yang diterima disana, termasuk teman-teman dekat, rata-rata diterima di sana. Ada juga teman-teman saya yang sudah diterima di ITB. Tapi saya tidak putus asa begitu saja, dan saya masih mau mencoba ikut tes di tempat lain.

Alhamdulillah, ada Universitas lain lagi yang buka pendaftaran profesi apoteker. Akhirnya saya coba tes di Universitas Padjajaran di Jatinangor bersama teman-teman yang lain tanggal 23 Januari 2016. Dan, pengumuman kelulusannya cepat banget keluarnya, yaitu tanggal 29 Januari 2016. Hal yang menyebalkan dan menegangkan yaitu menunggu pengumuman. Tangan dan tubuh saya benar-benar gemetar bukan kepalang saking paniknya, mulut saya juga komat-kamit ber-istighfar, benar-benar menakutkan. Dan Alhamdulillah ya Allah, saya lulus dan diterima di profesi apoteker Unpad. Dari 340 peserta yang daftar,  saya dan beberapa teman dari UB diterima. Alhamdulillah.

LULUS

Tetapi saya juga ikut sedih buat teman-teman saya yang belum diberikan rezeki untuk lulus di Unpad, semoga dipermudah dan diperlancar segala urusan oleh Allah dan ditempatkan di Universitas terbaik lainnya, aamiin.

Untuk seleksi profesi apoteker Unpad itu sendiri, tiap peserta harus melengkapi berkas-berkas yang diwajibkan sesuai persyaratan. Dan untuk tesnya, peserta harus mengikuti tes tulis dan wawancara dari jam 08.00 sampai 14.00. Tes tulisnya berupa tes potensi akademik (TPA), bahasa Inggris (sejenis TOEFL) dan soal kefarmasian (dasar).

Kartu Peserta

Berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman lain, untuk tes wawancara itu tergantung pewawancara, tetapi yang wajib ditanya itu pastinya tentang kelengkapan berkas atau dokumen sesuai persyaratan, sisanya tergantung pewawancaranya mau menanyakan masalah apa, misalnya tentang skripsi, kegiatan selama dikampus S1 dulu, prestasi, alasan pilih Unpad dan sebagainya.

Alhamdulillah ya atas segalanya, berkat usaha dan doa. Saya tidak ingin mengeluh dan bermalasan, karena Allah sudah berkata hayya ‘alal falah (marilah menuju kemenangan), bahwa jarak kemenangan hanya berkisar antara kening dan sajadah.

Ketika pertolongan Allah belum kunjung datang, maka ingatlah firman-firman Allah SWT di Al-Qur’an.

Screenshot_2015-12-30-08-36-50

Screenshot_2015-12-30-08-37-12-1

Screenshot_2015-12-30-08-36-33

Saya juga minta maaf buat teman-teman saya yang belum lulus di Unpad, kata sabar pun tidak cukup untuk menenangkan mereka. Saya tidak bisa berbuat apa-apa, selain mendoakan yang terbaik buat mereka. Perjuangan saya dan teman-teman saya belum selesai begitu saja setelah diterima di profesi apoteker karena harus melalui berbagai macam ujian kefarmasian, belum lagi ujian hidup lainnya –halaah, lebaay– hahaha

Semoga Universitas Brawijaya segera membuka profesi apoteker dan mendapatkan akreditasi A, aamiin.

Bismillah, selamat datang di Unpad, semoga saya dkk tetap dapat melakukan yang terbaik dan menjadi apoteker yang budiman \(^o^)/

Bandung

 

In our life, we’ve lived, we’ve loved, we’ve lost, we’ve missed, we’ve hurt, we’ve trusted, we’ve made mistakes,

but most of all, we’ve LEARNED”

How Do I Fix “Your connection is not private” Problem in My Laptop

2015
10.19

I almost gave up in my self and had decision to re-installed my laptop. My story began when I opened my laptop in yesterday morning, and started turn the browser on. And I was blank after I saw this (below).
500x1000px-LL-e2ccb3e7_377da40e70
I just mumbling, “what is that?” I didn’t know what happened. I tried to open Google, Gmail, Facebook, Youtube, Tumblr, and Twitter, but it’s not worked. But, I wondered to other website, like online media news, it’s worked and it’s opened. That’s absurd.

