Activity

  • Umi Farah Az-Zahra posted an update 1 month, 2 weeks ago

    APA SIH PELAYANAN PUBLIK?

    “Apa sih pelayanan publik itu? Emang membantu kita? Tujuannya apa sih?”

    Itulah beberapa pertanyaan yang muncul dari beberapa kalangan masyarakat, mulai dari mahasiswa tingkat awal, masyarakat lanjut usia, hingga anak sekolah SMA yang hits dengan gadget nya. Banyak sekali pertanyaan yang muncul seputar Pelayanan Publik. Mereka ingin mengetahui banyak hal mengenai pelayanan publik. Untuk itu mari kita bahas satu persatu mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut.

    Dalam memahami konsep pelayanan publik mari kita pahami definisi dari pelayanan publik itu sendiri terlebih dahulu. Pertama, menurut UU No. 25 Pasal 1 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, menjelaskan bahwa Pelayanan Publik adalah kegiatan atau rangkaian dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Kedua, menurut Moenir (2010:26) Pelayanan adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan landasan faktor materi melalui sistem, prosedur dan metode tertentu dalam rangka usaha memenuhi kepentingan orang lain sesuai dengan haknya. Dapat disimpulkan bahwa pelayanan publik adalah kegiatan suatu organisasi atau institusi tertentu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik jasa dan barang.

    Dalam UU No. 25 tahun 2009 juga dijelaskan mengenai penyelenggara, pelaksana dan pengguna pelayanan publik tersebut. Penyelenggara pelayanan publik adalah setiap institusi penyelenggara negara, korporasi, lembaga independen yang dibentuk berdasarkan UU untuk kegiatan pelayanan publik, dan badan hukum lain yang dibentuk semata-mata untuk kegiatan pelayanan publik. Sedangkan pelaksana pelayanan publik tersebut adalah pejabat, pegawai, petugas, dan setiap orang yang bekerja di dalam organisasi penyelenggara yang bertugas melaksanakan tindakan atau serangkaian tindakan pelayanan publik. Dan Pengguna dari pelayanan publik tersebut adalah masyarakat, di dalam UU tersebut yang disebut masyarakat adalah seluruh pihak, baik warga negara maupun penduduk sebagai orang-perseorangan, kelompok, maupun badan hukum yang berkedudukan sebagai penerima manfaat pelayanan publik, baik langsung maupun tidak langsung. Dan dalam pelaksanaan pelayanan publik tersebut terdapat sebuah lembaga negara yang disebut Ombudsman, yang merupakan lembaga negara yang berwenang mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik.

    Dari situ kita tahu bahwa seluruh masyarakat berhak memperoleh pelayanan publik dengan maksimal, tanpa memandang jabatan atau pun segi ekonomi nya. namun apabila kita amati peneyelenggaraan pelayanan publik di Indonesia masih lah mendapat Rapor yang buruk. Dimana kekurangan pelayanan tersebut terletak pada sumber daya manusia yang belum siap untuk menerima program tersebut. Sebagai cerminan adalah Layanan Toll, layanan tersebut dinilai sebagai layanan bagi orang yang memiliki ekonomi tinggi. Namun di samping kekurangan pasti ada kelebihan, salah satunya adalah Mal Pelayanan Publik. Mal ini sangatlah membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Dalam Mal Pelayanan Publik terdapat 24 instansi yang membuka layanan yang menyediakan 168 jenis layanan publik, seperti SIM, SKCK, KTP, KK, Perizinan, Paspor, dan lain-lain. Saat ini Indonesia sudah memilik 13 Mal Pelayanan Publik yang tersebar di seluruh Indonesia (tribunnews.com). Dan Tujuan utama dari pelayanan publik adalah memenuhi kebutuhan masyarakat yang merupakan salah satu cara negara untuk menciptakan ketentraman dan kesejahteraan bagi masyarakatnya. Sejatinya, Pelayanan publik sangatlah membantu. Kita lihat beberapa program atau produk pemerintah yang mampu menunjang kebutuhan kita akan era industry 4.0 dimana segala komponen sudah mengalami digitalisasi.

    DAFTAR PUSTAKA
    Hardiyansyah. 2015. Komunikasi Pelayanan Publik (Konsep dan Aplikasi). Yogyakarta: Penerbit GAVA MEDIA
    Puspitosari, Hesti, dkk. 2012. Filosofi Pelayanan Publik. Malang: SETARA Press.
    Sabaruddin, Abdul. 2015. Manajemen Kolaborasi dalam Pelayanan Publik; Teori, Konsep, dan Aplikasi. Yogyakarta: GRAHA ILMU.
    Taufik, M. 2019. Menpan RB Dorong Kepala Daerah Berlomba-lomba Sediakan Mal Pelayanan Publik. (online). (http://surabaya.tribunnews.com/2019/01/29/menpan-rb-dorong-kepala-daerah-berlomba-lomba-sediakan-mal-pelayanan-publik.). Diakses pada 5 Februari 2019.
    Undang Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.