Activity

  • sulafahfathin.blog posted an update 3 months, 3 weeks ago

    Manajemen Pelayanan Sektor Publik Dan Privat

    Pelayanan publik menjadi suatu tolak ukur kinerja pemerintah yang paling kasat mata.masyarakat dapat langsung menilai kinerja pemerintah berdasarkan kualitas layanan publik yang diterima karena kualitas layanan publik menjadi kepentingan banyak orang dan dampaknya langsung dirasakan masyarakat dari semua kalangan.keberhasilan dalam mebangun kinerja pelayanan public secara professional,efektif,efisien,dan akuntabel akan mengangkat citra positif pemerintahan di mata warga masyarakatnya.
    Pelayanan publik
    Pengertian pelayanan publik adalah berbagai aktivitas yang bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa. Dan keputusan menteri pendayagunaan aparatur Negara No. 63 tahun 2003 mendefinisikan pelayanan publik sebagai “segala bentuk pelayanan yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah di Pusat, di daerah dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah dalam bentuk barang atau jasa, baik dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peratutan perundang-undangan”.
    Karakteristik pelayanan publik adalah sebagai berikut :
    1. Pelayanan publik berorientasi kepentingan publik . Artinya setiap pelayanan yang diberikan oleh yang memberi pelayanan berorientasi pada kepentingan public bukan pada kepentingan pripadi atau kelompok tertentu. Begitu juga dengan keputusan keputusan yang diproduksi oleh otoritas public yang berkaitan dengan pelayanan mesti mendahulukan kepentingan publik.
    2. Dikarenakan pelayanan publik berorientasi pada kepentingan publik, maka pemberi pelayanan bukanlah seseorang yang value free atau tidak berpihak/bebas. Melainkan ia harus berpihak pada kepentingan masyarakat.
    3. Proses pelayanan publik harus partisipatif, memberdayakan, fast, flexible dan friendly. Ciri ketiga ini merupakan konsekuensi logis karakter pelayanan publik yang berorientasi kepentingan publik, berlandaskan nilai-nilai publik, dan bersifat value free. Ciri ketiga ini menekankan arti penting pelayanan publik sebagai proses yang nonmekanis, tetapi relasi dinamis antara manusia dengan kelompoknya, manusia dengan alam sekitarnya, dan manusia dengan struktur-stuktur ekonomi-politik yang dibentuk dalam rangka pengaturan kehidupan bersama.

    B. Pelayanan privat/swasta
    Pelayanan privat adalah pelayanan yang diberikan oleh pihak swasta, yang berorientasi pada pelanggan (stakeholder) yang tujuannya adalah mencari keuntungan/profit. Pelayanan swasta mempertanggung jawabkan kinerjanya pada stakeholder.
    Ada beberapa karakteristik dari pelayanan privat/swasta, diantaranya yaitu :
    1. Sektor swasta lebih mendasarkan pada pilihan individu (individual choice) dalam pasar. Organisasi di sektor swasta dituntut untuk dapat memenuhi selera dan pilihan individual untuk memenuhi keputusan tiap-tiap individu pelanggan. Keadaan seperti itu berbeda dengan yang terjadi pada sektor publik. Sektor publik tidak mendasarkan pada pilihan individual dalam pasar akan tetapi pilihan kolektif dalam pemerintahan.
    2. Karakteristik sektor swasta adalah dipengaruhi hukum permintaan dan penawaran (supply and demand). Permintaan dan penawaran tersebut akan berdampak pada harga suatu produk barang atau jasa. Artinya pelayan di sector swasta sangat bergantung dengan opini pasar dan mekanisme pasar, tidak layaknya pelayanan public yang tidak bisa sepenuhnya dikendalikan oleh pasar.
    3. Manajemen di sektor swasta bersifat tertutup terhadap akses publik, sedangkan sektor publik bersifat terbuka untuk masyarakat terutama yang terkait dengan manajemen pelayanan. di sektor swasta informasi yang disampaikan kepada publik relatif terbatas. Informasi yang disampaikan terbatas pada laporan keuangan, sedangkan anggaran dan rencana strategis perusahaan merupakan bagian dari rahasia perusahaan sehingga tidak disampaikan ke publik.

    Perbedaan pelayanan publik dengan pelayanan privat

    Pelayanan Publik
    >dasar hukum pelayanan publik adalah aturan aturan dari pemerintah dalam bentuk UUD, UU, Keppres, Perda dan lainnya
    >Orientasi pelayanan publik adalah wide,
    >stakeholder, artinya tidak cukup 1 stakeholder saja, tapi semua pihak, dengan kata lain adalah masyarakat umum
    > Pelayanan publik sangat rentan dengan issu politik karena orientasinya yang mengarah kepada masyarakat.
    > Manajemen dalam sektor pelayanan publik harus bersifat transparan karena akan dipertanggungjawabkan kepada publik.
    >Tujuan dari pelayanan publik adalah menciptakan keadilan dan kesejahteraan sosial.

    Pelayanan privat
    >Dasar hukum pelayanan privat lebih mengarah kepada hukum/aturan yang dibuat oleh direktur organisasi pelayanan tersebut
    >Orientasi pelayanan privat adalah stakeholder
    >artinya dia bertanggung jawab hanya pada pihak pihak tertentu saja.
    >Pelayanan privat jarang terkena issu issu politik karena orientasi mereka hanya pada pelanggan tertentu saja
    >Manajemen dalam sektor pelayanan privat tidak mengharuskan transparan kepada masyarakat, karena mereka hanya bertnaggung jawab pada stakeholder saja.
    > Tujuan dari pelayanan privat adalah kepuasan pelanggan(stakeholder).

    Peran pemerintah dalam pelayanan publik

    Peran pemerintah dalam pelayanan publik sangat besar. Keterlibatan pemerintah dalam menyelenggarakan fungsi pelayanan masyarakat berkembang seiring dengan munculnya paham atau pandangan tentang filsafat Negara. Hal ini diungkapkan oleh Prawirohardjo (1993), dengan mengatakan bahwa: Semenjak dilaksanakannya cita-cita negara kesejahteraan, maka pemerintah semakin intensif melakukan campur tangan terhadap interaksi kekuatan-kekuatan kemasyarakatan dengan tujuan agar setiap warga dapat terjamin kepastian hidup minimalnya. Oleh karena itu, secara berangsur-berangsur, fungsi awal dari pemerintahan yang bersifat represif (polisi dan peradilan) kemudian bertambah dengan fungsi lainnya yang bersifat melayani.

    Daftar Pustaka
    Sinambela, Lijan Poltak. Reformasi Pelayanan Publik. 2000. Bumi Aksara. Jakarta Materi Konsepsi dan kebijakan pelayanan public DIKLAT dan Advokasi pelayanan prima.2007 Artikel pelayanan public Bandar udara polonia medan oleh Yuli Sudoso Hastono http://jutaajrullah.wordpress.com/2010/06/03/perbedaan-manajemen-pelayanan-sektor-publikdengan-manajemen-pelayanan-sektor-swasta/ diakses tanggal 2 sepetember 2013 Pasolong , Harbani, 2010, Teori Administrasi Public. Bandung : CV Alfabeta Ratmiko dan Atik Septi Winarsih. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar. 2010