So, I tried to take another way to fix this problem. I borrowed my laptop’s sister and started to browse everything about how to fix “Your connection is not private” problem. I started from the Google Help center website with English, and it didn’t help me. And then continue to other sites with English and Indonesia Language.

I tried the procedures, step by step. And from those website, almost all the website said that the problem because of the computer’s inaccurate date and time. OK, I looked my date and time, and it’s fine, there’s no false, it’s accurate, it’s as same as with my handphone’s and sister’s laptop’s date & time. So, I shall try another step. I tried to re-install the browser, but I got nothing. And the next step. Unfortunately, I didn’t know then what I should do, because I couldn’t understand about SSL, HTTP Secure, Service Pack, Security Certificate, etc. I am not a student of Computer Science or Computer expert. Honestly I also couldn’t understand English well, so I opened the websites from Indonesia first, then English, but I got nothing. Anyway, thank you to them for the other information. Yeah, I gave up, I guess.

3q3R4

But. I can’t, I won’t give up like that. So I asked my friend about this problem, and he said maybe it was because of malware, so I tried to scan the computer with anti-virus, but it didn’t work too. Btw, thanks buddy.

After that I started to stalk, maybe there’s wrong something that I can see on my laptop. And then I saw a strange app on my taskbar, because I never saw it in advanced. So, without long-thought, I opened the Control Panel and uninstall it. I didn’t know what I should do then.

After 5 minutes later, I tried to open the browser, and I surprised my self. IT WORKS! Oh wait, I just thought, it was a malware. Oh my goodness, goodbye malware.

Above all, be careful if we want to install the applications in the laptop, because we don’t know what are those, especially to the common or nonexpert person, like me. OK! I will tell you that the application which bothered my browser, it is a application which has a rocket-shape, and known as Rocket Tab. But honestly, I was really not to see the application’s name clearly, because I did it spontaneously. I just looked the first name, it’s Rocket. So, I googling it. And I know then.

Rocket Tab is a unwanted program that hijacks web browsers and displays ads. So, be careful to the unwanted program or malware, guys.

StopBadware_logo_200px

That’s my story, what’s yours?

N.B. I’m so sorry for my English, I can’t spell, write, and speak English well. Thank you 🙂

Lionsgate bakal Memproduksi Naruto Live-Action sebagai Film Layar Lebar

2015
10.06

Belum puas dengan film The Last: Naruto The Movie, Fans Naruto telah kembali disuguhkan dengan film Naruto Live Action Musical yang telah tayang di Jepang pada Maret tahun 2015. Ya nggak heran, karena Fans manga paling fenomenal ini digemari anak-anak hingga dewasa diseluruh penjuru dunia, termasuk saya dan Indonesia

~(˘▾˘~) ~(˘▾˘)~ (~˘▾˘)~

3553714_orig

​Penampilan Naruto Live Action Musical telah diselenggarakan pada Maret hingga April lalu di AIIA Theater Tokyo, diikuti oleh pertunjukan di Fukuoka, Osaka, Miyagi, dan selanjutnya di Tokyo lagi. Untuk luar negeri, Live Action Musical Naruto World Tour telah ditampilkan di Theatre Venetian Macau, di Malaysia International Exhibition & Convention Centre Malaysia dan terakhir di Resort World Theater Singapura.

live-spectacle-naruto-cast-2

0617Naruto-Singapore_article_main_image

Sedih juga sih mereka nggak tampil di Indonesia. Yah, mau bagaimana lagi, semua berubah setelah Negara Api menyerang, sampai ada hastag #MelawanAsap dan #BerbagiMasker di medsos (・_・”)/\(・_・”)

Dan, tidak hanya selesai begitu saja, masih belum puas dengan Live-action versi panggung dan film-filmnya sebelumnya, termasuk The Last: Naruto The Movie serta Boruto: Naruto The Movie, para Fans akan disuguhkan dengan dengan Naruto Live-action yang akan dijadikan film layar lebar dan diproduksi di bawah naungan Lionsgate, salah satu studio produksi film berskala internasional ヽ(∀゜ )人( ゜∀)ノ

4981562_orig

Naruto Live-action ini akan disutradarai oleh Michael Gracey, seorang visual effects supervisor dan diproduseri oleh Avi Arad, yang termasuk penggemar Naruto. Avi Arad sendiri sudah sering memproduseri banyak film Marvel, seperti Spider-Man dan Iron Man. Apalagi Lionsgate, yang merupakan distributor sekaligus studio produksi film yang sudah memproduksi berbagai film-film Internasional yang kece seperti  The Hunger Games, Shaun The Sheep Movie, American Heist, Last Knight, The Expendables, dan 239 film lainnya. Kira-kira siapa aja ya para pemainnya Naruto Live-action ini, gak sabaar… Sepertinya sih, film ini bakal rilis setelah saya sudah  jadi farmasis atau udah jadi emak-emak kali yaa(^▽^)/\(^▽^)

Semoga film Naruto yang diproduksi Lionsgate tidak mengecewakan ya \(^6^/)
Arigatou gozaimasu, Kishimoto Sensei and Lionsgate..
Dattebayo!!

 

 

P.S. Tulisan ini juga sudah saya muat di http://angiswriting.weebly.com/

“maruuknyaa sayaa \(‾▿‾\) (/‾▿‾)/)”

Boruto: Naruto the Movie bakal rilis pada 18 November mendatang

2015
10.01

Alhamdulillah, yang saya tunggu-tunggu akhirnya muncul juga. Welcome to Naruto World, again!

Blitz sudah memastikan jika Boruto: Naruto the Movie bakal ditayangkan di Indonesia pada 18 November 2015 mendatang.

 

793662f1e2c4133bf325f1af1dd10283

Di Jepang sendiri Boruto: Naruto the Movie sudah tayang pada 7 Agustus 2015 lalu. Sedangkan di Indonesia, Boruto: Naruto the Movie akan rilis pada 18 November mendatang di CGV Blitz, Platinum, Cinemaxx.

Boruto: Naruto The Movie merupakan film ke-11 dari total film Naruto yang sudah pernah ditayangkan. Film ini menceritakan kisah Boruto yang merupakan anak dari Naruto dan Hinata Uzumaki. Sebagai anak dari Naruto yang saat ini telah menjadi Hokage ketujuh, Boruto ingin melampaui kemampuan sang ayah yang dihormati sebagai seorang pahlawan. Boruto dikisahkan sebagai bocah yang sama-sama bersemangat seperti ayahnya, namun dia tidak berambisi menjadi Hokage. Tetapi dia bercita-cita untuk melampaui ayahnya agar mendapatkan perhatian ayahnya. Untuk melakukan hal tersebut, dia berlatih kepada rival sang ayah, Sasuke Uchiha.

52572898_p5_master1200_zpskunyc9ap52572898_p7_master1200_zpsw8p319dr

Boruto: Naruto the Movie telah dipastikan rilis ke layar lebar di Amerika Utara, dengan pemiere pertamanya berlangsung 10 Oktober mendatang, bertepatan dengan tanggal ulang tahun Naruto. Sedangkan di Australia, juga mengkonfirmasikan jika film ini bakal hadir di sana.

Belum ada konfirmasi yang pasti, tetapi  kemungkinan besar kita bisa menonton movie ini CGV Blitz, Platinum dan Cinemaxx di berbagai kota.

CGV Blitz: Bandung, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Balikpapan, Batam, Yogyakarta

Cinemaxx: Bali, Jakarta, Manado, Medan, Cikarang, Palembang, Ponorogo, Tangerang, Yogyakarta

Platinum: Magelang, Bogor, Sukoharjo, dan Sidoarjo

[Source: Duniaku.net & DNI]

51960644_p0_master1200_zpspoijn2u7

Malangnya nasib saya yang tinggal di Malang, sayangnya gak rilis di Malang atau ditayangin di Cinema 21 gitu. Pasti rame deh kalau ditayangin di 21 ^^

Apapun yang terjadi, kudu’ nonton ini film. I just, can’t wait!

Kishimoto Sensei, don’t say that Boruto: Naruto The Movie is the last Naruto serial or movie. Please, make the sequel, please. I need khutbah no jutsu more. Please T.T

foto boruto uzumaki terbaru bersama naruto

 

ありがとうございます (arigatou gozaimasu) Kishimoto Sensei, まだ良い人である (mada yoi hitodearu)!

Yudisium Sarjana Farmasi dan Janji Alumni PSF FKUB Angkatan 2011

2015
09.14

Alhamdulillah, saya dan teman-teman Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya telah mengikuti Yudisium Sarjana Farmasi dan Janji Alumni PSF FKUB Angkatan 2011 Periode 14 September 2015 di Ruang Auditorium GPP Lt.6 FKUB. Tidak terduga perkuliahan kefarmasian selama 4 tahun dapat diselesaikan dengan baik. Perjalanan kita masih panjang kawan-kawan, masih ada tahap selanjutnya yang harus ditempuh selama 1 tahun lamanya, tidak lain yaitu profesi. Profesi bertujuan untuk mendapatkan ilmu kefarmasiaan yang lebih dalam lagi dan pastinya gelar apoteker. Tentunya, mendapat gelar Apt. (Apoteker) itu tidak mudah kawan, karena tahun depan akan dilaksanakan UKAI alias Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia untuk menyaring apoteker-apoteker yang handal. Bismillah yaa, semoga setiap urusan diberikan kemudahan dan kelancaran oleh-Nya, aamiin.

1442227932002

Sukses selalu ya buat teman-teman seperjuangan, dan selamat atas gelas S.Farm (Sarjana Farmasi)nya, semoga tahun depan nama kita bertambah panjang dengan ketambahan Apt. (apoteker) di belakang S.Farm.

Dan tidak lupa pula saya ucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen-dosen farmasi dan dosen-dosen kedokteran yang telah membimbing, mengarahkan, memotivasi dan mengajarkan segalanya tentang dunia kefarmasian dan kedokteran kepada saya dan teman-teman angkatan 2011. Jasa-jasa para dosen tidak akan terlupakan. Semoga kami dapat selalu menjaga nama baik PSF FKUB di manapun kami berada, aamiin.

C360_2015-09-14-11-33-42-670 C360_2015-09-14-10-51-55-658

Ameriza kanina, S. Farm

(Angi, Himmah, Rizta, Fauza, Elkani, Vina), S. Farm

Wish you all the best, reek \(^o^)/

 1442228119837  1442228458027

I may not be the most important person in your life

1442229304657

C360_2015-09-14-21-18-19-117

I just hope when you hear my name, you smile and say

1442236194569 C360_2015-09-14-10-49-30-094

“That’s my friend”

C360_2015-09-14-11-51-08-969

Screenshot_2015-09-14-13-55-10-1

WE ARE YOUR FUTURE PHARMACIST

ASK YOUR PHARMACIST!^^

Quotes of Naruto that I Like the Most

2015
08.20

“There’s only one thing that can heal the heart… Only one… It’s love.”

“When people are protecting something truly special to them, they truly can become…as strong as they can be.”

11196318_994942853849114_2366613717270303402_n

“A smile is the best way to get away with trouble even if it’s a fake one.”

“If you don’t like your destiny, don’t accept it. Instead, have the courage to change it to what you want it to be!”

“When a man learns to love, he must bear the risk of hatred.”

“Because you fail, you have the strength to get back up… that’s what I believe true strength is!”

“I just want to protect them no matter how much pain befalls me.”

The-best-top-hd-desktop-naruto-shippuden-wallpaper-naruto-shippuden-wallpapers-hd-12

“If you know your weaknesses, your strengths will shine.”

“Victory is not becoming the strongest, but is being able to protect what is most important to you.”

“People cannot win against their loneliness because loneliness is this world’s worst kind of pain.”

naruto-mati-thumbs

“Protection is important, but some things a person must learn on their own.”

“It’s human nature that people won’t realize the true value of something unless they lose it.”

“You said you want to became Hokage. I have become the Kazekage. If you are willing to bear the name Kage, you have to do what you must do.”

 “Home is where someone is always thinking of you.”

“Fine art is something wonderful that’s left long into the future … eternal beauty.”

The-best-top-hd-desktop-naruto-shippuden-wallpaper-naruto-shippuden-wallpapers-hd-23

“Laziness is the mother of all bad habits, but ultimately she is a mother and we should respect her”

“You have someone in your life whom you honor and revere so much that every hurt on them is inflicted on you as well. And the closer they are to you, the greater the pain.”

“I’ve told you before. You shouldn’t judge people based on appearances and your preconceptions.”

581

“Those who cannot acknowledge themselves will eventually fail.”

“Why did I take a liking to you? Because you had the same eyes as I did.”

TO BE CONTINUED